Metode Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dayeuhmanggung Kabupaten Garut

Authors

  • Ahmad Jaelani Program Studi PAI, FPIK Universitas Garut
  • Yasya Fauzan Wakila Program Studi PAI, FPIK Universitas Garut
  • Devi Nur Dianah Program Studi PAI, FPIK Universitas Garut
  • Krisandi Agis S Program Studi PAI, FPIK Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.1

Keywords:

 fiqh, method development, teaching and learning

Abstract

Selama ini fiqih diajarkan dengan metode yang relatif konvensional. Artinya, proses belajar mengajar dilakukan dengan cara penyampaian materi, dilanjutkan dengan menghafal dan praktik, sehingga bagi sebagian siswa terkesan monoton dan membosankan. Tidak jarang pula, karena alasan mengejar target kurikulum, para pendidik membebani siswa dengan materi yang begitu banyak tanpa memperdulikan apakah siswa telah benar-benar paham, tertarik dengan yang diajarkan atau tidak. Padahal suasana belajar yang monoton akan menciptakan suasana yang tidak nyaman, jenuh, bosan, bahkan bisa mengakibatkan stres. Kondisi yang tidak kondusif ini akan sangat menyulitkan untuk meningkatkan minat belajar fiqih dan tidak dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Sehingga dibutuhkan suatu upaya pengembangan metode pembelajaran fiqih yang sesuai, tepat, dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami serta mengimplementasikan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) dalam pembelajaran fiqih siswa MI Dayeuhmanggung Kabupaten Garut. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif, sumber data merupakan primer yang diperoleh dari observasi dan hasil wawancara. Hasil penelitian yang diperoleh adalah metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) dalam pembelajaran fiqih pada siswa kelas V MI Dayeuhmanggung Kabupaten Garut dilaksanakan dengan baik, optimal dan efektif sehingga sikap minat belajar siswa meningkat.

Kata Kunci: belajar mengajar, fiqih, pengembangan metode

 

During this time jurisprudence (Fiqh) is taught by relatively conventional methods. That is, the teaching and learning process is carried out by means of the delivery of material, followed by memorization and practice, so that some students seem monotonous and boring. Not infrequently, for reasons of pursuing curriculum targets, educators burden students with so much material regardless of whether students really understand, are interested in what is taught or not. Though a monotonous learning atmosphere will create an uncomfortable, bored, bored, and even stressful atmosphere. Conditions that are not conducive will be very difficult to increase the interest in learning jurisprudence and cannot achieve optimal learning outcomes. So we need an effort to develop a method of learning that is appropriate, appropriate, and fun. This study aims to understand and implement the PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) method in learning fiqh of MI Dayeuhmanggung students in Garut Regency. Research is a classroom action research approach with a qualitative approach, the source of data is the primary obtained from observations and interviews. The results obtained are the PQRST (Preview, Question, Read, Summarize and Test) method in fiqh learning in fifth grade students of MI Dayeuhmanggung Garut Regency implemented properly, optimally and effectively so that the attitude of students' interest in learning increases.

Published

2020-06-17

How to Cite

Jaelani, A. ., Wakila, Y. F. ., Dianah, D. N. ., & Agis S, K. . (2020). Metode Preview, Question, Read, Summarize and Test (PQRST) dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Dayeuhmanggung Kabupaten Garut. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 49-58. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.1