EFFECTIVE DA'WAH STRATEGIES IN INDONESIA'S DIVERSE SOCIETY: INSIGHTS FROM USTADZ ABDUL SOMAD AND BUYA RAMZI WITHIN THE SCOPE OF ISLAMIC EDUCATION

Authors

  •   Alihan Satra   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Siska Wulandari   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Rindi Antika   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Indah Mukaromah   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Hafizah Nurkholiza   UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1095

  Keywords:

Dakwah strategies, pluralism, Islamic education, Ustadz Abdul Somad, Buya Ramzi, cultural adaptation, religious communication

Abstract

This study explores effective dakwah strategies employed by Ustadz Abdul Somad and Buya Ramzi in Indonesia’s pluralistic and multicultural society, with a focus on their implications for Islamic education. Using a qualitative content analysis approach, the research examines how both figures adapt their preaching styles to address diverse cultural, social, and religious contexts. Ustadz Abdul Somad utilizes a direct, educational, and humorous approach that resonates with various social groups, while Buya Ramzi incorporates local cultural values, arts, and popular media to deliver Islamic messages in a persuasive and peaceful manner. The findings highlight that inclusive, adaptive, and communicative strategies are essential in conveying Islamic teachings effectively. Moreover, these dakwah approaches provide valuable insights for Islamic education by emphasizing relevance, tolerance, and social harmony in shaping students who can thrive in Indonesia’s diverse society. This study contributes to advancing the understanding of contextualized dakwah practices that align with contemporary educational and social challenges.

Penelitian ini mengkaji strategi dakwah efektif yang digunakan oleh Ustadz Abdul Somad dan Buya Ramzi dalam masyarakat Indonesia yang pluralistik dan multikultural, dengan fokus pada implikasinya terhadap pendidikan Islam. Dengan pendekatan analisis isi kualitatif, penelitian ini meneliti bagaimana kedua tokoh tersebut menyesuaikan gaya dakwahnya untuk menjangkau konteks budaya, sosial, dan keagamaan yang beragam. Ustadz Abdul Somad menggunakan pendekatan dakwah yang lugas, edukatif, dan penuh humor yang diterima oleh berbagai kelompok sosial, sedangkan Buya Ramzi mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal, seni, dan media populer dalam menyampaikan pesan Islam secara persuasif dan damai. Temuan menunjukkan bahwa strategi dakwah yang inklusif, adaptif, dan komunikatif sangat penting dalam menyampaikan ajaran Islam secara efektif. Selain itu, pendekatan dakwah tersebut memberikan wawasan berharga bagi pendidikan Islam dengan menekankan relevansi, toleransi, dan harmoni sosial dalam membentuk peserta didik yang mampu hidup harmonis di tengah keberagaman masyarakat Indonesia. Penelitian ini berkontribusi dalam memperluas pemahaman tentang praktik dakwah kontekstual yang selaras dengan tantangan pendidikan dan sosial kontemporer.

References

Abdurrahman, Q., & Badruzaman, D. (2023). Tantangan dan peluang dakwah Islam di era digital. Komunikasia: Journal of Islamic Communication and Broadcasting, 3(2), 152–162. https://doi.org/10.32923/kpi.v3i2.3877

Adde, E. A. (2022). Strategi dakwah kultural di Indonesia. Dakwatul Islam, 7(1), 59–76. https://doi.org/10.46781/dakwatulislam.v7i1.573

Anwar, A., Muhammad, F., Ibrahim, M., & Herman, A. A. (2024). Pemanfaatan new media dalam dakwah moderasi beragama: Analisis strategi komunikasi Habib Ja’far Al-Hadar di YouTube. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 14, 218–237. https://doi.org/10.35905/komunida

Bukhari Is, S. (2024). Pendidikan kejujuran dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam. Grafika Wangi Kalimantan.

Chanra, M., & Tasruddin, R. (2025). Peran media sosial sebagai platform dakwah di era digital: Studi kasus pada generasi milenial. Jurnal Kolaboratif Sains, 8(1), 872–881.

Eksanti, E. M. (2022). Akhlak Nabi Muhammad dalam buku Alwafa: Kesempurnaan Pribadi Nabi Muhammad Saw. Spiritualita, 5(2), 54–72. https://doi.org/10.30762/spiritualita.v5i2.843

Hakim, L., & Uyuni, B. (2025). Dakwah Islam di Indonesia (Issue March).

Hannan, A. (2025). Strategi dakwah dan warisan pemikiran intelektual filosofi AIU (Aku Iki Uwong) Kiai Mahfudz Abdul Hannan. Jurnal Komunikasi Islam, 13(1), [Halaman tidak tersedia].

Hendra, T., Nur Adzani, S. A., & Muslim, K. L. (2023). Dakwah Islam dan kearifan budaya lokal. Journal of Da’wah, 2(1), 65–82. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/dakwah/article/download/2660/923

Islam, U., Kh, N., & Wahid, A. (2024). Strategi dakwah lintas budaya dalam menghormati keberagaman dan membangun komunikasi efektif. Jurnal Komunikasi Islam, 5(1), 158–168.

