IMPLEMENTATION OF THE SEMESTER CREDIT SYSTEM PROGRAM IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING AT MADRASAH ALIYAH

Authors

  •   Nur Faiz Habibah   Sekolah Tinggi Islam (STI) Blambangan Banyuwangi

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1106

  Keywords:

Semester Credit System, Educational Management, Islamic Education Learning, Madrasah Aliyah

Abstract

The implementation of the Semester Credit System (SKS) at Madrasah Aliyah Nurul Qur’an is a strategic step to improve the quality of education and adapt to the demands of modern times. This study aims to provide a detailed description of the planning, implementation, and evaluation of the SKS program at MA Nurul Qur’an Patokan Kraksaan Probolinggo. A qualitative case study approach was used. Data collection techniques included observation, interviews, and documentation, with data analysis based on the Miles and Huberman model through data condensation, data display, and conclusion drawing. The results show that: (1) Planning involved the development of the Medium-Term Work Plan (RKJM) and Annual Work Plan (RKTM), forming a curriculum development team, and drafting SOPs in accordance with central regulations. (2) Implementation followed the established SOPs, used mastery learning, KD-based UKBM, the 2013 curriculum, and mapped students’ learning loads. (3) Evaluation was conducted on the curriculum, program management, and student learning outcomes, considering the program's alignment with the school’s vision and mission.

Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) di Madrasah Aliyah Nurul Qur’an merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyesuaikan diri dengan tuntutan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program SKS di MA Nurul Qur’an Patokan Kraksaan Probolinggo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi, sementara analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan melalui penyusunan RKJM dan RKTM, pembentukan tim pengembang kurikulum, serta penyusunan SOP yang sesuai dengan regulasi pusat. (2) Pelaksanaan program SKS mengikuti SOP, menggunakan pembelajaran tuntas, UKBM berbasis KD, kurikulum 2013, serta pemetaan beban belajar siswa. (3) Evaluasi dilakukan terhadap kurikulum, pengelola, dan hasil belajar siswa, dengan mempertimbangkan kesesuaian program terhadap visi dan misi madrasah. 

References

Adhi Pratama, F. (2022). Implementasi program sistem kredit semester di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bantul. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 11(4), 33-48. https://journal.student.uny.ac.id/sakp/article/view/18057

Anwar, H. (2018). Implementation of education management standard in the guidance of private Islamic high school. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 75-86. https://www.researchgate.net/publication/326206654_Implementation_of_Education_Management_Standard_in_The_Guidance_of_Private_Islamic_High_School

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aristiani Supriyanto, D. E. (2021). Manajemen program sistem kredit semester di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Journal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 551-565. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/download/40011/34794

Fauzi, I. (2019). Manajemen pendidikan ala Rasulullah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Husaini, U. (2013). Manajemen teori praktik dan pendidikan. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Jonathan, S. (2006). Metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2009). Alquran dan terjemahan. Jajar Laweyan Surakarta: CV Al Hanan.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2016). Alquran dan terjemahan. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Martin, T. (1995). Planning and conductioning formative evaluation. London: Kogan Page.

Meleong, L. J. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muliati, A., Mudjisusatyo, Y., & Rosnelli. (2023). Evaluation of the semester credit system program with CIPP model in Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Medan. EUDL. https://eudl.eu/pdf/10.4108/eai.19-9-2023.2340424

Musa, S. (2005). Evaluasi program pembelajaran dan pemberdayaan masyarakat. Bandung: Y-PinIndonesia.

Nahidh Islami, M. (2021). Manajemen program perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Munadharah Ilmiyah Pekan Arabi di Universitas Negeri Malang di masa pandemi. Jurnal Taqdir, 7(2), 128. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Taqdir/article/view/9073/4400

Oemar, H. (2006). Manajemen pengembangan kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rokhmawanto, S., Marlina, D., & Arifah, U. (2020). Manajemen pengembangan kurikulum madrasah berbasis ilmu sosial profetik dalam mewujudkan madrasah unggul di MA An Nawawi Berja Purworejo. Journal An-Nidzam, 7(1), 20-21. https://ejournal.iainu-kebumen.ac.id/index.php/An-Nidzam/article/view/340/314

Siswanto. (2018). Pengantar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. (1991). Proses belajar mengajar dalam sistem kredit semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaikhuna. (2024). Independent curriculum innovation model with a semester credit system. Syaikhuna Journal. https://syaikhuna.iaisyaichona.ac.id/index.php/syaikhuna/article/download/7619/4489

Downloads

Published

2025-06-04

How to Cite

Habibah, N. F. (2025). IMPLEMENTATION OF THE SEMESTER CREDIT SYSTEM PROGRAM IN ISLAMIC EDUCATION LEARNING AT MADRASAH ALIYAH. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 216–225. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i2.1106