Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah

Authors

  •   Dewi Hariyani UIN KH Achmad Siddiq Jember  UIN KH Achmad Siddiq Jember,
  •   Ainur Rafik IAIN Jember  IAIN Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72
 

Keywords:

habituation of religious activities, religious character

Abstract

Membentuk kepribadian anak memiliki moral yang baik sangat penting. Apalagi di zaman sekarang semuanya serba canggih dan dengan mudahnya mempengaruhi anak-anak meninggalkan kewajiban untuk belajar dan kegiatan selayaknya seorang muslim. Menanggulangi permasalahan tersebut MA Darul Hikam Kertonegoro Jenggawah Jember menerapkan pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembiasaan kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius. Penelian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) pembiasaan sholat dhuha dalam membentuk karakter religius yaitu membiasakan siswa tepat waktu, berjama’ah, dan khusyuk dalam beribadah; 2) pembiasaan kegiatan pembacaan asmaul husna dalam membentuk karakter religius membiasakan siswa untuk berdzikir serta membiasakan siswa untuk disiplin dan tanggung jawab dalam menghafal nama-nama Allah; 3) pembiasaan kegiatan khotmil Qur’an dalam membentuk karakter religius yaitu saling bekerjasama dalam mengkhatamkan Al-Qur’an serta membiasakan siswa untuk selalu membaca Al-Qur’an; 4) pembiasaan kegiatan pembelajaran terjemah Al-Qur’an dalam membentuk karakter religius yaitu membiasakan siswa untuk lebih cermat, seksama serta sungguh-sungguh dalam menerjemah Al-Qur’an sehingga mampu memahami kitab Allah dan mampu memperbaiki tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: pembiasaan kegiatan keagamaan, karakter religius

Forming a child's personality to have good morals is very important. Moreover, in this day and age everything is very sophisticated and it easily influences children to leave the obligation to study and do activities like a Muslim. Overcoming these problems MA darul hikam Kertonegoro Jenggawah Jember implements the habituation of religious activities in shaping religious character. This study uses a qualitative approach with the type of research file. data collection techniques using observation, interviews, and documentation. Data analysis using interactive models of miles, huberman, and saldana. The validity of the data used source and technique triangulation. The results of this study are 1) the habituation of Duha prayer in forming religious characters, namely accustoming students to being on time, in congregation and being devoted to worship, 2) habituation of reading Asmaul Husna in forming religious characters accustom students to dzikir and accustom students to discipline and responsibility in memorizing the names of Allah, 3) habituation of Qur'anic khotmil activities in shaping religious character, namely working together in understanding the Koran and accustoming students to always reading the Qur’an, 4) habituation of learning activities to translate the Qur’an in forming religious characters, namely accustom students to be more careful and earnest in translating the Qur'an so that they are able to understand the book of Allah and be able to improve their behavior in everyday life.

Keywords: habituation of religious activities, religious character

References

Andri Kautsar dan Johan Edi, “Pendidikan Karakter Religius, Disiplin Dan Bakat Melalui Penigkatkan Kualitas Sarana Prasarana Sekolah”, JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan Volume 2, NO.2, (Juli-Desember 2017): 254-278

Ardy Wiyani, Novan. “Pengembangan Program Kegiatan Pembiasaan TQM di Raudhatul Athfal (RA)”, Jurnal Pendidikan Anak, vol. 3 no. 1 (Februari 2017), 1-20

Atika, Surya.“Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Religius, Cinta Tanah Air Dan Disiplin) Di Slb Al Ishlaah Padang”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus Volume 3, No. 3, (September 2014): 747-755

Bekti Wulandari, Fatchul Arifin, Dessy Irmawati, “Peningkatan Kemampuan Kerjasama dalam Tim melalui Pembelajaran Berbasis Lesson Study”, Jurnal Electronic, Informance, And Vovational Education (ELINVO), vol. 1, no. 1 (November 2015), 9-16

Bungaran Antonius Simanjuntak dan Soedjito Sosrodiharjo. Metode Peneltian Sosial. Jakarta: Yayasan Puataka Obor Indonesia, 2014

Dalyono, M. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Depdiknas. kamus bahasa indonesia pusat bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka, 2008.

Efendi, Yosep. Penguatan Karakter Mandiri, Disiplin, Kerjasama Dan Kreatif (“Marikerja Kreatif) Melalui Lesson Study Pada Pembelajaran Teknologi Sepeda Motor” jurnal pendidikan vokasi otomotif, vol. 1 no.1, (November 2018): 89-99

Fathurrohman, Muhammad. Budaya Religius Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik Dan Praktik Kontekstualisasi

Harahap, Sri Belia. Strategi Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020

Khon, Abdul Majid. Praktikum Qira’at Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim Dari Hafash. Jakarta: Amzah, 2013.

Koesworo, Ucu. “Belajar Matematika Menggunakan Software Geogebra Classic Versi 5.0 Dalam Membuat Grafik Pada Materi Fungsi Kuadrat, Jurnal Edukasi Sebelas April, vol. 2 no. 1, (Februari 2018): 1-7

Latifah, Imro’atul. “Implementasi Metode Pembiasaan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Madrasah Tsanawiyah NU Darussalam Ngadirgo Mijen Semarang.” Skripsi, UIN Walisongo Semarang, 2018.

M. Junaidi Ghony dan Fauzan Almanshur. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Miles, Huberman and Saldana. Qualitative Data Analysis. America: SAGE Publication, 2014.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017

Prasetyo, Eko Budi “Implementasi Pembiasaan Nilai-Nilai Asmaul Husna Di SMAN 2 Kota Serang Dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa”, Universitas Pendidikan Indonesia, repository.Upi.edu, perpustakaan.upi.edu(2017): 1-8

Ramadan Fadli. Dzikir Pagi Dan Petang. Yogyakarta: Fillah Book, 2019.

Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication, 2018.

Sahlan, Asmaun. Religiusitas Perguruan Tinggi: Potret Pengembangan Tradisi Keagamaan Di Perguruan Tinggi Islam. Malang: UIN-Mliki Press, 2012.

Sekretariat Negara RI, Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016

Wibowo, Agus. Pendidikan Karakter. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Wuryanano, Super Mind For Successful Life (Cara Merancang Kehidupan yang Penuh Kebahagian dan Kesuksesan).Jakarta: PT Elex Media Komputindo, 2004

Published

2021-06-30

How to Cite

Hariyani, D., & Rafik, A. (2021). Pembiasaan Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Religius di Madrasah. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 32-50. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.72