Komalasari, I. (2021). Karakteristik bahasa ceramah Ustadz Abdul Somadz, LC., MA di YouTube. Prosiding Seminar Nasional Linguistik VII, 7, 76–86. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/ocspbsi/article/view/818

Lesmana, R. P. D., & Syafiq, M. (2022). Fanatisme agama dan intoleransi pada pengguna media sosial. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 36–49. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/download/46146/38902/82837

Lubis, Y. M., & Kadri, W. N. (2024). Ujaran kebencian di era digital (perspektif etika komunikasi Al-Quran dan solusinya). Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 1–17. https://doi.org/10.55352/kpi.v6i1.1126

Mukaromah, M., Mayasari, L. D., & Saniff, S. M. (2023). Religious moderation in Constantinople in the resolution of political conflicts in the 14th century. Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, 23(2), 497–513. https://doi.org/10.21154/altahrir.v23i2.6005

Muliadi. (2022). Pengaruh pesan nonverbal Ustadz Abdul Somad (UAS) terhadap peningkatan pemahaman agama mahasiswa STAIN Majene. Al-Mutsla: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman dan Kemasyarakatan, 4(2), 250–268.

Mustofa, M. B., Fauzi, M., Hidayat, R., & Wuryan, S. (2022). Islam dan masyarakat pluralistik Indonesia dalam perspektif dakwah. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 8(2), 155. https://doi.org/10.54471/dakwatuna.v8i2.1689

Najamuddin. (2020). Strategi dakwah dan faktor pengaruh pendahuluan dalam konstelasi kehidupan. Jurnal Studi Islam, 12(1), 25–46.

Nikmah, F. (2020). Digitalisasi dan tantangan dakwah di era milenial. Mu’asharah: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 2(1), 45.

Nisa, P. K., & Subhan, A. (2024). Komunikasi efektif gaya ceramah Ustadz Abdul Somad (UAS) versus Adi Hidayat (UAH). Wacana: Jurnal Ilmu Komunikasi, 23(2), 317–326. https://doi.org/10.32509/wacana.v23i2.4290

Nurrofik, H., Salafudin, A., Sumanti, I., & lainnya. (2023). Peran dakwah dalam mengatasi tantangan sosial dan kultural di Indonesia. Relinesia: Jurnal Pengabdian dan Multikulturalisme, 7693, 73–79. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/relinesia/article/view/523

Nuwairah, N. (2021). Peace building: Tantangan dakwah di era disrupsi. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 47. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.3899

Pimay, A., & Savitri, F. M. (2021). Dinamika dakwah Islam di era modern. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(1), 43–55. https://doi.org/10.21580/jid.v41.1.7847

Rahma, M., & Nurcholis, A. (2021). Dakwah multikultural kiai pedesaan di era modern. Jurnal Dakwah, 15(1), 1–15.

Ramdani, F. (2024). Dakwah multikultural: Pendekatan komunikasi antarbudaya dalam menyebarkan Islam. Proceeding Seminar Nasional Ilmu Sosial, 2016, 166–177. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/download/3887/1238/17359

Rofiq, M. (2023). Pendekatan komunikasi massa dalam dakwah Gus Iqdam di Majelis Taklim Sabilu Taubah Blitar. JADID: Journal of Quranic Studies and Islamic Studies, 3(1), 45–60. https://ejournal.unkafa.ac.id/index.php/JADID/article/view/709

Simanjuntak, M. W., & Kustiawan, W. (2024). Strategi dakwah Ustad Anwar Pohan dalam meningkatkan pemahaman agama Islam Dusun Pengkolan Kecamatan Sipirok. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 14, 21–35. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http

Siregar, K. I., Wajdi, F., Nurpratiwi, S., Rizqi, R. M., & Maulana, A. R. (2024). Pelatihan pemahaman strategi dakwah moderasi beragama da’i dan da’iyah berbagai MUI kecamatan di Jakarta Timur. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), SNPPM2024SH-198–SNPPM2024SH-209. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/50923

Susanti, W., & Sobri, S. (2023). Morality of the Prophet Muhammad SAW: The people until the end of time. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 6(1), 70–85. https://doi.org/10.31869/jkpu.v6i1.4389

Zakiyullah, A., & Sofa, A. R. (2025). Implementasi konsep Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi bullying: Studi kasus di Pesantren Zainul Hasan Genggong. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 301–316.

Zaman, W. K. (2025). Strategi dakwah di era digital pada tokoh agama. At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 3(1), 39–54. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/30977/pdf

Downloads

Published

2025-05-21

How to Cite

Satra, A., Wulandari, S., Antika, R., Mukaromah, I., & Nurkholiza, H. (2025). EFFECTIVE DA’WAH STRATEGIES IN INDONESIA’S DIVERSE SOCIETY: INSIGHTS FROM USTADZ ABDUL SOMAD AND BUYA RAMZI WITHIN THE SCOPE OF ISLAMIC EDUCATION. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 145–155. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1095