THE CONCEPT OF NOBLE CHARACTER EDUCATION IN THE PERSPECTIVE OF USTADZ ADI HIDAYAT: ITS RELEVANCE TO THE FORMATION OF MUSLIM CHARACTER IN THE DIGITAL ERA

Authors

  •   Alihan Satra   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Retno Tri Wahyuni   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Mona Muslimah   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Dwi Okta Fitriani   UIN Raden Fatah Palembang
  •   Fahmi Ma’arif   UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1104

  Keywords:

aqidah, noble character, Islamic education, Ustadz Adi Hidayat, Muslim character, digital era

Abstract

This article aims to examine in depth the concept of noble character education from the perspective of Ustadz Adi Hidayat and its relevance to the formation of Muslim character in the digital era. The background of this study stems from the growing moral crisis among younger generations, which demands a renewed approach to moral education based on Islamic values. This research employs a library research method by analyzing classical and contemporary literature, including Ustadz Adi Hidayat’s digital da’wah content. The findings reveal that noble character is a direct manifestation of strong Islamic creed (aqidah) and is inseparable from the formation of a Muslim’s personality. Ustadz Adi Hidayat emphasizes the importance of emulating the Prophet Muhammad’s morals—siddiq (truthfulness), amanah (trustworthiness), fathanah (intelligence), and tabligh (conveying the message)—as an integrative model of character education. These findings highlight that moral education rooted in correct faith, combined with the strategic use of digital media, offers a relevant solution for developing spiritually, morally, and socially strong Muslim generations. This study contributes conceptually to the development of an Islamic character education model that is responsive to contemporary challenges.

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep pendidikan akhlak mulia dalam perspektif Ustadz Adi Hidayat serta relevansinya dalam pembentukan karakter Muslim di era digital. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada meningkatnya krisis moral generasi muda yang menuntut pembaruan pendekatan pendidikan akhlak berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dengan menganalisis literatur klasik dan kontemporer, termasuk konten dakwah digital Ustadz Adi Hidayat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak mulia merupakan manifestasi langsung dari akidah yang kokoh dan tidak dapat dipisahkan dalam pembentukan kepribadian Muslim. Ustadz Adi Hidayat menekankan pentingnya meneladani akhlak Rasulullah SAW—siddiq, amanah, fathanah, dan tabligh—sebagai model pendidikan karakter yang integratif. Temuan ini menegaskan bahwa pendidikan akhlak yang ditopang oleh pemahaman akidah yang benar, ditambah dengan optimalisasi media digital, dapat menjadi solusi strategis dalam membentuk generasi Muslim yang unggul secara spiritual, moral, dan sosial. Penelitian ini memberikan kontribusi konseptual terhadap pengembangan model pendidikan karakter Islam yang relevan dengan tantangan zaman.

References

Abdullah, U., & Darnoto. (2024). Pembentukan Akidah dan Akhlak Pada Siswa Sekolah Pendekatan Pedagogis dan Lingkungan Pendidikan. Murid: Jurnal Pemikiran Mahasiswa Agama Islam, Vol. 2(2).

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, Vol. 6(1), 974–980.

Andini, M. (2023). Akidah dan Etika: Relasi antara Keyakinan dengan Nilai Moral. Al-Hikmah: Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, Vol. 5(1). http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alhikmah

Anton, dkk. (2024). Meneladani Akhlak Rasulullah SAW dalam Membangun Generasi Digital yang Berkarakter, Toleran dan Terhindar Dari Riba. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(1), 581–582.

Awaliya, A., & dkk. (2023). Implementasi Akhlak Al-Karimah dalam Praktik Sosial Masyarakat Desa Majatengah. Arfannur: Journal of Islamic Education, Vol. 4(3).

Bukhari, B. (2022). Hakikat dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran Akidah Akhlak. Azkia: Jurnal Aktualisasi Pendidikan Islam, Vol. 19(2), 34–52.

Chudzaifah, I., Sirait, S., Arif, M., & Hikmah, A. N. (2024). Membangun Kerukunan Antarumat Beragama: Peran Strategis PAI dalam Mingkatkan Dialog, Toleransi dan Keharmonisan di Indonesia. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 10(1).

Fajriah. (2021). Upaya Penerapan Sifat Wajib Rasul Di Era Digital Melalui Pemanfaatan Kriptografi Dalam Pengiriman Pesan. Prodising Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 3(1), 37.

