KONSEP ADAB DALAM PEMIKIRAN IMAM AL-GHAZALI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI ERA KONTEMPORER

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i1.1183Keywords:
student etiquette, Al-Ghazali, character developmentAbstract
Penelitian ini bertujuan mengkaji konsep adab dalam pemikiran Imam Al-Ghazali dan implikasinya terhadap pembentukan karakter siswa di era kontemporer. Kajian dilakukan melalui metode studi pustaka terhadap karya-karya klasik seperti Ihya’ Ulumuddin, Bidayatul Hidayah, dan Minhajul ‘Abidin, serta referensi kontemporer terkait pendidikan Islam dan karakter. Hasil analisis menunjukkan bahwa adab menurut Al-Ghazali mencakup enam aspek utama: niat yang ikhlas, rendah hati terhadap guru, sabar dalam belajar, menjaga hati dari penyakit spiritual, menghormati sesama, dan ketekunan. Nilai-nilai ini terbukti relevan dalam menjawab krisis karakter siswa masa kini. Integrasi konsep adab ke dalam sistem pendidikan modern dapat memperkuat karakter spiritual, etis, dan sosial siswa. Penelitian ini menawarkan kontribusi konseptual dan praktis bagi pengembangan pendidikan karakter berbasis Islam yang kontekstual dan transformatif.
This study aims to explore the concept of adab in Imam Al-Ghazali’s thought and its implications for student character development in the contemporary era. Using a literature review method, the study examines classical works such as Ihya’ Ulumuddin, Bidayatul Hidayah, and Minhajul ‘Abidin, alongside modern references on Islamic and character education. The analysis reveals six core aspects of adab in Al-Ghazali’s view: sincere intention, humility towards teachers, patience in learning, guarding the heart, respect for peers, and perseverance. These values remain highly relevant in addressing today’s student character crisis. Integrating Al-Ghazali’s adab into modern education can foster students’ spiritual, ethical, and social character. This research contributes both conceptually and practically to the contextual and transformative development of Islamic character education.
References
Al-Amin, A. (2023). Adab murid kepada guru dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Al-Ghazali. Attalim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 55–65.
Al-Ghazali. (2019). Ihya’ ‘Ulum al-Din (H. Solihin, Trans.). Jakarta: Pustaka Azzam.
Basri, K., Sari, M. R., & Khairunnas. (2022). Implementation of character education based on Islamic values in elementary school. International Journal of Instruction, 15(1), 373–390.
Fauzan, A. (2019). Pemikiran pendidikan Imam Al-Ghazali dan relevansinya di era modern. Malang: UIN Maliki Press.
Hasan, L. (2022). Etika dan moral dalam pendidikan Islam. Yogyakarta: Deepublish.
Hidayatullah, M. (2018). Filsafat pendidikan Islam: Menelusuri pemikiran tokoh-tokoh pendidikan Islam klasik hingga kontemporer. Jakarta: Kencana.
Ismail, H. N. (2021). Islamic character education: The role of Al-Ghazali's thought in curriculum integration. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 4(2), 101–116.
Kemendikbudristek. (2022). Laporan profil karakter pelajar Pancasila 2022. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. New York: Bantam Books.
Mahfudh, A. (2020). Konsep adab dalam pendidikan Islam. Semarang: Lintang Songo Press.
Muttaqien, A. W. (2023). Konsep adab perspektif Al-Ghazali dan relevansinya terhadap pembentukan karakter. Jurnal Muttaqien, 4(1), 1–12.
Nasir, M. (2022). Integrasi nilai-nilai adab dalam pendidikan Islam perspektif Al-Ghazali. Jurnal Al-Tadzkiyyah, 13(1), 45–59.
Nasution, S. (2020). Character education in Islamic perspective: A case study. International Journal of Instruction, 13(1), 741–754.
Nuraini, A. (2023). Adab murid kepada guru dalam kitab Minhajul Muta’allim perspektif Imam Al-Ghazali. Tazkiya: Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 11(1), 33–45.
Rokhman, F., Syaifudin, A., & Yuliati, T. (2014). Character education for golden generation 2045 (National Character Building for Indonesian Golden Years). Procedia - Social and Behavioral Sciences, 141, 1161–1165.
Susanto, A. (2020). The role of school culture in character education implementation. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 18–29.
Wardanik, Y. S. (2021). Konsep pendidikan karakter Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuddin. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 6(2), 101–111.
Yusro, M. (2021). Menjadi murid beradab: Telaah pemikiran Imam Al-Ghazali. Surabaya: Lintas Ilmu.
Zubaidi, A. (2019). Pendidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hayatun Sabariah, Dewi Anggriani, Dwi Melani Zuhra, Syafrida, Azhar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.