PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TEKNOLOGI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS

Authors

  •   M. Rizal Rofiudin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Moh. Sutomo UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Moh. Sahlan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.259
 

Keywords:

Asynchronous, Synchronous, Technology-based learning

Abstract

Ditahun  2020  Indonesia  mengalami  pandemi  virus  mematikan  yang diberi  nama  virus  Corona  atau  Covid-19.  Diketahui  virus  ini  berasal  dari  kota  Wuhan  Cina.  dari  adanya  pandemi  virus  mematikan  ini  seluruh  warga  Negara  Indonesia  diwajibkan  mengikuti  aturan  pemerintah  untuk  melakukan  physical  distancing  dampak  dari  physical  distancing  ini  salah  satunya  yakni  seluruh  lembaga  pendidikan  harus  melaksanakan  pembelajaran  secara  daring  (dalam  jaringan).  Sistem  pembelajaran  daring  ini  memberikan  kelebihan  Bila  dibandingkan  dengan  pembelajaran  konvensional  bagi  pendidik  maupun  peserta  didik,  namun  selain  kelebihan  pembelajaran  daring  ini  juga  terdapat  beberapa  kekurangan.  pada  pembelajaran  jarak  jauh,  dikenal  sebuah  kata  Synchronous  yakni  pembelajaran  jeda  jauh  yang  dilakukan  dalam  waktu  bersamaan  antara  pendidik  serta  siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan hasil Penelitian  yg  dilakukan di SMA  Negeri  2  Jember  ini  merupakan  kombinasi  daring  synchronous  dan   asynchronous.  dalam  penelitian  berbasis  teknologi  di  Sekolah Menengan Atas  Negeri  2  Jember  memiliki  kelebian  dan   kekurangan.  Kelebihan  pembelajaran  berbasis  teknologi.

 

 

In 2020 Indonesia experienced a deadly virus pandemic named the Corona virus or Covid-19. It is known that this virus originated in the Chinese city of Wuhan. Due to the existence of this deadly virus pandemic, all Indonesian citizens are required to follow government regulations to carry out physical distancing. One of the impacts of this physical distancing is that all educational institutions must carry out online (in-network) learning. This online learning system provides advantages when compared to conventional learning for educators and students, but apart from the advantages of online learning there are also some disadvantages. In distance learning, the word Synchronous is known, namely distance learning that is carried out at the same time between educators and students. This study uses a descriptive qualitative method with the results of the research conducted at SMA Negeri 2 Jember which is a combination of synchronous and asynchronous online. in technology-based research at State Senior High School 2 Jember has advantages and disadvantages. The advantages of technology-based learning.

Keywords: asynchronous,synchronous, technology-based learning, 

References

Al Aslamiyah, Tsuwaybah, Punaji Setyosari, and Henry Praherdhiono. “Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 2, no. 2 (2019): 109–114.

Donni Juni Priansa. 2017. Pengembangan Strategi Dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.

Fahmi, Muhammad Hanif. “Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Dalam E-Learneing Pada Masa Pandemic Covid-19.” Jurnal Nomosleca 6, no. April (2020): 68–76.

Narayana, I Wayan Gede. “Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous Dan Asynchronous.” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 4, no. 1 (2016): 139–144.

Novantara, Panji. “Implementasi Dan Efektifitas Mobile Learning Dengan Menggunakan Metode Synchronous Dan Asynchronous Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Di Universitas Kuningan Berbasis Android.” Buffer Informatika 3, no. 1 (2017): 22–27.Rusman, Deni Kurniawan, dan Cepi Riyana. 2019.Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono.2019.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, and R&D.Bandung:Penerbit Alfabeta.

Usman, Husaini. dkk.2006.Metodologi Penelitian Sosial.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Published

2023-07-03

How to Cite

Rofiudin, M. . R. ., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2023). PEMBELAJARAN PAI BERBASIS TEKNOLOGI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 33-44. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.259