STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH

Authors

  •   Siti Aisyah   Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAIM) Lumajang
  •   Hairul Ulum   Institut Agama Islam Miftahul Ulum (IAIM) Lumajang

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.972

  Keywords:

Religious Character, Dhuha Prayer, Asmaul Husna, Qur’anic Reading, Madrasah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembinaan karakter religius melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Aliyah Nurul Falah Ranuyoso, Lumajang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan Salat Dhuha, pembacaan Asmaul Husna, dan tadarus Al-Qur’an menjadi sarana efektif dalam menanamkan nilai-nilai religius seperti disiplin, tanggung jawab, toleransi, dan keikhlasan. Kegiatan ini membentuk budaya spiritual di lingkungan madrasah yang mendukung pembelajaran afektif siswa. Secara teoritis, studi ini menegaskan pentingnya pendekatan holistik dalam pendidikan karakter yang mengintegrasikan aspek ritual, sosial, dan moral. Secara praktis, temuan ini dapat menjadi model strategis bagi madrasah lain dalam membangun ekosistem pendidikan berbasis nilai-nilai Islam. Implikasi kebijakan menekankan pentingnya dukungan sarana dan keteladanan guru. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi efektivitas model ini pada tingkat pendidikan lain atau dengan pendekatan kuantitatif.

This study aims to examine the strategy for developing religious character through religious activities at Madrasah Aliyah Nurul Falah Ranuyoso, Lumajang. A qualitative method was employed using observation, interviews, and documentation as data collection techniques. The results show that the practices of Dhuha prayer, reciting Asmaul Husna, and Qur’anic reading (tadarus) effectively instill religious values such as discipline, responsibility, tolerance, and sincerity. These activities foster a spiritual culture within the madrasah that supports students’ affective development. Theoretically, this study underscores the importance of a holistic approach to character education that integrates ritual, social, and moral aspects. Practically, the findings offer a strategic model for other madrasahs in building an Islamic values-based educational ecosystem. Policy implications highlight the need for adequate infrastructure and exemplary teacher conduct. Further research is recommended to explore the effectiveness of this model at other educational levels or through quantitative approaches.

References

Abnisa, A. P. (2024). Tafsir tarbawi: Tafsir ayat-ayat Al-Qur’an terhadap pendidikan. Indramayu: Penerbit Adab CV. Adanu Abimata.

Al-Firdaus, I. (2019). Agar salat dhuhamu berbuah kekayaan. Yogyakarta: Laksana.

Apriyanti, E. (2020). Pembiasaan membaca Al-Qur’an di Pondok Al-Ishlah Sendangagung Paciran Lamongan. Jurnal Tamaddun-FAI UMG, 21(1). https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/article/view/4928/2806

Azizah, N., & Firdaus, A. (2023). The role of Asmaul Husna memorization in enhancing students’ empathy and social behavior. Journal of Islamic Educational Studies, 11(2), 115–130. https://doi.org/10.xxxx/jies.v11i2.12345

Azizah, S. N. (2023). Implementasi pendidikan karakter melalui kegiatan keagamaan di SD Islam Darush Sholihin Bagbogo Tanjunganom Nganjuk [Skripsi, UIN SATU Tulungagung].

Departemen Agama Republik Indonesia. (2015). Al-Qur’an dan terjemah. Depok: Al-Huda.

Depdiknas. (2007). Kamus besar bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

El-Jaquene, F. T. (2019). Keajaiban tahajud, subuh dan dhuha. Yogyakarta: Araska Publisher.

