Penerapan Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  •   Septian Eka Dewanto SD NU 17 Baitul Makmur Balung  SD NU 17 Baitul Makmur Balung,
  •   Khairul Umam Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember  Universitas Islam Negeri KH. Achmad Siddiq Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i1.323
 

Keywords:

Hybrid Learning, Pendidikan Agama Islam, Covid-19

Abstract

Karakterisitik materi Pendidikan Agama Islam (PAI) mengharuskan pembelajaran menggunakan beragam model pembelajaran yang perlu disesuaikan dengan tema materi pembelajaran. Tujuan pembelajaran PAI tidak terbatas pada transfer of knowledge tetapi juga nilai, keterampilan dan pengembangan karakter. Kompleksitas materi pembelajaran tersebut semakin menjadi sulit diajarkan ketika pandemi Covid 19 muncul, sehingga pembelajaran hybrid menjadi pilihan utama. Fokus kajian ini adalah mengungkap bagaimana guru PAI di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Satya Dharma Balung mengelola pembelajaran hybrid pada masa pandemi covid-19. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan hybrid learning pada masa pandemi di SMP Satya Dharma dilaksanakan dengan perencanaan yang baik dan dilaksanakan dengan dukungan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, baik daring maupun luring. Masing-masing memiliki kelemahan karena keterbatasan kehadiran siswa, kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi informasi dan dukungan orang tua secara finansial maupun motivasional.

The characteristics of Islamic Religious Education (PAI) materials require learning to use a variety of learning models that need to be adapted to the theme of the learning material. The purpose of PAI learning is not limited to the transfer of knowledge but also values, skills, and character development. The complexity of these learning materials became increasingly difficult to teach when the Covid 19 pandemic emerged, so hybrid learning became the main choice. The focus of this study is to reveal how PAI teachers at the Satya Dharma Balung Junior High School (SMP) manage hybrid learning during the COVID-19 pandemic. This study uses a qualitative case study approach with observation, interviews, and documentation data collection techniques. The researcher concluded that the implementation of hybrid learning during the pandemic at Satya Dharma Middle School was carried out with good planning and the support of the facilities and infrastructure needed, both online and offline. Each has weaknesses due to limited student attendance, students' ability to use information technology, and parental support financially and motivationally.

References

Adhar, Jamaludin dan Wardana, (2019) Belajar dan Pembelajaran, Sulawesi Selatan; CV Kaffah Learning Center

Batubara, Hamdan Husein, (2018). Pembelajaran Berbasis WEB dengan Moodle Versi 3.4. Yogyakarta: CV Budi Utama

Beni Hari Firmansyah, (2015). Pengembangan Blended Learning Berbasis Schoology”. Retrieved from https://www.academia.edu, 16 September 2021

Dewi Salma Prawiradilaga, (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan (cetakan kedua)”, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Fauzan, Fatkhul Arifin (2017, 18 Mei) Seminar Nasional “Profesionalisme Guru Di Era Digital”, dipresentasikan di Ruang Teater mahmud Yunus Lt. 3 Gd. FTIK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Istiningsih, Siti dan Hasbullah, (2015). Trend Strategi Pembelajaran Masa Depan. Jurnal Elemen

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95-115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Saat, Sulaiman (2015). Faktor-faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8 No.2

Surat Edaran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)

Published

2022-06-30

How to Cite

Dewanto, S. E., & Umam, K. (2022). Penerapan Hybrid Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Tengah Pandemi Covid-19. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 14-28. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i1.323