METODE PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM KITAB TA’LĪMAL-MUTA’ALLIM UNTUK MENGEMBANGKAN AKHLAQ SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SHIDIQIYAH GILIMANUK BALI

Authors

  •   Firman Aulia Ramadhan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Roby Fathan Alifiansyah UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.370
 

Keywords:

Character Value, Kitab Ta'limal-Muta'alim, Santri's Character

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penanaman nilai karakter dalam kitab Ta’limal Muta’alim untuk mengembangkan akhlak Santri di pondok Pesantren As-Shidiqiyah Gilimanuk Bali.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Model analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model interkatifMilles, Huberman dan Saldana J 2014. Dengan langkah-langkah kondensasi data display data dan verivikasi data. Teknik analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Sedangkan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.    

Hasil Penelitian di Pondok Pesantren As-Shidiqiyah Gilimanuk bali yaitu (1) Internalisasi Nilai Ikhlas yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līmal-Muta‘llim disertai dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, baik para guru, pengurus pondok dan juga para pemangku pesantren. (2) Internalisasi Nilai Tawaddu’ yaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līmal-Muta‘llim disertai dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, baik para guru, pengurus pondok dan juga para pemangku pesantren. (3) Internalisasi Nilai Disiplin di Pondok Pesantren As-Shidiqiyah Gilimanuk baliyaitu dengan proses belajar mengajar kitab Ta’līmal-Muta‘llim dengan pemberian nasehat, pembiasaan dan keteladanan, pengawasan dan pemberian sanksi (punishment).

This study aims to determine the method of instilling character values in the Ta'limal Muta'alim book to develop the morals of Santri at the As-Shidiqiyah Islamic Boarding School in Gilimanuk Bali.

This research is a qualitative research with the type of phenomenology. The data analysis model used in this study is the interactive model of Milles, Huberman and Saldana J 2014. With the steps of data condensation, display data and data verification. Data analysis technique using descriptive qualitative. While the validity of the data in this study used triangulation of sources and techniques.

The results of the research at the As-Shidiqiyah Islamic Boarding School Gilimanuk Bali are (1) Internalization of the Value of Ikhlas, namely the teaching and learning process of the Ta'līm al-Muta'llim book accompanied by the provision of advice, habituation and example, both teachers, boarding school administrators and also stakeholders boarding school. (2) Internalization of Tawaddu' Values, namely the teaching and learning process of the Ta'līm al-Muta'llim book accompanied by the provision of advice, habituation and example, both for teachers, boarding school administrators and also pesantren stakeholders. (3) Internalization of Discipline Values ​​at the As-Shidiqiyah Islamic Boarding School Gilimanuk Bali, namely the teaching and learning process of the Ta'līm al-Muta'llim book by giving advice, habituation and example, supervision and sanctions (punishment).

 

Keyword: character value, kitab ta'limal-muta'alim, santri's character

References

Abdillah, Abu Ismail. 1998. Dum al-KalāmwaAhlihi. Madinah: Maktabahal-Ulūmwaal-Hikam.

Akhyar, Yundri. 2008. Metode Belajar Dalam Kitab Ta‘līmal-Muta‘allīmTharīqaal-Ta‘allum (Telaah Pemikiran Tarbiyahal-Zarnūjī), Jurnal al-Fikra Vol.7 No.2, Riau: UIN. Sultan Syarif Kasim Riau

Ali Sabana Mudzakir, 2017. Pengaruh Pembelajaran Kitab Ta’limal-Muta’allimterhadap Pembentukan Karakter dan belajar santri, Jurnal Ilmiah Al-Jauhari: Vol.2 No.1. Gorontalo: IAIN Sultan Amai.

Aliyyah,2019. Analisis Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limal-Muta’allimdan Kitab BidāyatulHidāyah serta Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Al-Asfahani, Abu Nu’aim. Hilyātal-Auliyā’ waThabaqātual-Ashfiyā’, Vol.3. Surabaya: Mahkota.tt.

Asy’ari, Muhammad Hasyim. Adābal-‘ālim waal-Muta‘allīm. Jombang: Maktabah Turātsal-Islāmī.

Al-Bantānī, Shaikh Muhammad Ibn ‘Umar al-Nawāwī. Tanqīhual-Qoulal-Hadīth. Surabaya: Nurul Huda.tt.

Dariyanto, Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo tt

Dermawan, Andy. 2016. Internalisasi Core Values Panca Jiwa Pondok Sebagai Budaya Organisasi (Studi di Pesantren Putri Al-Mawaddah, Coper, Ponorogo) Jurnal MD.

Djamal, M. 2018. Metode Hukuman Dalam perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Al-Ghazali: Vol.01 No.1 (Purworejo: STAINU Purworejo

Elmubarok, Zaim. 2013. Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammad ibn Muhammad. 2021. Ayyuha al–Walad. Semarang: Maktabah Turmusy

Al-Ghazali, Abu Hamid Muhammadibn Muhammad. Ihyā’ ‘Ulūmal-Dīn. Beirūt: Dāral-Ma’rifah. Tt.

Al Ghazālī, Abu Hamid Muhammad. 1993. Mukhtasōr Ihyā ‘Ulūmiddīn. Beirūt: Dāral-Fikr.