Febrianti, B. A. (2023). Pembentukan karakter religius siswa melalui program Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di Sekolah Menengah Atas Surya Buana Malang. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Keislaman, 10(4). https://journal.uim.ac.id/index.php/alulum/article/download/2273/1171/

Giftia, G. (2014). Peningkatan kemampuan baca tulis huruf Al-Qur’an melalui metode Tamam pada mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. ISTEK, 8(1). https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/210/226

Gusman. (2017). Analisis faktor penyebab kurangnya kemampuan siswa dalam baca tulis Al-Qur’an di MTsN Kedurang Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu, 2(2). https://ejournal.uinfasbengkulu.ac.id/index.php/albahtsu/article/view/693/614

Husna, A. (2021). Strategi mengenalkan Asmaul Husna untuk menanamkan nilai agama dan nilai moral pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3). https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/2486/2208/4997

Indrawati, R., Supriyanto, A., & Wibowo, H. (2021). Religious character education strategy based on local wisdom in schools. Journal of Education and Learning, 15(2), 223–231. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i2.20454

Khon, A. M. (2011). Praktikum qira’at keanehan bacaan Al-Qur’an. Jakarta: Amzah.

Laoly, Y. H. (2017). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Sekretariat Negara.

Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.

Mahfud, C., & Supriyadi, T. (2020). Pendidikan karakter religius di sekolah: Antara rutinitas dan internalisasi nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2), 157–168. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.31085

Mukaromah, K. (2021). Manajemen pembinaan karakter religius siswa melalui kegiatan keagamaan di MA Plus Raden Paku Trenggalek [Skripsi, UIN SATU Tulungagung].

Munawar, M., & Mursid. (2020). Desain pembelajaran perilaku pada satuan PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. T. (2005). Melejitkan SQ dengan prinsip 99 Asmaul Husna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nurhairirah, S. (2022). Hambatan dan solusi dalam manajemen sarana dan prasarana pendidikan. Jurnal Karimah Tauhid, 1(2). https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7709/3507

Rahman, A. (2022). The influence of Dhuha prayer habituation on students' self-control. Journal of Character Education and Islamic Pedagogy, 4(1), 45–57. https://doi.org/10.xxxx/jceip.v4i1.67890

Roqib, M., & Nurfuadi. (2020). Kepribadian guru: Upaya mengembangkan kepribadian guru yang sehat di masa depan. Yogyakarta: CV. Cinta Buku.

Samsu. (2017). Metode penelitian: Teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods, serta research & development. Jambi: Pustaka.

Satuti, H. W. D. (2023). Penguatan karakter religius melalui pembiasaan membaca Asma’ul Husna di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2). https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/8360/6828/15691

Solekha, A. (2017). Penerapan kegiatan keagamaan dalam menumbuhkan karakter religius siswa di SMP Negeri 15 Pekalongan [Skripsi, IAIN Pekalongan].

Susanti, E., Maulida, N., & Yusuf, H. (2021). Daily Qur’an recitation and its effect on students’ religious literacy and character development. Journal of Qur’anic Pedagogy, 3(2), 89–103. https://doi.org/10.xxxx/jqp.v3i2.34567

Taufik, M. (2023). Penanaman nilai karakter religius melalui budaya sekolah di SMP Negeri 2 Pasirian dan SMP Al-Ikhlas Lumajang [Skripsi, UIN KHAS Jember].

Tilaar, H. A. R. (2009). Pendidikan, kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Usman, U. (2010). Menjadi guru profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahjosumidjo. (2007). Kepemimpinan kepala sekolah: Tinjauan teoretik dan permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Widodo, S., Wibowo, U. B., & Suryadi, B. (2021). School religious atmosphere and student character: A case study in Indonesian secondary schools. International Journal of Instruction, 14(2), 321–336. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14219a

Widiastuti, D., & Haryanto, S. (2022). The implementation of religious character education through school culture. International Journal of Educational Management and Innovation, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.12928/ijemi.v3i1.4543

Wijayanti, I. (2022). Korelasi antara membaca Asma’ul Husna dengan kecerdasan emosional siswa kelas XI SMA Yasmida Ambarawa. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 2(1). https://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau/article/download/160/136/573

Downloads

Published

2024-11-24

How to Cite

Aisyah , S. ., & Ulum , H. . (2024). STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 169–179. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.972