Substansi Kurikulum Merdeka Penyangga Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII MTsN 3 Jombang

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i2.788

Keywords:

Substansi, Kurikulum Merdeka, Akhlakul Karimah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana nasib siswa kelas VII R MTsN 3 Jombang setelah menerapkan kurikulum pembelajaran otonom yang menekankan akhlakul karimah dan nilai-nilai siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif berdasarkan desain studi kasus. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data. Analisis interaktif digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa kelas VII R MTsN 3 Jombang menerapkan kurikulum mandiri yang mendukung moral karimah melalui proyek penguatan profil siswa Pancasila yang menggunakan tema-tema yang telah ditentukan terkait akhlakul karimah. Selain itu, madrasah juga telah membentuk inisiatif kesejahteraan sosial yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip siswanya. Moralitas dan perilaku siswa meningkat dengan diperkenalkannya program pembelajaran otonom di kelas VII R. Mereka telah menunjukkan kharisma moral dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

 

The purpose of this research is to find out how seventh graders at R MTsN 3 Jombang fared after implementing an autonomous learning curriculum that emphasized akhlakul karimah and student values.  This study employed a qualitative methodology based on a case study design. Observation, interviews, and documentation are the methods used for gathering data. Interactive analysis was utilized to analyze the data in this research. This study's findings reveal that seventh graders at R MTsN 3 Jombang are implementing an independent curriculum that supports the moral of karimah through Pancasila student profile strengthening projects that use predetermined themes related to akhlakul karimah. Furthermore, madrasah has also established social welfare initiatives that uphold the principles of its pupils. Students' morality and conduct improved with the introduction of the autonomous learning program in seventh grade R. They have shown moral charisma in their daily lives, both at school and beyond.

References

Ajizah, S. (2023). Wawancara.

Ana, S. A. (2023). Wawancara.

Aryanti, D. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Sebagai Upaya dalam Mengatasi Krisis Pembelajaran (Lerning Loss) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X di SMA Negeri 12 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Retrieved From http://repository.radenintan.ac.id/23772/1/COVER%20BAB%201-2%2BDAPUS.pdf.

Asmawati, H. (2023). Wawancara.

Auliya, S, A. (2023). Wawancara.

Fitriana, H. I. (2023). Wawancara.

Gade, S. (2018). Membumikan Pendidikan Akhlak Mulia. Lembaga Naskah Aceh (NASA). Retrieved From https://core.ac.uk/download/pdf/293477921.pdf.

Istiqomah, A. (2023). Wawancara.

Jasin, R, M. (2023). Wawancara.

Khaninnunajibah. (2020). Implementasi Kurikulum Akhlak Terhadap Pembentukan Akhlak Siswa Di Sekolah Alam Generasi Rabbani. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Retrieved From http://etheses.uin-malang.ac.id/22678/.

Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A. D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhrudin, A., Hamdani, & Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi. Retrieved From https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/27441/1663216595046_Pengembangan%20Kurikulum%20Merdeka%20WM.pdf?sequence=1.

Khusmiati, E. (2021). Penerapan Mobile Learning Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jombang. Universitas KH. A. Wahab Hasbullah.

Maylidia, R. (2023). Wawancara.

Rau, D. W., Rotty, V. N. J., Usoh, E. J., Lalamentik, J., & Tuerah, R. M. S. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Membentuk Karakter Peserta Didik yang Berorientasi pada Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Fakultas Ekonomi, 11(4), 870– http://journal.unigres.ac.id/index.php/GemaEkonomi/article/view/204.875. Retrieved From

Riska, N. (2023). Wawancara.

Samsudduha, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMA Negeri 1 Tanjung Jabung Timur (Vol. 4, Issue 1). UNIVERSITAS JAMBI. Retrieved From https://repository.unja.ac.id/id/eprint/46006.

Saputro, P. (2022). Memahami Arti Substansi Menurut Kamus, Ketahui Juga Pengertian Berdasarkan Berbagai Bidang. KapanLagi.com. Retrieved From https://plus.kapanlagi.com/memahami-arti-substansi-menurut-kamus-ketahui-juga-pengertian-berdasarkan-berbagai-bidang-410dfe.html#google_vignette.

Sari, L. (2023). Wawancara.

Sendari, A, A. (2021). Substansi adalah Elemen yang Paling Mendasar, Pahami Pengertiannya. Liputan 6 Retrieved From https://www.liputan6.com/hot/read/4723512/substansi-adalah-elemen-yang-paling-mendasar-pahami-pengertiannya.

Suhayib. (2016). Studi Akhlak. Sleman: KALIMEDIA. Retrieved From https://repository.uin-suska.ac.id/44831/1/Buku%20Studi%20Akhlak.pdf

Published

2024-01-26

How to Cite

Substansi Kurikulum Merdeka Penyangga Akhlakul Karimah Siswa Kelas VII MTsN 3 Jombang. (2024). AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 115-136. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i2.788