Implementasi Program BTA Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam STKIP Nurul Huda Sukaraja
DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v3i2.410Keywords:
penerapan baca tulis al-Qur’an, faktor penghambat dan pendukung, tingkat keberhasilan., V, Implementation, Level of Success, Read and Write Al-Qur'anAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan program BTA di prodi PAI STKIP Nurul Huda Sukaraja, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program baca tulis Al-Qur'an di STKIP Nurul Huda Prodi Pendidikan Agama Islam Sukaraja, untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program baca tulis Al-Qur'an di Program Studi Pendidikan Agama Islam STKIP Nurul Huda Sukaraja.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana dalam proses pengumpulan datanya penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif, yaitu berupa data tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Dalam hal ini peneliti berusaha untuk melakukan penelitian berupa gambaran yang menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Mengenai hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program membaca dan menulis Al-Qur'an di program studi Pendidikan Islam STKIP Nurul Huda Sukaraja tahun ajaran 2019 kurang baik, meskipun didukung oleh dosen dengan pendidikan tinggi. Latar belakang alumni Pondok Pesantren yang tidak diragukan lagi tingkat profesionalismenya dalam mengajar dan membimbing. Dalam prakteknya, metode yang digunakan sesuai dengan kompetensi siswa yaitu metode Iqro' yang terkadang muncul pada metode lain seperti metode an-Nahdliyah. Hanya saja kondisi santri yang sedang beranjak dewasa membuat sangat sulit berbicara makhroj dan sifatnya. Dengan terselenggaranya program yang terkendala dan terbantu oleh faktor-faktor tersebut, maka program baca tulis Al-Qur'an pada prodi PAI semester genap tahun ajaran 2019 di STKIP Nurul Huda Sukaraja memiliki tingkat keberhasilan pada akhir tahun pelajaran semester tersebut sebanyak 45% mahasiswa yang lulus, dengan rincian 34 mahasiswa yang lulus dari 70 mahasiswa peserta.
This study's objective was to describe how the BTA program was implemented in the STKIP Nurul Huda Sukaraja Islamic Education study program, the execution of the Qur'an reading and writing program in the STKIP Nurul Huda Sukaraja Islamic Education study program to identify the facilitating and impeding variables, to evaluate the degree of the Qur'an reading and writing program's execution in the STKIP Nurul Huda Sukaraja Islamic Religious Education course curriculum. This study is a qualitative one, and the author used methods including observation, interviews, and documentation to gather data. The author employs qualitative data analysis methodologies for the analysis, namely using written or oral data from people or observed behavior. In this instance, the researcher aims to do study in the form of an in-depth account of the current circumstances. Based on the study's findings, it can be stated that the STKIP Nurul Huda Sukaraja PAI Program, execution of the Qur'an reading and writing program is not good. Although it is backed by professors with educational credentials from graduates of the Islamic Boarding School who have no reservations about their ability to teach and mentor. In actual practice, the Iqro' method—which occasionally emerges on other ways like the an-Nahdliyah method—is applied in line with the student's competency. It's only that pupils' current conditions make it exceedingly challenging to speak Makhroj and Character. With variables assisting and hindering the program's implementation. At the completion of the even semester of the 2019 academic year at STKIP Nurul Huda Sukaraja, the Al-Qur'an reading and writing program had a success rate accounting for 45% of students who graduated, Collects details on the 34 graduates out of the 70 participants in the study.
Keywords: Implementation, Level of Success, Read and Write Al-Qur'an.
References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basthul, M B. (2018). Al-Qur’an Hidangan Segar. Kedir: Madrasah Murottilil Qur’anil Karim.
Depag RI, Al-Qur’an dan Terjemahnya (Bandung: CV. Penerbit J-ART, 2004).
Fauzi, W S. (2009). Implementasi Program BTQ (Baca Tulis Al-Qur’an)
Hakim, Taufiqul. (2004). Kamus At-Taufiq Arab-Jawa-Indonesia. Jepara: Amtsilati
Ma’had Tahfidh Yanba’ul Qur’an. (2014). Al-Qur’an Terjemah Bi Rosm Utsmani. Kudus: cv. Mubarokatan Thoyyibah.
Maulana Muhammad Bagus. (2017). Implementasi Program Tahsin Tilawah dan Tahfidz Al-Qur’an dalam Menanamkan Nilai-nila Agama Islam di SD IT Hamas Stabat, Skripsi, Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Moleong Lexy. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2002). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Nizhan, Abu. (2008). Buku Pintar Al-Qur‟an, Ciganjur: Qultum Media.
Rustaman, N. 2001. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Inperial Utama.
Syafe’I Rachmat, (2010), Ilmu Ushul Fiqih Untuk UIN, STAIN, PTAIS. Bandung: CV Pustaka Setia
STKIP Nurul Huda Sukaraja. (2018). Buku Pedoman Akademik STKIP Nurul Huda Sukaraja. Sukaraja: Percetakan dan Penerbit STKIP Nurul Huda Sukaraja
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, cv.
Wawan Sulthon Fauzi. (2009), Implementasi Program BTQ (Baca-Tulis Al-Qur’an) Dalam Meningkatkan Kemampuan baca tulis Al-Quran Siswa di SMAN O2 Batu, Skripsi, Malang: Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang
Wulandari Yuliana. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Baca Tulis Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak Islam al-Azhar 15 Surabaya. Jurnal Pendidikan Islam. 6(2): 5-6.
Zulhima. (2013). Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Darul ‘Ilmi, 1(2), 167.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2022 Bahrul Ma’arif, Feni Hania, R. Ajeng Ayu, Maida Ika Puspita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.