INTEGRASI BUDAYA PESANTREN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA RAUDHATUT THOLABAH JEMBER
Keywords:
Intergrasi Budaya, Pesantren, SekolahAbstract
Kemerosotan moral semakin parah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, terutama dalam konteks dunia pendidikan merupakan fakta tidak terbantahkan. Kehadiran sekolah yang mengintegrasikan budaya pesantren ditengarai oleh dua hal, pertama merosotnya moralitas generasi anak bangsa, dan kedua kegagalan pendidikan dalam melahirkan generasi yang berbudi pekerti luhur. Dengan adanya integrasi budaya pesantren disekolah diharapkan menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan apa dan bagaimana penerapan integrasi budaya pesantren di Sekolah Menengah Pertama Roudhatut Thalabah Jember. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan trianggulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian integrasi budaya pesantren di sekolah tersebut.
References
Ahmad Baedowi, dkk. (2015). Potret Pendidikan Kita (Jakarta: Pustaka Alvabet
Abdul Majid dan Dian Andayani. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Azhar, Wuradji, & Siswoyo, D. (2015). Pendidikan Kader dan Pesantren Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikas, 3(2).
Baharun, H. (2017). Total Moral Quality: a New Approach for Character Education in Pesantren. Ulumuna. 21(1).
Bali, M. M. E. I. (2017). Perguruan Tinggi Islam Berbasis Pondok Pesantren.
Al-tanzim, 1(2).
Dedi Mulyana. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
Fauzi, A. (2018). Konstruksi Model Pendidikan Pesantren: Diskursus Fundamentalisme dan Liberalisme dalam Islam. Jurnal Al-Tahrir, 18(1)
Gugunel‐Guyanie. (2010) Resolusi Jihad Paling Syar’i, Yogjakarta:PustakaPesantren
Haidar Putra Daulay. ( 2004) , Pendidikan Islam, dalam Sistem Pendidikan Nasional Indonesia, Jakarta: Kencana.
Haidar Putra Daulay. ( 2001). Historisitas dan Eksistensi Pesantren dan Madrasah, (Yogyakarta: Tiara Wacana,)
Herlina, H., & Kosasih, A. (2016).Penanggulangan Kenakalan Remaja di SMP Daarut Tauhid Boarding School. Jurnal Sosietas. 6 (2).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP. (2016) Laporan Monitoring dan EvaluasiProgram Sekolah Berbasis Pesantren, Jakarta: KEMENDIKDASMEN.
Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter dalam Islam: Pemikiran Al-Ghazali tentang Pendidikan Karakter Anak Berbasis Akhlaq al-Karimah. Tadrib, 3(2)
Koentjaraningrat. (1976). Kebudayaan, Mentalitet dan Pembangunan (Jakarta: Gramedia.
Lexy J. Moleong. ( 2008) .Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Rineka Cipta
M. Syaifuddien zuhriy. (2011). Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf, Jurnal Walisongo,UIN SUKA Yogyakarta Volume 19, Nomor 2, November
Mastuhu, (1994). Sistem Pendidikan pesantren, INIS, Jakarta,
Nurcholis Madjid. (1997). Bilik‐bilikPesantren, Jakarta:Paramadina.
Rahmat. (2016). PAI Interdisipliner: Layanan Khusus CIBI, Kenakalan Remaja, Integrasi Imtaq dan Iptek, Pendidikan Anti Kekerasan dan Kurikulum Berbasis Karakter, Yogyakarta: Deepublish,
Said Aqil Siroj. (2006). Tasawuf sebagai Kritik Sosial: Mengedepankan Islam sebagai Inspirasi bukan Aspirasi, Bandung: Mizan.
Sudarwan Danim. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif (Bandung: Pustaka Setia
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung: Alfabeta
Tim Departemen Agama RI. (2003). Pola Pengemabangan Pondok Pesantren Jakarta: Direktorat Jenderal Kelembagaan Agama Islam
Tim Dosen PAI. ( 2016). Bunga Rampai Penelitian dalam Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Deepublish
Wahid, A. H., Muali, C., & Qodratillah, K. R. (2018). Pengembangan karakter guru dalam menghadapi demoralisasi siswa perspektif teori dramaturgi. Jurnal Mudarrisuna, 8(1)
Zamakhsyari Dhofier. (1981). Tradisi Pesantren Studi Tentang Pandangan Hidup Kiyai, Jakarta: LP3ES
Published
How to Cite
Issue
Section
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.