ISLAMIC MORAL VALUES ACCORDING TO BUYA HAMKA: IMPLICATIONS FOR CONTEMPORARY ISLAMIC EDUCATION

Authors

  •   Alihan Satra   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Elfira Romeinita   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Refiana Ayu Nurul Hidayah   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Handi Rebagus   UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1098

  Keywords:

Buya Hamka, Islamic moral values, character education, akhlak, Islamic education, educational methods, moral development

Abstract

This study explores the concept of Islamic moral values as articulated by Haji Abdul Malik Karim Amrullah, widely known as Buya Hamka—a prominent Indonesian Muslim scholar, cleric, and intellectual. In his thought, morality (akhlak) occupies a central role in Islamic education, with the ultimate aim of developing individuals who are not only intellectually competent but also spiritually and ethically grounded. Amid the current moral decline among the younger generation, revisiting Buya Hamka’s ethical framework provides significant insight into how Islamic values can address contemporary challenges. The study employs a qualitative library research method, collecting, analyzing, and interpreting data from Hamka’s primary works—such as Tafsir Al-Azhar, Lembaga Hidup, and Pribadi—as well as secondary sources including scholarly articles and conceptual literature. The findings reveal that Buya Hamka’s moral philosophy is built upon four foundational virtues: hikmah (wisdom), syaja’ah (courage), iffah (self-restraint), and ‘adalah (justice). These principles serve as a moral compass for shaping character, behavior, and educational approaches in both personal and societal contexts. The study also identifies effective methods of moral development proposed by Hamka, such as understanding, habituation, exemplary conduct, advice, storytelling, rewards, and attentiveness—with exemplary conduct being emphasized as the most effective strategy. The research concludes that Buya Hamka’s moral thought offers a comprehensive and timeless model for character education, rooted in the integration of knowledge (‘ilm), faith (iman), and moral action (akhlak), and remains highly relevant for contemporary Islamic educational practices.

Penelitian ini mengkaji konsep nilai-nilai moral Islam sebagaimana dikemukakan oleh Haji Abdul Malik Karim Amrullah, yang lebih dikenal sebagai Buya Hamka—seorang ulama, cendekiawan, dan intelektual Muslim terkemuka di Indonesia. Dalam pemikirannya, akhlak menempati posisi sentral dalam pendidikan Islam, dengan tujuan akhir membentuk individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga matang secara spiritual dan moral. Di tengah kemerosotan moral generasi muda saat ini, pemikiran etis Buya Hamka menjadi sangat relevan untuk memberikan solusi berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka kualitatif dengan menghimpun, menganalisis, dan menginterpretasikan data dari karya-karya utama Buya Hamka—seperti Tafsir Al-Azhar, Lembaga Hidup, dan Pribadi—serta didukung oleh literatur sekunder seperti artikel ilmiah dan karya konseptual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fondasi pemikiran moral Buya Hamka bertumpu pada empat nilai utama: hikmah (kebijaksanaan), syaja’ah (keberanian), iffah (pengendalian diri), dan ‘adalah (keadilan). Nilai-nilai ini menjadi kompas moral dalam membentuk karakter, perilaku, dan pendekatan pendidikan dalam konteks individu maupun sosial. Studi ini juga mengidentifikasi berbagai metode pembinaan akhlak yang dikemukakan oleh Hamka, seperti pemahaman, pembiasaan, keteladanan, nasihat, cerita, ganjaran (tsawab), dan perhatian—dengan keteladanan sebagai metode paling efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep moralitas Buya Hamka menawarkan model pendidikan karakter yang komprehensif dan tak lekang oleh waktu, yang mengintegrasikan ilmu, iman, dan akhlak, serta sangat relevan bagi praktik pendidikan Islam kontemporer.

References

Afif, N., Qowim, A. N., & Mukhtarom, A. (2022). Pendidikan Akhlak Di Era Globalisasi Perspektif Buya Hamka. Al Kamal: Jurnal Kaijan Islam, 2(1).

Amanullah, F., Khaeroni, C., & Widayat, P. A. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Perspektif Buya Hamka Dan Implikasinya Pada Pengembangan Moral Remaja. PROFETIK: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Agama Islam, 4(1).

Arifin, M. F. (2024). Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Buya Hamka dalam Menjawab Isu-Isu Aktual Pendidikan Kontemporer. Turats: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 161–173.

Azwardana, A., Kurnianto, R., & Syam, A. R. (2024). Pendidikan Akhlak Buya Hamka dan KH. Ahmad Dahlan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Bramoro, H. (2024). Sumpah Pemuda: Pilar Menuju Generasi Emas 2045 di Tengah Dekadensi Moral. Kumparan.Com. https://kumparan.com/bramdosq/sumpah-pemuda-pilar-menuju-generasi-emas-2045-di-tengah-dekadensi-moral-23eIH7qyBtv/4

Dina, V. D. F. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam (Studi Atas Pemikiran Hamka dan Syed Muhammad Naquib Al Attas). Institud Agama Islam Negeri Ponorogo.