Latifah, N. (2024). Strategi dan Gaya Komunikasi Dakwah Ustadz Adi Hidayat di Youtube serta Efeknya Terhadap Publik. Al-Insan:Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 4(2), 152–171.

Mahmud, A. (2020). Akhlak Islam Menurut Ibnu Miskawaih. Jurnal Aqidah-Ta, Vol. VI(1).

Maulidah, M. (2022). Akhlak Sebagai Esensi Pendidikan Islam. Al-Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, Vol. 16(6).

Muhammad Tisna Nugraha. (2020). Revitalisasi Pendidikan Akhlak Mulia Dalam Pembentukan Karakter Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Agama Islam. Jurnal Studi Gender Dan Anak.

Mustopa. (2014). Akhlak Mulia dalam Pandangan Masyarakat. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8(2).

Ramadhan, A. K., Sabila, N., & Ramadhini, R. H. (2023). Pengaruh Ajaran Agama dalam Pembentukan Akhlak dan Karakterter: Kajian Psikologi Terhadap Prinsip-Prinsip Islam. Journal Islamic Education, Vol. 1(3).

Ramadhan, M. A. R., & Qamariyah, Z. (2024). Teaching Tolerance To The Future English Teachers At Islamic English Education Study Program Through Sufism Morals Course. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, Vol. 2(3).

Rambe, M. S., Waharjani, & Perawironegoro, D. (2023). Pentingnya Pendidikan Akhlak dalam Kehidupan Masyarakat Islam. Tadarus Tarbawy: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, Vol. 5(1).

Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral dan Etika. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, Vol. 8(1), 67–85. https://doi.org/https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249

Safiramu’ti, H., & Nasir, M. A. (2024). Peningkatan Pemahaman Pembinaan Akhlak pada Channel Youtube Adi Hidayat Official. Jurnal Riset Komunikasi Penyiaran Islam (JRKPI), Vol. 4(2), 131–136.

Sandres, A., Nabila, P., Juliansyah, D., & Noviani, D. (2023). Hubungan Antara Akidah Dan Akhlak Dalam Islam. Jurnal Sitasi: SELL (Social, Educational, Learning and Language), Vol. 1(2), 233–238. https://doi.org/10.1234/sell

Sauidi, S. (2023). Akhlak Sebagai Perisai di Tengah Perubahan Gaya Hidup Modern. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, Vol. 1(4).

Seftini Rosmiati. (2022). Webinar Meneladani Akhlak Rasulullah SAW di Era Milenial. Jurnal Abdimas PHB, 5(1), 192.

Shofika Azzahro Nurhamdani, D. (2024). Pengembangan Pola Berpikir Masyarakat dalam Meneladani Rasulullah SAW dan Menyiapkan Generasi Cerdas di Kampung Sadang Desa Padaulun. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 5(7), 7.

Solihin, R. (2020). Akidah dan Akhlak dalam Perspektif Pembelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah. Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, Vol. 5(1).

Sukmawati, E., & Tabroni, I. (2023). Pembentukan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik: Pembiasaan melalui Program Jum`at Berbagi. Mental: Indonesian Journal of Psychology and Behavioral Science, Vol. 1(1).

Suryani, I., & dkk. (2021). Implementasi Akhlak terhadap Keluarga, Tetangga, dan Lingkungan. Medan Resource Center, Vol. 1(1).

Suryani, I., & Sakban, W. (2022). Aplikasi Akhlak Manusia Terhadap Dirinya, Allah SWT, dan Rasulullah SAW. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 6(1).

Syukur, A. (2020). Akhlak Terpuji dan Imlementasinya di Masyarakat. Misykat Al-Anwar: Jurnal Kajian Islam Dan Masyarakat, Vol. 3(2).

Wisnu Widya Asmara. (2022). OPTIMALISASI KODE ETIK APARAT PENGAWASAN INTERN PEMERINTAH (APIP): MENELADANI SIFAT RASULULLAH SAW. Jurnal Ekonomi Dan Keuangan, 6(276).

Yulianti. (2021). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Membangun Generasi Emas Indonesia. Jurnal Pemelitian, 5(1), 28.

Downloads

Published

2025-06-02

How to Cite

Satra, A., Wahyuni, R. T., Muslimah, M., Fitriani, D. O., & Ma’arif, F. (2025). THE CONCEPT OF NOBLE CHARACTER EDUCATION IN THE PERSPECTIVE OF USTADZ ADI HIDAYAT: ITS RELEVANCE TO THE FORMATION OF MUSLIM CHARACTER IN THE DIGITAL ERA. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 198–206. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1104