PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (MTS NEGERI 5 JEMBER, JAWA TIMUR)

Authors

  •   Ika Nafisatus Zuhro UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i1.233
 

Keywords:

character education, dhuha prayer, islamic psychology

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu proses perbaikan yang bertujuan untuk meningkatkan sifat kejiwaan, ahlak, dan budi pekerti manusia. Pada tahun 2010, terjadi perilaku antibudaya dan antikarakter yang mempengaruhi masyarakat Indonesia. Di MTs Negeri 5 Jember Jawa Timur terjadi perilaku antikarakter dimana peserta didik kurang menghormati guru dan sikap yang  kurang  menghargai satu sama lain sehingga, banyak terjadi pelanggaran tata tertib di lembaga tersebut. Perilaku masyarakat terutama dalam lingkup siswa yang sedang menjalankan proses pendidikan harus dibangun dengan salah satu cara yaitu melalui program shalat dhuha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program shalat dhuha di lembaga tersebut dan untuk mengetahui pendidikan karakter melalui program tersebut di MTs Negeri 5 Jember Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara semi- terstruktur, dan dokumen. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi tehnik. Hasil penelitian  ini  menunjukkan bahwa program shalat dhuha berjama’ah di MTs Negeri 5 Jember Jawa Timur merupakan program unggulan yang dilaksanakan pada pagi hari tepatnya pukul 06:20 sebelum jam pelajaran (KBM) dimulai. Selain itu, pendidikan karakter di MTs Negeri 5 Jember Jawa Timur dilaksanakan melalui program shalat dhuha berjama’ah yang bertujuan untuk meminimalisir pelanggaran tata  tertib yang terjadi dan menumbuh-kembangkan nilai karakter bagi seluruh peserta didik di lembaga tersebut.

Kata Kunci: program hifdzil jus Amma, tanggung jawab peserta didik.

Character education is a process of improvement that aims to improve the mental, moral, and character traits of humans. In 2010, there was anti-cultural and anti- character behavior that affected Indonesian society. At MTs Negeri 5 Jember, East Java, anti-character behavior occurred where students lacked respect for teachers and lacked respect for one another, resulting in many violations of the rules of the institution. Community behavior, especially in the scope of students who are carrying out the educational process, must be built in one way, namely through the dhuha prayer program. This study aims to determine the implementation of the dhuha prayer program at the institution and to determine character education through the program at MTs Negeri 5 Jember, East Java. This research uses a qualitative approach with the type of case study. Data collection techniques used participatory observation, semi-structured interviews, and documents. The validity of the  data used in this study is the triangulation of sources and triangulation of techniques. The results of this study indicate that the congregational dhuha prayer program at MTs Negeri 5 Jember, East Java is a superior program that is carried out in the morning at 06:20 before class time (KBM) begins. In addition, character education at MTs Negeri 5 Jember, East Java is carried out through the congregational dhuha prayer program which aims to minimize violations of the rules that occur and develop character values for all students at the institution. 

Keywords: character education, dhuha prayer, islamic psychology

References

Al-Ghazâlî. 2009. Terjemah Ihya’Ulumiddin Jilid I, III, V. Semarang: Asy-Syifa Al-Kutub al-Tis’ah. CD Hadits.

Baharuddin. (2005). Aktualisasi Psikologi Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Bastaman, H. D. (2005). DARI KALAM SAMPAI KE API: Psikologi Islami Kemarin, Kini, Esok. Jurnal Psikologi Islam, 1(1), 5-16.

Hayati, S. N. Manfaat Sholat Dhuha Dalam Pebentukan Akhlakul Karimah (Studi Kasus pada siswa kelas XI MAN Purwosari Kediri, Vol. 1, No. 1 (Juni, 2017), 46

Hermino, A. 2015. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Psikologis Siswa Sekolah Menengah Pertama di Era Globalisasi dan Multikultural. Jurnal Peradaban,(8), 19-40.

Marzuki. 2013. Revitalisasi Pendidikan Agama di Sekolah dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Masa Depan. Jurnal Pendidikan Karakter. 3 (1): 64-76.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa. Cet. IV.

Rahimi, R. (2020). KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DITINJAU DARI PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM. AT-TA'DIB: JURNAL ILMIAH PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 174-181.

Retno Listyarti, Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif, dan Kreatif, (Yogyakarta: Erlangga, 2012), 3-5.

Ryan, Kevin & Karen E. Bohlin. 1999. Building Character in Schools: Practical Ways to Bring Moral Instruction to Life. San Francisco: Jossey Bass.

Sadili, A. N. (2010). Panduan Praktis dan Lengkap Shalat Fardhu dan Sunnah, 132

Saepudin, A. (2018). Konsep Pendidikan Karakter dalam Perspektif Psikologi dan Islam. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(1), 11-20.

Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).

Sugiyono. (2014) Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2017).

Umikar, T., Subekti, A., & A’yun, Q. (2021). PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH TSANAWIYAH AHMAD YANI JABUNG MALANG. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 213-219.

Yasin . M, Tuntunan Shalat Lengkap, (Surabaya: Mahirsindo utama, 2009),72

Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013), 73-76.

Published

2022-06-30

How to Cite

Zuhro, I. N. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PROGRAM SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI ISLAM (MTS NEGERI 5 JEMBER, JAWA TIMUR). AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 52-65. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i1.233