PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 LUMAJANG
DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.922Keywords:
Learning Outcomes, Regression, Self Efficacy, Self EsteemAbstract
Sebuah pembelajaran dapat dikatakan berhasil ketika peserta didik dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Namun, kondisi psikologis setiap orang tentu akan berdampak pada tindakannya dalam kehidupannya sehari-hari, termasuk dalam proses pembelajaran. Self Efficacy merupakan sebuah kepercayaan diri seseorang dalam menggapai tujuan tersebut. Sedangkan Self Esteem merupakan sebuah pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri, baik dari segi kemampuan maupun rasa berharga yang ada dalam dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas: apakah terdapat pengaruh Self Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Lumajang? Dan apakah terdapat pengaruh Self Esteem terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Lumajang? Dengan menggunakan metode kuantitatif-asosiatif, penelitian ini dapat mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun instrumen pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner (angket) dan dokumentasi untuk memperoleh data primer. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Lumajang pada kelas X dan kelas XI. Diperoleh model regresi: . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara Self Efficacy dan Self Esteem secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Lumajang pada Mata pelajaran PAI. Self efficacy berkontribusi sebesar 14% dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Sementara Self Esteem berkontribusi sebesar 4,2% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Meskipun demikian, dapat dipahami bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Self Efficacy dan Self Esteem terhadap hasil belajar walau sifatnya lemah atau bernilai rendah.
A learning process can be considered successful when students achieve the predetermined objectives. However, the psychological condition of each individual will certainly impact their actions in daily life, including in the learning process. Self-efficacy refers to an individual's confidence in achieving these goals, while self-esteem refers to a person's perception of themselves, both in terms of their abilities and the sense of worth they have within themselves. This study aims to examine: whether there is an influence of self-efficacy on student learning outcomes in Religious Education (PAI) at SMA Negeri 2 Lumajang? And whether there is an influence of self-esteem on student learning outcomes in Religious Education at SMA Negeri 2 Lumajang? Using a quantitative-associative method, this research can determine the relationship between two or more variables. The data collection instruments include distributing questionnaires (surveys) and documentation to obtain primary data. The research subjects are students of SMA Negeri 2 Lumajang in the 10th and 11th grades. The regression model obtained is; . The results of the study indicate that there is a significant positive effect of both self-efficacy and self-esteem, either simultaneously (together) or partially, on student learning outcomes in Religious Education at SMA Negeri 2 Lumajang. Self-efficacy contributes 14% in influencing student learning outcomes, while self-esteem contributes 4.2%. However, it can be understood that there is a significant positive effect between self-efficacy and self-esteem on learning outcomes, even though the effect is relatively weak or of low value.
References
Hidayat, A., & Perdana, F. J. (2019). Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 1.
Indriyani, J., Kusniawati, A., & Kader, M. A. (2021). Pengaruh Self Esteem dan Self Efficacy terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus pada Pegawai RSUD Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 54.
Kementerian Keuangan. (2023, Maret 29). Memahami Bela Negara di Era Society 5.0. Dipetik Januari 2024, dari Kementerian Keuangan RI: https://djpb.kemenkeu.go.id/kppn/lubuksikaping/id/data- publikasi/artikel/3100-memahami-bela-negara-di-era-society-5.0.html
Pancarani, I. A. (2021, Januari 16). Pengaruh Media Sosial terhadap Rasa Insecure dan Kepercayaan Diri pada Remaja. Dipetik Januari 2024, dari Kumparan: https://kumparan.com/irischauna/pengaruh-media-sosial-terhadap-rasa-insecure-dan-kepercayaan- diri-pada-remaja-1uzNPZUbjdN
Rony. (2021). Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah terhadap Pembentuka Karakter Peserta Didik. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 99.
Subekti, G. M., & Kurniawan, R. Y. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning, Self Efficacy, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMANISDA. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JURKAMI), 7(2), 110.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yokoyama, S. (2019). Academic Self-Efficacy and Academic Performance in Online Learning: A Mini Review. Frontiers in Psychology, 9(2).
Zahro, D. A., & Dewi, D. K. (2022). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Prestasi Belajar Siswa di SMA X. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(3), 142.
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Suwari, Nur Hidayah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.