PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL: UPAYA MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DI KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.927Keywords:
development of learning media, digital learning media, critical thinking, university students, educational innovation, educational technologyAbstract
Penelitian ini berfokus pada pengembangan media pembelajaran digital berbasis Padlet sebagai upaya inovatif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis (critical thinking) di kalangan mahasiswa. Di era digital yang menuntut penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, media pembelajaran interaktif seperti Padlet menawarkan solusi untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan partisipatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai proses pengembangan, kualitas, dan efektivitas media pembelajaran digital Padlet dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran digital Padlet yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran, serta berpotensi memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Pengembangan media ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran berbasis digital yang interaktif, kreatif, dan inovatif.
This research focuses on the development of digital learning media based on Padlet as an innovative effort to improve critical thinking skills among university students. In the digital era that demands mastery of information and communication technology, interactive learning media like Padlet offers a solution to create a more engaging and participatory learning experience. The study aims to answer questions regarding the development process, quality, and effectiveness of Padlet-based digital learning media in enhancing the critical thinking abilities of students at Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah. The research method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The results show that the developed Padlet digital learning media is feasible and effective for use in learning and has the potential to make a significant contribution to improving the quality of education and students' critical thinking skills. This media development is expected to become an alternative in interactive, creative, and innovative digital-based learning
References
Aeniyatul. (2019). Metoda Penelitian. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3, 1–9.
Alghozi, A. A., Salsabila, U. H., Sari, S. R., Astuti, R. T., & Sulistyowati, H. (2021). Anwaru, Penggunaan Platform Padlet sebagai Media Pembelajaran Daring pada Perkuliahan Teknologi Pendidikan Islam di Masa Pandemi Covid-19., 1(1), 137–152. https://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.52
Awal Pratama, R., & Mustaqim, A. (2024). Peningkatan Keterampilan 4C Mahasiswa Pai Melalui Model Project Based Learning. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 4(1), 40. https://jurnalannur.ac.id/index.php/QuranicEdu
Aziz, A., & Zakir, S. (2022). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan: Tantangan dan PeluangPembelajaran Digital di Sekolah Dasar. Indonesian Research Journal on Education : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 1030–1037.
Azmi, S. A., Junaidi, J., Sripatmi, S., & Wahidaturrahmi, W. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 6(1), 384–399. https://doi.org/10.29303/jm.v6i1.7267
Bokori, N. A. S., Uloli, R., Payu, C. S., Ntobuo, N. E., Gede, D., Setiawan, E., Studi, P., Fisika, P., & Gorontalo, U. N. (2024). Development of Interactive Learning Media Assisted by Padlet to Improve Concept Understanding on Regular Circular Motion Material in Class XI. Kasuari: Physics Education Journal (KPEJ), 7(1), 159–171. http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/kpej
Budi Santoso, R. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran digital padlet sebagai solusi pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 478–485. https://doi.org/10.55904/educenter.v1i5.166
Desa, M., Serai, P., & Perspektif, L. (2022). Pengalaman Guru Dalam Memakai Kerjasama Kreatif Meeyelenggarakan Pembelajaran Berbasisi Digital 1. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1483–1490.
Dewi, I., Siregar, H., Agustia, A., & Dewantara, K. H. (2024). Implementasi Case Method Berbasis Pembelajaran Proyek Kolaboratif terhadap Kemampuan Kolaborasi Mahasiswa Pendidikan Matematika Pendahuluan Di era modern ini , kolaborasi menjadi keterampilan krusial yang perlu dimiliki setiap individu . Bersama dengan ke. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 09(September), 261–276.
Efriyani, Y. (2022). Pengembangan instrumen penilaian sikap peduli lingkungan siswa sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 10(2), 157–166. https://doi.org/10.30738/wd.v10i2.11177
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Gunartha, I. W., Widiasri, D. A., & Agung Ekasriadi, I. A. (2024). Asesmen dan Pembembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis HOTS:Upaya Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Era DigitalAbad Ke-21. SANDIBASA II (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(1), 109–125.
Hasanah, M., Darojatul Umariyah, A., Nikmah, I., Yudha, S., Basuki, R., & Widodo, J. P. (2024). Inovasi Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Padlet Untuk Pengajar SDN Dukuhsari 1. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(3), 154–160.
Ibrahim Maulana Syahid, Nur Annisa Istiqomah, & Azwary, K. (2024). Model Addie Dan Assure Dalam Pengembangan Media Pembelajaran. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(5), 258–268. https://doi.org/10.62504/jimr469
Kaniawati, E., Mardani, M. E. M., Lestari, S. N., Nurmilah, U., & Setiawan, U. (2023). Evaluasi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 18–32.
