Penanaman Nilai-Nilai Karakter Religius dan Disiplin Melalui Program Tausiyah Akhlak di SMP Al-Furqan Jember
DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i1.74Keywords:
religious character, discipline character, tausiyah akhlak programAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara penanaman nilai karakter religius dan disiplin di sekolah melalui program tausiyah akhlak maka seharusnya menghasilkan pembentukan karakter religius siswa yaitu menanamkan keimanan siswa, menambah wawasan keagamaan siswa, dan melaksanakan segala sesuatunya dengan penuh tanggung jawab dan tepat waktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di SMP Al-Furqan Jember. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara menanamkan nilai karakter religius dan disiplin salah satunya melalui program tausiyah akhlak, program ini merupakan pembinaan siswa yang dipimpin oleh pemateri dari luar dan guru, dilaksanakan setiap hari Jumat setelah sholat dhuha dan materi yang disampaikan seputar akhlak. Program tersebut diimbangi dengan pembiasaan yang dilaksanakan di sekolah, karena sebagai praktek siswa. Contohnya, sebelum masuk sekolah shalat dhuha berjamaah, kegiatan kultum dan sebagainya. Oleh karena itu, tujuan membentuk karakter religius dan disiplin adalah membentuk siswa yang beriman dan melaksanakan segala sesuatunya dengan penuh tanggung jawab dan disiplin, salah satunya dengan cara mengikuti pembinaan program tausiyah akhlak.
Kata Kunci: karakter religius, karakter disiplin, program tausiyah akhlak
Abstract
This study aims to describe how to instill the values of religious character and discipline in schools through the tausiyah akhlak program, so it should result in the formation of students 'religious character, namely instilling student faith, increasing students' religious insight, and carrying out everything responsibly and on time. This research uses a descriptive qualitative approach. The location of this research is at SMP Al-Furqan Jember. The results of this study indicate that the way to instill the values of religious character and discipline is one of them through the tausiyah akhlak program, this program is a student coaching led by external speakers and teachers, carried out every Friday after the dhuha prayer and the material conveyed is about morals. The program is balanced with habituation carried out in schools, because it is a student practice. For example, before entering the dhuha prayer school in congregation, cult activities and so on. Therefore, the aim of forming religious and disciplined characters is to form students who believe and carry out everything with full responsibility and discipline, one of which is by following the tausiyah akhlak development program.
References
Aminuddin. 2002. Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Bogor:Ghala Indonesia
Anshari, M. Hafi. 1993. Pemahaman dan Pengamalan Dakwah. Surabaya:Al-Ikhlas
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pontianak: Alfabeta
Masyari, Anwar. 1990. Akhlak Al-Qur’an. Surabaya: PT. Bina Ilmu
Munir Amin, Samsul. 2009. Ilmu Dakwah. Jakarta:Amzah
Munirah. 2017. Akhlak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA. 4(2):42-43
Narwanti, Sri. 2014. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Familia
Nurwahidah, alimuddin. 2007. Konsep Dakwah Dalam Islam. Hunafa. (01):75
Pimay, Awaluddin . 2005. Pendidikan Dakwah. Semarang: Rasail
Pirol, Abdul. 2018. Komunikasi dan Dakwah Islam. Yogyakarta:Deepublish
Ramlah. 2015. Meretas Dakwah di Kota Palopo. Yogyakarta:Deepublish
Samani, Muchlas. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Rosdakarya Remaja
Sekretaris Negara RI, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan BAB II Pasal 3
Superfikr. 2012. Islamic Public Speaking A Powerful Secret For Powerful Muslim Public Speaker. Solo:Tinta Media
Syamsul, Rizal. 2018. Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf. Jurnal Pendidikan Islam. 7(1): 78
Syarifah, Habibah. 2015. Akhlak dan Etika Dalam Islam. Jurnal Pesona Dasar. 1(4): 73