THE INTEGRATION OF MORAL VALUES IN ISLAMIC EDUCATION AS THE FOUNDATION FOR SUSTAINABLE COMMUNITY DEVELOPMENT

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1100Keywords:
Noble Character, Islamic Education, Sustainable Society, Moral Values, Literature StudyAbstract
This article analyzes the role of noble character as a foundational pillar in sustainable community development using a literature review approach. Values such as honesty, responsibility, empathy, and tolerance are identified as essential in shaping a just, harmonious, and resilient society. The study compiles recent literature from scientific journals, books, and articles to evaluate the contribution of moral values to social, economic, and environmental dimensions of development. Findings reveal that Islamic education plays a strategic role in internalizing moral values from an early age through synergy between schools, families, and communities. However, the study is limited by the lack of direct empirical data, suggesting the need for future research to explore the practical implementation of moral values across different sectors. The article emphasizes that sustainable development must be rooted in a value-based framework, not solely focused on economic growth.
Artikel ini menganalisis peran akhlak mulia sebagai fondasi utama dalam pengembangan masyarakat berkelanjutan dengan pendekatan studi pustaka. Nilai-nilai seperti kejujuran, tanggung jawab, empati, dan toleransi dipandang sebagai elemen esensial dalam membentuk masyarakat yang adil, harmonis, dan berdaya saing. Studi ini menghimpun literatur dari jurnal ilmiah, buku, dan artikel terkini untuk mengevaluasi kontribusi akhlak terhadap dimensi sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam pembangunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam memiliki peran strategis dalam menginternalisasi nilai-nilai moral sejak dini melalui sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Namun, keterbatasan kajian ini terletak pada belum tersedianya data empiris secara langsung, sehingga penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi penerapan nilai-nilai akhlak secara praktis di berbagai sektor kehidupan. Artikel ini menegaskan bahwa pembangunan yang berkelanjutan harus berakar pada sistem nilai, bukan hanya berorientasi pada pertumbuhan ekonomi.
References
Aini, F. Q., Hasibuan, R. Y. A., & Gusmaneli. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 54–69.
Al Asadullah, S., & Nurhalin, N. (2021). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Kemampuan Berfikir Kritis Generasi Muda Indonesia. Kaisa: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 12–24. https://doi.org/10.56633/kaisa.v1i1.202
Amanda, R. R., Fakhruddin, A., & Kosasih, A. (2024). Upaya Masjid dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial di Masyarakat. Journal of Education Research, 5(3), 4221–4231. https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1604
Arfah, A., & Arif, M. (2022). Pembangunan Ekonomi, Keadilan Sosial dan Ekonomi Berkelanjutan dalam Perspektif Islam. Pembangunan Ekonomi, Keadilan Sosial Dan Ekonomi Berkelanjutan Dalam Perspektif Islam, 5(2), 670. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2085
Bakar, M. Y. A., Muhsinin, I. Z., Khurriyah, N., & Salsabila, N. (2024). Eksistensi Pendidikan Islam Di Indonesia. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(6), 364–383.
Dewi, E., Muhammad, D., & Susandi, A. (2022). Learning in Primary Education. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1), 214–222.
Djaelani, H. K. (2024). Konstruksi Pengembangan Fikih Ibadah Yang Inklusif Di Indonesia: Studi Kasus Terhadap Fikih Dalam Komunitas Pondok Modern Darussalam Gontor.
Fawwaz, H. (2020). Pengaruh Pemahaman Pendidikan Karakter Dan Nilai Spiritual Terhadap Akhlak Siswa Di Smp It Nurul Fikri, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 143–158.
Harun, S. (2023). Peran Agama Dalam Membangun Karakter Bangsa. ALACRITY : Journal Of Education. 3(2), 81–94.
Islam, N., Karakter, P., & Mulia, A. (2024). Penerapan Nilai-Nilai Islam Dalam Pendidikan. 7, 15559–15567.
Isnaini, H., & Fanreza, R. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Sekolah. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(4), 279–297.
Juariah, S. (2023). Paradigma Pendidikan Islam dan Pengembangan Sumber Daya Insani dalam Membentuk Etika dan Karakter dalam Masyarakat Islam. Kumpulan Artikel Ilmiah Pendidikan Islam, 1(2), 65–71.
