Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul Jember

Authors

  •   Risnawati Ruchiyad UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Zainal Abidin UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i1.303
 

Keywords:

majelis ta’lim, internalization of values, Islam rahmatan lil alamin, Habib Sholeh Tanggul

Abstract

Kajian ini hendak mengungkap materi, metode dan implikasi pembelajaran majelis taklim pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Hasil penelitian ini mengungkap: Pertama, materi pembelajaran Majelis Taklim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin yakni mempelajari materi tematik yang menyesuaikan dengan momentum terkini, pembelajaran akhlak serta pembelajaran kitab Risalatul Muawwanah yang di dalamnya mengulas mengenai nasehat-nasehat beserta dalilnya. Kedua, metode pembelajaran Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul adalah dengan menggunakan metode ceramah (mauidloh hasanah) satu arah. Ketiga, implikasi pembelajaran Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul dalam menginternalisasikan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin adalah dengan menguatnya sikap tenggang rasa, toleran, menanamkan hidup seimbang, membiasakan hidup adil dan menyeru pada amar ma’ruf nahi munkar, serta damai dengan orang lain dan lingkungan sekitar.

Kata kunci: majelis ta’lim, internalisasi nilai, Islam rahmatan lil alamin, Habib Sholeh Tanggul

This study aims to reveal the material, methods and learning implications of the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul in internalizing the Islamic values ​​of rahmatan lil alamin. This study uses a qualitative approach with the type of case study. Data are obtained by observation, interviews, and documents. Data analysis used interactive analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusions. The results of this study reveal: First, the learning materials for the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul in internalizing the Islamic values ​​of rahmatan lil alamin, namely studying thematic material that adapts to the latest momentum, moral learning and learning the Risalatul Muawwanah book which includes advice and the argument. Second, the learning method of the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul is by using the one-way lecture (mauidloh hasanah) method. Third, the learning implications of the Majelis Ta’lim Habib Sholeh Tanggul's learning implications in internalizing the Islamic values ​​of rahmatan lil alamin are by strengthening tolerance, tolerance, instilling a balanced life, getting used to living justly and calling for amar ma'ruf nahi munkar, and peace with other people and the environment.

References

Afandi, R. 2013. Gambaran Pelaksanaan Kegiatan Belajar Majelis Ta’lim Sebagai Kegiatan Pendidikan Orang Dewasa Di Surau Balerong Monggong. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 88-103. DOI : https://doi.org/10.24036/spektrumpls.v1i1.1480

Andi, F. 2017. “Peranan Majelis Ta’lim dalam Meningkatkan Keagamaan (Study Terhadap Majelis Ta’lim Nurul Hidayah di Desa Taraman Jaya Kecamatan Semendawai Suku III Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur.” Skripsi, UIN Raden fattah.

Creswell, J.W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gaffar, I. A. 2006. Kurikulum dan Materi Pendidikan Islam. HUNAFA: Jurnal Studia Islamika, 3(1), 37-52. DOI: https://doi.org/10.24239/jsi.v3i1.243.37-52

Helmawati. 2013. Pendidikan Nasional dan Optimalisasi Majelis Ta’lim. Jakarta: Rineka Cipta.

Idawati. 2018. “Peranan Majelis Ta’lim Miftahul Jannah dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Masyarakat di Kelurahan Patte’ne Kecamatan Polongbangkeng Selatan Kabupaten Takalar”, Skripsi, UIN Alaudin Makassar.

Muhsin MK. 2009. Manajemen Majelis Ta’lim: Petunjuk Praktis Pengelolaan dan Pembentukannya. Jakarta: Pustaka Intermasa.

Mujahidin, M. 2019. Urgensi Majelis Ta’lim Sebagai Lembaga Dakwah di Masyarakat. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 1-12. DOI: http://dx.doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2372

Munandar, S. A. 2018. “Islam Rahmatan lil Alamin dalam Perspektif Nahdlatul Ulama.” Jurnal el-Tarbawi, 11(1).

Munir, M. (2019). Peran Majelis Ta’lim Selaparang Dalam Pembinaan Keaagamaan Masyarakat. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(2), 105-118. DOI: https://doi.org/10.20414/jpk.v15i2.1633

Muwafiq, G. 2019. “Islam Rahmtan Lil Alamin”. Yogyakarta: Al-Barokah

Peraturan Menteri Agama RI No 000912 Tahun 2013, tentang Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.

Badriyah, S.R. 2017. “Peranan Pengajian Majelis Ta’lim Al-Barkah Dalam Membina Pengamalan Ibadah Pemulung Bantargebang Bekasi.” Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Sugiyono 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Yanti. 2017. “Pelaksanaan Program majelis Ta’lim Miftahul Jannah Perumahan Beringin Indah Ngaliyan Semarang.” Skripsi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Published

2022-06-30

How to Cite

Ruchiyad, R., & Abidin, Z. (2022). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Rahmatan Lil Alamin dalam Majelis Ta’lim Pesarean Habib Sholeh Tanggul Jember. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1-13. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i1.303