Helly P. Soetjipto, Sri Mulyantini Soetjipto. 2015. Riset Pendidikan (Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Heri, Gunawan. 2014. Pendidikan Karakter Konsep & Implementasi. Bandung: Alfabeta

Huberman, A. Michael dan Mattew B. Miles. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Hudan Muhdlari Shofa, 2018. Implementasi Pembelajaran Ta’līmal-Muta’allīm, Tesis, Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Husna, Nur Cholisatul. 2020. Implementasi Kitab Ta’limal-Muta’allim dalam Membentuk Etika Berbakti Kepada Orang Tua di Pondok Pesantren Bustanul Muta’allīmin Dan Manba‘ul Qur’an Pringapus Kabupaten Semarang. Salatiga: IAIN Salatiga

Ibn ‘Ala’uddin, Shadrudin Muhammad. 1997. Syarhal-‘Aqīdahal-Thahāwiyah, Vol 2. Beirut: Muassasahal-Risalah.

Ibn ‘Allan al-Shiddiqī, Muhammad. 2008. Dalīlal-Fālihīn Li ThuruqiRiyādal-Shālihīn. Kairo: SyirkahalQudds

Ibn Hanbāl, Ahmad. 1991. Musnādal-Imām Ahmad ibnHanbāl, Vol. 11, Beirūt: Dar al-Fikr

Imam al-Nawāwī, 2008 al-Arba’inal-Nawawīyah, Surabaya: Al-Miftah

Jalaluddin, 2010. Psikologi Agama, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Kholik. A. &A. Mahruddin. 2013. Konsep Adab Belajar Murid dalam Kitab Ta‘līmal-Muta‘allim. Jurnal Sosial Humaniora Vol. 4 No.1.Bogor: Universitas Djuanda.

Lickona, Thomas. 2015. CharacterMatters; Persoalan Karakter, Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas dan Kebajikan Penting Lainnya. Jakarta: PT Bumi Aksara

AlMaqdisi, Abi Abdirrahman. Nūrālaal-Darb, Vol 1: Mansyurat Da’wah.

AlMawardi, Ali ibn Muhammad ibn Habib 1985. Adābal-Dunya waal-Dīn. Beirut: Dār Iqra’

Maisarah, Suci. 2015. Konsep Pendidikan Karakter Perspektif Sheikh al-Zarnūjī dalam Kitab Ta‘līmal-Muta‘allim. Banjarmasin: IAIN Antasari Banjarmasin

Al Munawwar, Sa’id Agil Husain. 2005. Aktualisasi Nilai-nilai al-Qur'an dalam Sistem Pendidikan Islam. Ciputat: Ciputat Press

Muhakamurrohman, Ahmad. 2014. Pesantren: Santri, Kiai dan Tradisi Vol. 12 No. 2 Ibda’: Jurnal Kebudayaan Islam

Muhammad Zamhari& Ulfa Masamah, 2016. Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter dalam Ta‘līmal-Muta‘allīm Terhadap Dunia Pendidikan Modern, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, Vol.11 No.02 Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga

Mujib, Abdul. Kepribadian dalam Psikologi Islam, 2006. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Nahlawi, Abudrrahman. 1995. Prinsip-prinsip dan Metode; Dalam Keluarga, di Sekolah dan di Masyarakat. Bandung: CV Diponegoro.

Al-Nawawi. 2013. Al arba’in Nawawi. Surabaya: Menara Kudus.

Noer Aly, Hery. 1999. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Permendikbud RI Nomor 20 tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal

Qardawi, Yusuf. 1996. Ikhlas Sumber Kekuatan Islam. Jakarta: Gema Insani.

Ramayulis. 2005. Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Sodiman, 2013. Etos Belajar dalam Kitab Ta’limal-Muta’allim Karya Imam al-Zarnūjī, Jurnal Al-Ta’dīb Vol.6 No.2 Kendari: STAIN Sultan Qaimuddin Kendari)

Sukino. 2018. Konsep Sabar dalam Al-Quran dan Kontekstualisasinya dalam Tujuan Hidup Manusia Melalui Pendidikan Vol.I No.1. Pontianak: Jurnal Ruhama.

Sumanto. 2014. Psikologi Umum. Yogyakarta: Center ofAcademicPublishing Service

Sutisna, Oteng. 2013, Administrasi Pendidikan Bandung: Angkasa

Suyadi. 2013. Strategi Pemebelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

TjatjukSiswandoko, Darsono. 2011. Manajemen Sumber Daya manusia Abad 21. Jakarta: Nusantara Consulting.

Undang-undang (UU) Nomor 18 tahun 2019 tentang Pesantren.

Widodo, Sugiarto. 2019. Implementasi Nilai-nilai Kitab Ta’limal-Muta’allim pada Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Darus Syafa’ah. Lampung: IAIN Metro Lampung.

Al Yamani, Al Husain bin Manshur. Adābal ‘ulamā’ waal-Muta‘allimīn, Vol 1. ___:Al-Warraq.tt.

Al-Zarnūjī. 2011. Ta‘līmal-Muta‘allim. Surabaya: Al-Haromain

Zaenul Fitri, Agus. 2012. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Published

2023-07-03

How to Cite

Ramadhan, F. A. ., & Alifiansyah, R. F. . (2023). METODE PENANAMAN NILAI KARAKTER DALAM KITAB TA’LĪMAL-MUTA’ALLIM UNTUK MENGEMBANGKAN AKHLAQ SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SHIDIQIYAH GILIMANUK BALI. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1-12. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.370