CURRICULUM REFORM AND LEARNING NEEDS IN ISLAMIC EDUCATION: AN ANALYSIS OF THE MERDEKA CURRICULUM IMPLEMENTATION AT MI AL-AWWAL PALEMBANG

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v6i3.1157Keywords:
Curriculum Reform, Merdeka Curriculum, Islamic Religious Education, Learning Needs, Madrasah IbtidaiyahAbstract
This study analyzes the implementation of the Merdeka Curriculum in Islamic Religious Education (PAI) at MI Al-Awwal Palembang, with a particular focus on how the curriculum reform addresses the actual learning needs of students in the context of Islamic education. Employing a qualitative case study approach, data were collected through classroom observations, teacher and student interviews, and analysis of instructional documents. The findings reveal that the curriculum implementation has generally been effective, supported by well-developed instructional tools, diverse teaching methods, and conducive classroom environments. Nonetheless, several challenges persist, including the limited integration of digital learning media, inconsistent student engagement, and a lack of authentic assessment that reflects the spiritual and moral dimensions of Islamic education. This study contributes to the ongoing discourse on curriculum reform in Islamic elementary education and offers practical recommendations for aligning the Merdeka Curriculum more effectively with the religious and academic learning needs of students.
Penelitian ini menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MI Al-Awwal Palembang, dengan fokus pada bagaimana reformasi kurikulum tersebut menjawab kebutuhan belajar peserta didik dalam konteks pendidikan Islam. Pendekatan studi kasus kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum secara umum telah berjalan efektif, ditunjang oleh perangkat ajar yang terstruktur, metode pengajaran yang bervariasi, dan suasana kelas yang mendukung pembelajaran. Namun, masih terdapat tantangan, antara lain keterbatasan pemanfaatan media pembelajaran digital, keterlibatan siswa yang belum konsisten, serta kurang optimalnya penerapan penilaian autentik yang mencerminkan dimensi spiritual dan moral dalam pendidikan Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap diskursus reformasi kurikulum pada pendidikan dasar Islam serta menawarkan rekomendasi praktis untuk menyelaraskan Kurikulum Merdeka dengan kebutuhan belajar religius dan akademik peserta didik.
References
Alicia, Marzelika Putri, dan Ainur Rosyid. 2024. “Analisis Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di SDN Kemanggisan 10 Pagi.” Nusantara Journal of Multidisciplinary Science 2(3): 424–31.
Berliani, Teti, Rina Wahyuni, Piter Joko Nugroho, dan Lilik Febriyanti. 2024. “MANAJEMEN KELAS PADA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR.” Equity In Education Journal 6(2): 37–43. doi:10.37304/eej.v6i2.16529.
Hendrawati, Ririn, Adi Winanto, dan Hana Septina Kristanti. 2024. “Upaya Peningkatkan Collaboration Skills Peserta Didik SD Melalui Penerapan Project Based Learning (PjBL).” Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 14(01): 1–7. doi:10.24246/j.js.2024.v14.i01.p1-7.
Indriyani, Novalina, Rahmi Hanifah, dan Yanti Fitria. 2023. “PENILAIAN AUTENTIK PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI SEKOLAH DASAR.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1): 28–48. doi:10.23969/jp.v8i1.6930.
Jufrida, Jufrida, M. Furqon, dan Rahma Dani. 2023. “PELATIHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA TERINTEGRASI ETNOSAINS PADA GURU DI SMAN 8 TANJUNG JABUNG TIMUR.” SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 7(4): 2667–74. doi:10.31764/jpmb.v7i4.17774.
Khaira, Annisa Ulfa, Neni Hermita, dan Jesi Alexander Alim. 2025. “Efektivitas Media Pembelajaran Augmented Reality Assemblr Edu Pada Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SD Kelas V.” JURNAL JENDELA PENDIDIKAN 5(01): 144–55. doi:10.57008/jjp.v5i01.1241.
Laela, Dafa Febra, Danang Dwi Basuki, dan Subandriyo Subandriyo. 2025. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dan Sosial (IPAS) Kelas V Di Salah Satu SDI TQ Karawang.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 9(2): 826–41. doi:10.35931/am.v9i2.4789.
Nurcahya, Alsri, Anis Zohriah, Abdul Muin, Encep Syarifudin, dan Hanafi Hanafi. 2024. “MANAJEMEN EVALUASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP ASPEK RELIGIOSITAS PESERTA DIDIK DI MTS AL-WASHLIYAH LEUWIDAMAR-LEBAK.” Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 7(001): 55–70. doi:10.30868/im.v7i001.7591.
Putri, Shinta Hastia. 2024. “Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMA Negeri 1 Palipi.” Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan 2(2): 102–7. doi:10.61292/cognoscere.180.
Rahmafitri, Fadhilah, Elvi Deswita, dan Ridwal Trisoni. 2024. “Analisis Kebijakan Kurikulum Merdeka Dan Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan.” Dirasah : Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam 7(1): 45–55. doi:10.58401/dirasah.v7i1.1050.
Saputri, Hera Apriliana, Sinta Bella, Zulhijrah Zulhijrah, dan Andi Prastowo. 2024. “Dinamika Implementasi Kurikulum Merdeka: Perspektif Guru Sekolah Dasar.” Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8(2): 681–872. doi:10.35931/am.v8i2.3468.
Sufiyanto, Mohammad Imam, Jamilah Jamilah, dan Nisrina Hikmawati. 2021. “Relationship Pattern among Scientific Literacy, Thematic, and Scientific Materials in Online Learning.” Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 13(2): 157–72. doi:10.18860/mad.v13i2.12020.
Suriani, Nidia, Risnita, dan M. Syahran Jailani. 2023. “Konsep Populasi Dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan.” IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2): 24–36. doi:10.61104/ihsan.v1i2.55.
Yuliani, Wiwin. 2018. “METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING.” Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan 2(2): 83–91. doi:10.22460/q.v2i2p83-91.1641.
Zahra, Nafisa Ulfa. 2024. “Tranformasi Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar Melalui Kurikulum Merdeka: Tantangan dan Peluang.” JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia) 9(3): 157–60. doi:10.26737/jpdi.v9i3.6105.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Mizan, Inka Rizka Amalia Putri, Nurmala Dewi, Nastiti Puji Lestari, Afriantoni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.