Implementasi Metode Joyfull Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School

Authors

  •   Elmania Alamsyah Program Studi PAI FTIK IAIN Jember  Program Studi PAI FTIK IAIN Jember,
  •   D. Fajar Ahwa Program Studi PAI FTIK IAIN Jember  Program Studi PAI FTIK IAIN Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.12
 

Keywords:

Islamic religious learning, joyfull learning, junior high school

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam atau sering disingkat dengan PAI kurang diminati oleh peserta didik. Hal ini terbukti dengan kurangnya respon semangat ketika pembelajaran PAI dimulai, pasif, kurangnya rasa responsif pada pembelajaran. Hal ini disebabkan oleh kurangnya tenaga pengajar yang kompeten, mengajar dengan pemaksaan serta kurangnya waktu pada Pembelajaran. Untuk itu dengan menggunakan metode yang menyenangkan atau joyfull learning diperlukan dalam mengatasi permasalah tersebut. Data ini relasinya dengan judul “Implementasi Metode Joyfull Learning Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School.” Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Jenis pendekatan menggunakan narative research (penelitian naratif). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data model  Miles Huberman yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangualasi teknik dan sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran PAI adalah dengan cara menerapkan outbound and moving class, outdoor class, mind mapping, pelatihan (training of trainer), game pelajaran disertai dengan iringan musik melalui pengeras suara loud speaker, disamping itu juga menerapkan hafalan dengan super memory rumus. (2) Faktor pendukung implementasi metode joyfull learning pada pembelajaran PAI di SMP Alam BIS adalah motivasi semangat dari peserta didik untuk belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kreativitas pendidik  menerapkan permainan dalam mengajar menggunakan metode joyfull learning.

Kata Kunci: joyfull learning, pembelajaran pendidikan agama Islam, sekolah menengah pertama

Islamic Religious Education or often abbreviated as PAI is less desirable by students. This is evidenced by the lack of enthusiasm response when PAI learning begins, passive, lack of responsiveness to learning. This is due to the lack of competent teaching staff, coercive teaching and lack of time in learning. For this reason, using a fun method or joyfull learning is needed to overcome these problems. This data is related to the title "Implementation of Joyfull Learning Methods in Learning Islamic Religious Education in Alam Banyuwangi Islamic Middle School." This research method uses qualitative research, using purposive sampling technique. This type of approach uses narrative research. Data collection methods use observation, interviews and documentation studies. Analysis of Miles Huberman model data which includes: data condensation, data presentation, verification and conclusions. Data validity uses triangualation techniques and sources. This study obtained conclusions (1) The implementation of the joyfull learning method in PAI learning is by implementing outbound and moving classes, outdoor classes, mind mapping, training (training of trainers), game lessons accompanied by musical accompaniment through loud speaker, besides it also applies rote memorization to the super memory formula. (2) The supporting factor of the implementation of the joyfull learning method in PAI learning at SMP Alam BIS namely is leass motivation of the students to learn, while the inhibiting factor is the lack of creativity of the educator applying the game in teaching using the joyfull learning method.

Published

2020-06-18

How to Cite

Alamsyah, E., & Ahwa, D. F. (2020). Implementasi Metode Joyfull Learning pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Alam Banyuwangi Islamic School . AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59-76. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.12