MORAL EDUCATION AS THE FOUNDATION OF ISLAMIC VALUES AND NATIONALISM ACCORDING TO KH. HASYIM ASY'ARI

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1089Keywords:
Moral Education, Foundation of Islamic Values, Nationalism, KH. Hasyim Asy'ariAbstract
Akhlak serves as the foundation for exploring the rich educational philosophies promoted by KH. Hasyim Asy'ari, with a focus on his insights regarding moral education and the development of character within both Islamic and national identities. Employing a comprehensive library research methodology, this study synthesizes historical narratives and theological foundations that inform Asy'ari's teachings. The necessity of integrating moral education into contemporary curricula is highlighted, establishing his principles as vital for cultivating responsible and well-rounded citizens in today’s multifaceted society. Findings indicate that Asy'ari’s emphasis on faith, ethical values, and communal responsibility is crucial not only for individual development but also for fostering social cohesion amidst modern challenges. This investigation offers significant contributions to understanding the relationship between religious values and national consciousness in the context of education.
Akhlak menjadi landasan dalam mengkaji filosofi pendidikan yang kaya yang dipromosikan oleh KH. Hasyim Asy'ari, dengan fokus pada pandangannya tentang pendidikan akhlak dan pengembangan karakter dalam identitas keislaman dan kebangsaan. Dengan menggunakan metodologi penelitian pustaka yang komprehensif, studi ini menyintesis narasi historis dan landasan teologis yang mendasari ajaran Asy'ari. Pentingnya integrasi pendidikan moral ke dalam kurikulum modern ditekankan, menjadikan prinsip-prinsip beliau esensial dalam membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan seimbang di tengah masyarakat yang kompleks saat ini. Temuan menunjukkan bahwa penekanan Asy'ari terhadap iman, nilai-nilai etika, dan tanggung jawab sosial sangat krusial, tidak hanya untuk pertumbuhan individu tetapi juga untuk memperkuat kohesi sosial di tengah tantangan kontemporer. Penelitian ini memberikan kontribusi signifikan untuk memahami hubungan antara nilai-nilai religius dan kesadaran kebangsaan dalam konteks pendidikan.
References
Ainis, K. N. (2018). Hakikat, nilai-nilai dan strategi pembentukan karakter (akhlak) dalam Islam. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2).
Amrullah, F., & Astuti, Z. I. (2021). Konsep akhlak menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim. Journal of Basic Educational Studies, 2(1).
Anisa, A. C., & Ismail, M. A., dkk. (2022). Pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari. Jurnal An-Nur, 11(1).
Arifin, M. Z., & Gani, A. (2022). Pendidikan karakter dalam pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Jurnal Tarbawi, 2(1).
Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian literatur tentang penerapan pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2).
Astuti, A. F. (2021). Konsep akhlak menurut K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 2(1).
Dalimunthe, A. Y., & Hanum, A., & Ulfah, OK. (2024). Systematic literature review: Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan akhlak. Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
Dian, F., dkk. (2024). Pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan karakter dan relevansi dengan kurikulum merdeka belajar. Al-Mikraj, 4(2).
Firdaus, F. (2020). Pendidikan akhlak karimah berbasis kultur pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 11(1).
Hakim, L. (2019). Konsep pendidikan karakter perspektif K.H. Hasyim Asy’ari: Studi Kitab Adabul ‘Alim wal Muta‘allim. Mediakita, 3(1).
Hasanah, U. (2019). Genealogi pemikiran pendidikan K.H. Hasyim Asy’ari. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 19(1).
Hidayah, N. (2020). Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari tentang etika murid terhadap guru dan relevansinya dalam pendidikan karakter. Al-Ibrah, 5(1).
Hidayah, N., & Muqowim, R. M. (2020). Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari tentang murid terhadap relevansinya dalam pendidikan karakter. Al-Ibrah, 5(1).
Izza, S. (2024). Analisis relevansi pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari tentang pendidikan perempuan. Technical and Vocational Education International Journal, 4(2).
Jannaah, R. (2020). Strategi K.H. Hasyim Asy’ari dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui lima nilai pesantren Tebuireng. Jurnal Menara Tebuireng, 15(2).
Khalim, A. D. N. (2020). Urgensi materi akhlak K.H. Hasyim Asy’ari dalam menghadapi tantangan pembelajaran abad 21. Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 2(2).
Marinu, W. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan kombinasi (mixed method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1).
Martono. (2020). Pemikiran pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy’ari. Universitas Nahdlatul Ulama Surakarta.
Maulidin, S., dkk. (2025). Revitalisasi pendidikan karakter K.H. Hasyim Asy’ari dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1).
Munir, A., Hitami, M., & Zein, M. (2022). Relevansi konsep pendidikan akhlak dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta‘allim: Perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dalam pembentukan karakter dan etika berbasis Islam. Jurnal Ilmiah Keislaman, 21(2).
Nasucha, J. A. (2022a). Pendidikan akhlak perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan relevansi dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Tadris, 16(1).
Nasucha, J. A. (2022b). Pendidikan akhlak perspektif K.H. Hasyim Asy’ari dan relevansi dalam pendidikan agama Islam. Jurnal Tadris, 16(1).
Nur Rahma, B. A., & Amran, Z. S. (2024). Paradigma pemikiran pendidikan religius-konservatif perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. Journal of Islamic Education and Teaching, 2(1).
Pramita, N. W. (2024). Relevansi konsep pendidikan Hasyim Asy’ari dengan kehidupan konteks modern. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(3).
Putri, E. A., & Gani, A. M. (2023). Konsep adab pendidik (perspektif Imam Nawawi dan K.H. Hasyim Asy’ari). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(3).
Resky, M., & Syahrul, Y. (2023). Relevansi pemikiran pendidikan akhlak K.H. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan Islam. Jurnal Konferensi Nasional Tarbiyah UNIDA Gontor, 1(1).
Rosidah, I. (2021). Implementasi konsep pendidikan akhlak K.H. Hasyim Asy’ari di Pesantren Mislakhul Muta’alimin Karang Tengah Warungpring. Jurnal Ibtida, 2(2).
Saifuddin, A. (2021). Pendidikan akhlak berbasis Hadits Arba’in an-Nawawiyah. CV Adanu Abimata.
Universitas Psikologi. (n.d.). Pengertian karakter dan aspeknya menurut para ahli. https://www.universitaspsikologi.com
Zahro, A. (2021). Konsep pendidikan karakter dalam perspektif K.H. Hasyim Asy’ari. Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Alihan Satra, Lidia, Maratun Solihah, Novita Sari, Uswatun Chasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.