NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM KARYA IMAM AZ-ZARNUJI

Authors

  •   Jeyssika Armaya   Institut Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  •   Poppy Meilinda   Institut Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  •   Muhammad Iqbal Musthofa   Institut Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  •   Ainul Umami Ernaz   Institut Jam’iyah Mahmudiyah Langkat
  •   Satria Wiguna   Institut Jam’iyah Mahmudiyah Langkat

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i2.1195

  Keywords:

Moral Education, Ta’lim Muta’allim, Student Etiquette

Abstract

This study aims to explore in depth the concept of moral education in Ta'lim Muta'allim by Imam Az-Zarnuji, which is still used in many Islamic boarding schools as a guideline for character building. Moral education is considered very important in shaping individuals who are not only intellectually intelligent but also wise in their attitudes and behavior. The method used in this study is a literature review, involving a direct analysis of the text of Ta’lim Muta’allim in both Arabic and its translation, supported by other books and journals discussing the thoughts of Imam Az-Zarnuji. The results of the study show that Imam Az-Zarnuji emphasizes the importance of sincere intentions in seeking knowledge, respect for teachers, patience in learning, and avoiding futile actions. He also teaches the importance of forming good habits, choosing righteous friends, and managing time. The methods he used are very touching and easy to apply, such as giving clear advice, telling stories of scholars, and fostering awareness of the importance of one's relationship with Allah. This book not only teaches ethics in learning but also in daily life. By understanding and applying the ethical values of Ta’lim Muta’allim, it is hoped that a generation will emerge that is not only intelligent but also civilized, humble, and responsible. This research underscores the importance of reviving ethical values in modern education as the foundation for the formation of noble character.

Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam konsep pendidikan akhlak dalam Ta’lim Muta’allim karya Imam Az-Zarnuji yang hingga kini masih digunakan di banyak pesantren sebagai pedoman pembentukan karakter pelajar. Pendidikan akhlak dinilai sangat penting dalam membentuk manusia yang tidak hanya cerdas secara intelektual tetapi juga bijak dalam bersikap dan bertingkah laku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, dengan mengkaji langsung teks kitab Ta’lim Muta’allim baik dalam bahasa Arab maupun terjemahannya serta didukung oleh buku dan jurnal lain yang membahas pemikiran Imam Az-Zarnuji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Imam Az-Zarnuji menekankan pentingnya niat yang tulus dalam menuntut ilmu, penghormatan kepada guru, kesabaran dalam belajar serta menjauhi perbuatan sia-sia. Beliau juga mengajarkan pentingnya membentuk kebiasaan baik, memilih teman yang saleh serta menjaga waktu. Metode yang beliau gunakan sangat menyentuh dan mudah diterapkan, seperti memberi nasihat yang jelas, menceritakan kisah-kisah ulama dan membangun kesadaran akan pentingnya hubungan dengan Allah. Kitab ini bukan hanya mengajarkan akhlak dalam belajar tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami dan menerapkan nilai-nilai pendidikan akhlak dari Ta’lim Muta’allim, diharapkan lahir generasi yang tidak hanya cerdas tetapi juga beradab, rendah hati dan bertanggung jawab. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya menghidupkan kembali nilai-nilai akhlak dalam pendidikan modern sebagai dasar pembentukan karakter mulia.

References

Amirudin, N., & Endranul ‘Aliyah. (2020). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Karangan Imam Az Zarnuji. Tamaddun: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 21(2), 161–182.

Az-Zarnuji, Imam. (2020). Ta’lim Muta’allim: Jalan Menuntut Ilmu dan Akhlak Pelajar. Terjemahan oleh H. Abdul Majid. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.

Hidayat, Nur. (2020). Pendidikan Akhlak Perspektif Ulama Klasik. Yogyakarta: Deepublish.

Huda, M. (2020). Pendidikan Islam dalam Perspektif Tokoh-Tokoh Klasik. Jakarta: Kencana.

Mahfudh, A. (2022). Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Tokoh. Surabaya: Lintang Media.

Mulyadi, S. (2019). Etika Pendidikan Islam: Meneladani Ulama Salaf. Semarang: Pustaka Pelajar.

Ramdhani, M. (2023). Pemikiran Pendidikan Islam Imam Az-Zarnuji dalam Kitab Ta’lim Muta’allim. Jakarta: Pustaka Arafah.

Rika, R., Fahrudin, F., & Sumarna, E. (2020). Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jurnal Taklim: Pendidikan Agama Islam, 18(1), 23–36

Sadiyah, B. S. et al. (2022). Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia. Pengertian: Jurnal Pendidikan Indonesia (PJPI), 2(2).

Sulaiman, H. (2020). Pendidikan Karakter dan Akhlak dalam Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ulfa, L. (2022). Konsep Akhlak dalam Kitab Ta’lim Al Muta’allim Karya Syaikh Burhanuddin Al Zarnuji. Jurnal Pemikiran Islam (JPI), 2(2), 233–248.

Zainuddin, A. (2022). Mendidik dengan Akhlak: Menggali Kembali Tradisi Ilmu Ulama Klasik. Bandung: Penerbit Mizan.

Zubaedi. (2020). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Armaya, J., Meilinda, P., Musthofa, M. I., Ernaz, A. U., & Wiguna, S. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM PERSPEKTIF KITAB TA’LIM MUTA’ALLIM KARYA IMAM AZ-ZARNUJI. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 215–228. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i2.1195