Kerruish, E. (2025). Critical thinking in higher education: taking Stiegler’s counsel on the digital milieu. Pedagogy, Culture and Society, 33(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/14681366.2023.2183983
Kumara, F. R., & Dewangga, M. T. S. (2024). Peranan penggunaan model pembelajaran e-learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Academy of Education Journal, 15(1), 288–292. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2164
Lestari, F. I., Fadillah, & Suratman, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Untuk Materi Aplikasi Presentasi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–13.
Majidi, M. W., Norhidayah, S., & Azis, A. (2024). Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 03(02), 1–16.
Milanda, R. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar (Analisis Deskriptif Kualitatif dengan Teknik Studi Pustaka). In Universitas Pasundan.
Morello, L. T. (2024). Development and Validation of the Skills Self-Efficacy Scale for Adolescents (SSES-A): A Formative Measure of Problem-Solving, Communication, Creativity, Collaboration, and Critical thinking. UNIVERSITY OF BRIDGEPORT.
Nuralim,Rizky. (2023). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dalam Mengatasi Kepercayaan Masyarakat Pada Bank Syariah Indonesia. Musytari, 3(1).
Nurlang, N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Padlet pada Materi Relasi dan Fungsi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik SMP Negeri 5 Palopo.
Patrisius Liber, Loris Loris, Joni Joni, & Mozes Lawalata. (2024). Pentingnya Pemahaman Logika dalam Berpikir kiritis. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(2), 268–277. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i2.973
Putra, G. S., Maulana, I. I., Chayo, A. D., Haekal, M. I., & Syaharani, R. (2024). Pengukuran Efektivitas Platform E-learning dalam Pembelajaran Teknik Informatika di Era Digital. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 3(1), 19–29. https://doi.org/10.33050/mentari.v3i1.559
Putri, F. (2025). Pemanfaatan Web Padlet Untuk Membuat Lembar Refleksi Peserta Didik Melalui Gaya 4C Dan Round Robin Dalam Pembelajaran Kimia Di SMAS Darussa’adah Teupin Raya. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
Rahmawati, D., & Rahmawati, F. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Berbantuan Multimedia Padlet Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2429–2441. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6827
Resti, R., Wati, R. A., Ma’Arif, S., & Syarifuddin, S. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sebagai Alat Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar. Al Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(3), 1145. https://doi.org/10.35931/am.v8i3.3563
Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 1 Medan. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 4(1), 29–32. https://doi.org/10.54371/ainj.v4i1.234
Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Journal Of Information Systems And Management, 03(01), 1–5.
Rustamana, A., Hasna Sahl, K., Ardianti, D., Hisyam, A., Solihin, S., Sultan, U., Tirtayasa, A., Raya, J., No, C., & Banten, S. (2024). Developing a Gamified Digital Learning Media to Cultivate Singing Skills for Junior High School Students. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(3), 60–69. https://doi.org/10.61132/bima.v2i3.1014
Sanuhung, F., Salsabila, U. H., Abd Wahab, J., Amalia, M., & Rimadhani, M. I. (2022). Pengunaan Aplikasi Padlet Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Teknologi Pendidikan (Studi Kasus Universitas Ahmad Dahlan). Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 20. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1352
Sari, M., Elvira, D. N., Aprilia, N., Dwi R, S. F., & Aurelita M, N. (2024). Media Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Warta Dharmawangsa, 18(1), 205–218. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4266
Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1043%0Ahttp://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/download/1043/724
Suci, S. I. S., Rusnita Dewi, H., & Zainuddin, Z. (2024). Media Pembelajaran Matematika Komik Peluang (Kolang) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 9(1), 102–111. https://doi.org/10.52060/mp.v9i1.1998
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1st ed.). Alfabeta.
Suharnita, E., Armis, A., & Anggraini, R. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbantuan Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 3(1), 11–26. https://doi.org/10.15408/ajme.v3i1.20226
Sukmayadi, T., Maarif, M., Fitri, H. R., Dewi, A. K., Merkuri, Y. G., & Haryanti, A. N. (2024). Membangun Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa melalui Literasi Kewarganegaraan di Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 245–256. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i2.9388
Susanto. (2025). Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi4C (Communication,Collaboration, Critical thinking dan Creative Thinking) untuk Menyongsong EraAbad21. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 4(1), 231–242. https://doi.org/10.30997/qh.v5i2.1926
Syainatunnisa*, S., Putra, A. P., & Fauzan, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Padlet pada Pembelajaran Sejarah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 429–436. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30027
Wijayanti, R., & Waitaby, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 5(1), 135–143. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Wulandari, Sutimin, L. A., & Santosa, E. B. (2024). Developing a Gamified Digital Learning Media to Cultivate Singing Skills for Junior High School Students. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 26(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jtp.v26i1.43936
Yanuar, R. N., Suhada, I., & Maryanti, S. (2023). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning berbantu Padlet terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 242–250. https://doi.org/10.60132/jip.v1i2.69
Published
How to Cite
Issue
Section
Copyright (c) 2024 Ita Yuli Indriyani, Nurul Anam, Rofiatul Istiqomah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.