Liska, L., Ruhyanto, A., & Yanti, R. A. E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 161. https://doi.org/10.25157/j-kip.v2i3.6156
Malasyi, S., Tarigan, A. A., Syahreza, R., Islam, U., & Sumatera, N. (2024). Keadilan Sosial Dalam Ekonomi Syari ’ ah Melalui Tafsir Surat Ar-Ra ’ d Ayat 11 Tentang Perubahan Sosial dan Ekonomi Umat. 6468, 298–317.
Marzuki, A. (2020). "Pendidikan Agama Islam dan Isu Sosial Kontemporer di Aceh". Jurnal Pendidikan Islam, 14(3), 134-146.
Minarti, S. 2022. Ilmu Pendidikan Islam: Fakta Teoretis-Filosofis Dan Aplikatif-Normatif. Amzah.
Mutholingah, S. (2021). Metode Penyucian Jiwa (Tazkiyah Al-Nafs) Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Islam. Ta’limuna, 10(01), 67–81.
Nisa’, I. F. C., Erina, M. D., Haliza, D. A. N., & Nasrum, A. J. (2022). Etika Sosial Kemasyarakatan dalam Al-Qur’an Studi Pemaknaan QS. Al-Hujurat Perspektif Tafsir Al-Mubarok. Jurnal Riset Agama, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.15575/jra.v2i1.15678
Nurhayani, N., & Wanto, D. (2022). Internalisasi Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di MIN 1 Lebong. Jurnal Literasiologi, 9(1). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v9i1.428
Rafsanjani, H. (2021). Peran Nilai dalam Pengembangan Ekonomi Islam. Jurnal Studi Agama-Agama, 7(1), 141–149. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Ah
Ramadhani, N., & Musyaparah. (2024). Tujuan Pendidikan Islam dalam Membentuk Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 3(2), 78–91.
Ramdani, C., Miftahudin, U., & Latif, A. (2023). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Karakter.Banun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 12–20. https://journal.albadar.ac.id/index.php/BANUN/article/download/103/82/261
Sofa, A. R., Arab, P. B., Tarbiyah, F., Islam, U., Hasan, Z., Jl, A., Panglima, R., No, S., Kraksaan, K., & Timur, J. (2025). Konsep Etika Keutamaan dalam Tasawuf Abdul Qadir Al-Jailani dan Pengaruhnya terhadap Terbentuknya Akhlak Manusia melalui pembiasaan sifat-sifat baik , yang berbeda dengan etika deontologis yang lebih. 3.
Sumarta, Burhandin, & Budiyanto, T. (2024). Maqasid Al-Syariah Mendorong Keadilan Dan Keseimbangan Dalam Hukum Islam. Khulasah: Islamic Studies Journal, Vol. 6 No. 1.
Sumarta, Edy, S., & Mardiyana. (2022). Sosiologi Hukum Islam: Antara Kajian Metodologis, Teoritis, dan Praktis. (Indramayu: Penerbit Adab).
Syihabuddin, M., Zulfi Mubaraq, & M. Lutfi Mustofa. (2023). Elucidating Eco-Religious in Islamic Studies and the Future of Environmental Ethics. Al’Adalah, 26(2), 189–207. https://doi.org/10.35719/aladalah.v26i2.370
Uzma, Z., & Masyithoh, S. (2024). Tantangan Dan Peluang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Dalam Kehidupan Masyarakat. 1, 12–22.
Wibowo, Ari. (2021).“Dakwah Berbasis Media dan Komunikasi Visual.” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 2, No. 2 : 179–98.
Yusri, N., Ananta, M. A., Handayani, W., & Haura, N. (2023). Peran Penting Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Pribadi yang Islami. Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 12. https://doi.org/10.47134/pjpi.v1i2.115
Zahro, N. F. (2024). Pendidikan Dasar Islam Sebagai Fondasi Pembangunan Moral Dan Sosial Di Era Globalisasi. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI Volume, 11(4), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ikbal Rianto, Dian Cahnia, Nur Baiti, Alihan Satra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.