Fikri, N., Azzaki, S., Dimas, M., Rohman, A., & Afandi, M. F. (2025). Strategi Guru Dalam Mengintegrasikan Pendidikan Karakter Melalui Kurikulum Pendidikan Agama Islam. NAAFI: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1). https://doi.org/10.62387/naafijurnalilmiahmahasiswa.v2i1.109

Heriyanto, B., Sarifuddin, A., Herman, Maulida, A., & Jabar, A. (2022). Metode Rasulullah Dalam Mendidik Anak: Studi Hadits Sammillah Wakul Biyaminik Wa Mimma Yalik (Ucapkan Bismillah Dan Makan Menggunakan Tangan Kanan Dan Memakan Makanan Yang Ada Disekitar). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03). https://doi.org/10.30868/ei.v11i03.2620

Huda, R. N. (2022). Strategi Guru SMP Negeri 8 Banda Aceh dalam Pembinaan Akhlaqul Karimah. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Juarman. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka Dan Ibnu Miskawaih Serta Relevansinya Terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. MP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana, 1(1).

Khoir, M. A., Yulqowin, I., Sangadah, S., & Sutrisno, A. (2025). Pemikiran Pendidikan Buya Hamka dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam Kontemporer. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2).

Komariah, C., Uwes, S., Drajat, M., & Tabroni, I. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembinaan Akhlak Anak Melalui Media Internet. Edukatif:, 7(1).

Mashabi, S., & Prastiwi, M. (2024). JPPI: Ada 573 Kasus Kekerasan di Sekolah Sepanjang Tahun 2024. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2024/12/29/172111171/jppi-ada-573-kasus-kekerasan-di-sekolah-sepanjang-tahun-2024

Maulan, F., Ichsa, Y., Ramadhan, A. S., & Rubiyyati, M. F. (2021). Akhlak Dalam Perspektif Buya Hamka. Jurnal Al-Makrifat, 6(2).

Maulana, A. (2024). Transformasi Pembinaan Akhlak Generasi Z Melalui Program Ngaji Sambil Ngopi (Ngaspi) di Kupi Nanggroe Banda Aceh. Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

Mutiara, D., & Iswantir. (2022). Metode Pembinaan Akhlak Anak Usia Sekolah Dasar Oleh Orangtua Pada Masa New Normal Di Jorong Gaduang Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok. ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(1).

Nurfijri, S., Robiansyah, F., & Darmawan. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI Sekolah Dasar. Didaktika, 3(2).

Nuronia, R., & Jannah, N. (2025). Keteladanan Guru Sebagai Pilar Pendidikan Karakter Siswa di Madrasah. An-Nadwah: Journal Research on Islamic Education, 01(01).

Pradityo, R. (2023). Konsep Budi Menurut Prof. Dr. Hamka (Analisis Korelasi Budi Dan Akhlak). Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno.

Prayogi, M. S. (2022). Analisis Konsep Pendidikan Akhlak Perspektif Buya Hamka di MTsN 9 Sleman. Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Putra, M. T. M., & Susilo, J. (2022). Pendidikan Etika Hamka Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Di Indonesi. RAUDHAH: Proud To Be Professionals Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2).

Qodim, H. (2022). Pendidikan Akhlak Sufi Buya Hamka : Solusi Pembangunan Karakter bagi Generasi Z. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1). https://doi.org/10.30868/ei.v11i01.2178

Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2024). Relevansi Konsep Pendidikan Islam Perspektif Buya Hamka Di Era Society. Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2). https://doi.org/10.19105/rjpai.v4i2.8700

Rukmana, A., & Al-Walid, K. (2021). Konsep Manusia Sempurna Perspektif Buya Hamka. Paradigma: Jurnal Kalam Dan Filsafat, 3(02). https://doi.org/10.15408/paradigma.v3i02.30901

Salmadatu, Z. A., Arqam, M. L., Mauli, B., & Bustam, R. (2023). Analisis Pembelajaran Akhlak Prespektif Buya Hamka Dalam Upaya Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(3).

Sari, B., & Ambaryani, S. E. (2021). Pembinaan Akhlak Pada Remaja. Guepedia.

Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan ( Library Research ) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE : Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1).

Shafrianto, A., & Pratama, Y. (2021). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Buya Hamka. RAUDHAH PROUD TO BE PROFESIONAL: Journal Tarbiyah Islamiyah, 6(1).

Sihombing, S., & Alamsyah, M. B. (2024). Integrasi Nilai Tasawuf dalam Pendidikan Karakter Perspektif Pemikiran Buya Hamka. Man Ana : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Sirait, N. M. K. (2024). Filsafat Pendidikan Islam. UMSU Press.

Susanti, S. E. (2023). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka. Tsaqofah: Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(5).

Udin, T. (2024). Mendidik Dengan Kasih: Model Pembinaan Akhlak untuk Wanita Tuna Susila. Selat Media Patners.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Satra, A., Romeinita, E., Hidayah, R. A. N., & Rebagus, H. (2025). ISLAMIC MORAL VALUES ACCORDING TO BUYA HAMKA: IMPLICATIONS FOR CONTEMPORARY ISLAMIC EDUCATION. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 169–183. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1098