Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Nahdlatuth Thalabah Wuluhan Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.71Keywords:
Learning, Tahfidz al-Qur'anAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Tahfidz al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis studi kasus dengan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu perencanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an merupakan program unggulan bagi siswa jurusan Multimedia yang memiliki kemampuan dan kemauan untuk menghafal al-Qur’an. Perencanaan pembelajaran ini terdiri dari empat langkah, yaitu tujuan, bahan/materi, metode/teknik dan penilaian. Pembelajarannya dilakukan secara bertahap menggunakan metode baca simak, dengan melihat kelancaran dan ketepatan bacaannya; kemudian pelaksanaan pembelajaran Tahfidz al-Qur’an adalah untuk menjaga hafalan al-Qur’an siswa agar tetap konsisten dan terus-menerus dengan menggunakan metode baca simak antara guru dan siswa serta siswa dengan siswa, sesuai ketentuan yang telah ditetapkan; dan evaluasi pembelajaran Tahfidz al-Qur’an adalah mengevaluasi kelancaran hafalan siswa dengan cara disetorkan dihadapan guru. Pelaksanaan evaluasi ada dua macam yaitu evaluasi harian dan evaluasi triwulan atau caturwulan, dilakukan sesuai standart penilaian di raport siswa.
Kata Kunci: Pembelajaran, Tahfidz al-Qur’an
This study aims to describe the planning, implementation and evaluation of Tahfidz al-Qur'an learning. This research uses a qualitative approach, a type of case study with three data collection techniques, namely observation, interviews and documentation. Data analysis used was data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The validity of the data used is the triangulation of sources and techniques. This study concluded that the learning planning of Tahfidz al-Qur'an is a superior program for students majoring in Multimedia who have the ability and willingness to memorize the al-Qur'an. This lesson plan consists of four steps, namely objectives, materials / materials, methods / techniques and assessment. The learning is carried out in stages using the reading reading method, by observing the fluency and accuracy of the reading; then the implementation of Tahfidz al-Qur'an learning is to maintain the students' memorization of al-Qur'an so that it remains consistent and continuous by using the listening reading method between teachers and students as well as students with students, according to predetermined conditions; and evaluation of learning Tahfidz al-Qur'an is evaluating the fluency of students' memorization by depositing it in front of the teacher. There are two kinds of evaluations, namely daily evaluations and quarterly or quarterly evaluations, carried out according to standard assessments on student report cards.
Keywords: Learning, Tahfidz al-Qur'an
References
Ahmad, Nahjiah. (2015). Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Interpena.
Al-Hafidz, Ahsin W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara.
Anwar, Khoirul dan Mufti Hafiyana. (2018). “Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal al-Qur’an”. JPII. Vol.2 No.2, hal. 186.
Aquami. (2017). “Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Keterampilan Menulis Huruf Arab pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Quraniyah 8 Palembang.” JIP: Jurnal Ilmiah PGMI. Vol.3 No.1, hal 78.
Azzet, Akhmad Muhaimin. (2011). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia. Jakarta: Ar-Ruzz Media.
Chairani, Lisya dan Subandi. (2010). Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Farida, Umma. (2017). “Urgensi Tahfizh Al-Qur’an dan Strategi Pembelajarannya di Pondok Pesantren Subulussalam Demak”. Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Vol.11 No.1, hal 5.
Ferdinan. (2018). “Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Sulawesi Selatan)”. Jurnal Tarbawi. Vol. 3 No.1, hal 40.
Hani, Rosida Alifa. (2018). “Metode Perlafass Tipkas dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Modern Al Azhar Menganti-Gresik”. EDU-RELIGIA: Jurnal Keagamaan dan Pembelajarannya, Vol.1 No.(2), hal 33.
Hasunah, Umi, Alik Roichatul Jannah. (2017). “Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an pada Santri di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mahfudz Seblak Jombang”. Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1 No.2, hal 169.
Hidayah, Nurul. (2016). “Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Di Lembaga Pendidikan”. Ta’allum. Vol.04 No.01, hal 66-68.
Hitami, Munzir. (2012). Pengantar Studi Al-Qur’an: Teori dan Pendekatan. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.
Kamal, Mustofa. (2017). “Pengaruh Pelaksanaan Program Menghafal Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa”. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.6 No.2, hal 4.
Khotimah, Siti Husnul. (2019). “Pengaruh Kemampuan Menghafal Al-Qur’an dan Sikap Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika”. HIKMAH, Vol.XV No.2, hal 286.
Kusumawati, Naniek dan Endang Sri Maruti. (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Magetan: CV. AE. Media Grafika.
Lutfy, Ahmad. (2013). “Metode Tahfidz Al-Qur’an (Studi Komparatif Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Madrasah Al-Hufadzh II Gedongan Ender, Pengenan Cirebon dengan Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Terpadu Al-Hikmah Bobos, Dukupuntang Cirebon”. Holistik. Vol.14 No.2, hal 162-163.
Majid, Abdul. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Masduki, Yusron. (2018). “Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an”. Medina-Te. Vol.18 No.1, hal 19-23.
Masykuroh, Wardatur Rochmah dan Raudlatul Jannah. (2018). “Konstruksi Sosial Hafidzah Al-Qur’an Di Kabupaten Jember”. Jurnal Entitas Sosiologi. Vol.VII No.1, hal 18.
Nurdin dan Usman. (2011). Implementasi Pembelajaran. Yogyakarta: Rajawali Press.
Rauf, Abdul dan Abdul Aziz. (2004). Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Daiyah. Bandung: Syamil Cipta Media.
Rianto, Puji. (2020). Modul Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Komunikasi UII.
Rozak, Abdul dan Rosihon Anwar. (2012). Ilmu Kalam Edisi Revisi. Bandung: CV Pustaka Setia.
Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2017.
Sa’dulloh. (2017). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Sahlan, Moh. (2015). Evaluasi Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Jember: STAIN Jember Press.
Suardi, Moh. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Utama, Prasetya. (2018). Membangun Pendidikan Martabat: Pendidikan Berbasis Tahfidz Mencegah Stres dan Melejitkan Prestasi. Bandung: CV. Rasi Terbit.
Wahidi, Ridhoul dan Rofiul Wahyudi. (2019). Metode Cepat Hafal Al-Qur’an Saat Sibuk Kuliah. Yogyakarta: Semesta Hikmah.
Zuhro, Lailatuz, Mufidatus Sholikhah, Valensiana Vortunata Ari Ustoyo. (2020). “Metode Tikrari untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an di Mi Al-Huda Sidoarjo”. eL BIDAYAH: Journal of Islamic Elementary Educational, Vol.2 No.1, hal 19.