INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MA NURUL QORNAIN SUKOWONO JEMBER DAN MA AL-FAUZAN LABRUK LUMAJANG

Authors

  •   Imron Fauzi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Imam Syafi’i UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
 

Keywords:

Inovasi, Kurikulum, Pendidikan Keterampilan, Madrasah Aliyah

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu inovasi kurikulum pendidikan keterampilan di MA Nurul Qornain Sukowono Jember dan MA Al-Fauzan Labruk Lumajang. Jenis penelitian ini menggunakan studi multisitus, terkait dengan suatu gejala atau kejadian yang sedang berlangsung di lembaga pesantren disebut dengan (ex post facto). Hasil penelitian ini yaitu: pertama, dalam mendesain kurikulum keterampilan tersebut kedua lembaga memulai dengan analisis lingkungan (Analisis SWOT), menganalisis karakteristik madrasah. Hasil analisis karakteristik akan menjadi landasan dalam proses perumusan seluruh kebijakan di madrasah. Cara untuk mengumpulkan informasi dalam melakukan analisis madrasah yaitu: kuesioner, wawancara, FGD, dan observasi. Dalam pembelajaran keterampilan menggunakan perbandingan 30% teori dan 70% praktek. Kedua, keterampilan di MA Pesantren Terpadu Al-Fauzan Lumajang ada 4 program keterampilan yakni: Tata Busana, Teknik Pengelasan, Tata Boga, dan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Pelaksanaan keterampilan masuk pada kegiatan ekstrakurikuler. Sedangkan, di MA Plus Keterampilan Nurul Qornain Sukowono keterampilan dibagi menjadi dua jenis, yakni termasuk kegiatan intrakurikuler dan ada yang ekstrakurikuler. Keterampilan yang termasuk intrakurikuler meliputi: (1) Tata Busana; (2) Teknik Otomotif; (3) Teknik Elektronika Industri; (4) Tata Boga; dan (5) Tata Rias. Dan yang termasuk ekstrakurikuler berupa: (1) Pertanian; (2) Peternakan; dan (3) Perkebunan. Ketiga, evaluasi kurikulum keterampilan di MA Pesantren Terpadu Al-Fauzan Lumajang dan MA Plus Keterampilan Nurul Qornain Sukowono dilakukan secara internal dan eksternal.

This research aims to describe the innovation of the skills education curriculum at MA Nurul Qornain Sukowono Jember and MA Al-Fauzan Labruk Lumajang. This type of research uses a multisite study, related to a symptom or event that is currently taking place in an Islamic boarding school (i.e. ex post facto). The results of this research are: first, the two institutions designed a skills curriculum starting with an environmental analysis (SWOT analysis) and analyzing the characteristics of the madrasah. The results of the characteristic analysis will become the basis for formulating all policies in madrasas. Collecting information in madrasa analysis uses questionnaires, interviews, FGDs, and observations. In learning skills, a ratio of 30% theory and 70% practice is used. Second, skills at the Al-Fauzan Lumajang Integrated Islamic Boarding School, there are 4 skills programs, namely: Fashion Design, Welding Engineering, Catering, and Automotive Light Vehicle Engineering—implementation of entry skills in extracurricular activities. Meanwhile, at MA Plus Skills Nurul Qornain Sukowono skills are divided into two types, namely intracurricular activities and some extracurricular activities. Skills included in extracurricular activities include (1) Fashion Management; (2) Automotive Engineering; (3) Industrial Electronics Engineering; (4) Culinary Management; and (5) Cosmetology. Extracurriculars include: (1) Agriculture; (2) Livestock; and (3) Plantations. Third, the evaluation of the skills curriculum at the Al-Fauzan Lumajang Integrated Islamic Boarding School and the Nurul Qornain Sukowono Skills Plus MA is carried out internally and externally.

References

Nasution, Sarimuda, Kurikulum dan Pengajaran (Jakarta: Bumi Aksara, 1995)

Tuner, Bryan S, Sosiologi Islam: Suatu Analisa atas Tesis Sosiologi Weber (Jakarta: Rajawali, 1984)

Ainurrafiq, “Pesantren dan Pembaharuan: Arah dan Implikasi”, dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2001)

Hamalik, Oemar, Manajemen Perkembangan Kurikulum (Bandung: Rosdakarya dan UPI, 2018)

Thabarani, Imam At., Mujam Thabarani Awsath jilid 1 halaman 275, https://carihadis.com/Mujam_Thabarani_Awsath/272 diakses tanggal 12 Juli 2022 Pukul 20.21 WIB

Hamalik, Oemar, Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum (Bandung: Rosdakarya, 2008)

Idi, Abdullah, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, (Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2007)

Sugestiyadi, Bambang, Pendidikan Vokasional sebagai Investasi; Strategic Option for managing Knowledge and Innovation, (Jogjakarta; UNY Press, 2011)

The Education Sector Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP), Peningkatan Keterampilan di Madrasah Aliyah, (Jakarta: Kementerian Agama RI, 2017)

Suprayogo, Imam dan Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2003)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta, 2008)

Basrowi dan Suwandi, Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2008)

Published

2023-12-26

How to Cite

Fauzi, I., & Syafi’i, I. . (2023). INOVASI KURIKULUM PENDIDIKAN KETERAMPILAN DI MA NURUL QORNAIN SUKOWONO JEMBER DAN MA AL-FAUZAN LABRUK LUMAJANG. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(2), 183-202. Retrieved from https://al-adabiyah.uinkhas.ac.id/index.php/adabiyah/article/view/898