PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KOLASE DARI LIMBAH PLASTIK DALAM PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  •   Elok Mufidah   Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah, Jember
  •   Nurul Anam   Universitas Islam KH. Achmad Muzakki Syah, Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.1108

  Keywords:

Collage, plastic waste, fine motor skills, early childhood education, authentic evaluation

Abstract

Perkembangan motorik halus merupakan aspek penting dalam pembelajaran dan kehidupan anak usia dini. Namun, stimulasi melalui media yang menarik dan edukatif masih terbatas, khususnya di lembaga PAUD berbasis Islam. Integrasi nilai lingkungan melalui kegiatan kolase dari limbah plastik menawarkan manfaat ganda: perkembangan motorik dan kesadaran ekologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif di RA Nurul Hidayah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara (dengan kepala sekolah, guru, dan siswa), serta dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman (reduksi, penyajian, verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran didasarkan pada teori interaksi sosial Vygotsky; (2) pelaksanaan terdiri atas tahap pembukaan, latihan koordinasi mata-tangan, dan presentasi karya; serta (3) penilaian autentik menunjukkan peningkatan signifikan pada kemandirian dan keterampilan motorik halus anak. Kegiatan kolase dari limbah plastik terbukti efektif sebagai strategi pembelajaran berkelanjutan di PAUD berbasis Islam. Penelitian ini berkontribusi dengan menggabungkan aspek pedagogis dan kesadaran lingkungan dalam satu pendekatan praktik.

Fine motor development is crucial for early childhood learning and daily life. However, stimulation through varied and engaging media remains limited in many Islamic preschool institutions. Integrating environmental education through plastic waste-based collage play offers a dual benefit: developmental and ecological. This study employed a descriptive qualitative approach at RA Nurul Hidayah. Data were gathered via observation, interviews (with teachers, principals, and students), and documentation, analyzed using Miles and Huberman’s model (reduction, display, verification). The findings revealed that (1) lesson planning was based on Vygotsky’s theory of social interaction; (2) implementation included attention-getting activities, hand-eye coordination tasks, and student presentations; and (3) authentic assessments showed significant improvement in children's independence and fine motor skills. The study demonstrates that plastic waste-based collage activities serve as an effective, sustainable, and pedagogically sound strategy in Islamic early childhood education. It contributes to the field by integrating environmental consciousness with fine motor skill development.

References

Adibah, Sarah, and Luluk Iffatur Rocmah. "Collage Innovations Enhancing Preschool Fine Motor Skills Globally." Indonesian Journal of Innovation Studies 25.2 (2024): 10-21070. https://ijins.umsida.ac.id/index.php/ijins/article/view/1095

Aisyah Sartika, N. U. R. U. L. PENGARUH PELATIHAN BERBASIS TEORI VYGOTSKY TERHADAP KOMPETENSI GURU SEBAGAI PEMBIMBING DI TAMAN KANAK-KANAK. Diss. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 2018. https://eprints.untirta.ac.id/7132/

Andarini, Diyah. "Upaya Meningkatkan Ketrampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Kelompok B TK Salafiyah Moga I Kecamatan Moga Kabupaten Pemalang Semester I Tahun 2021/2022." AUDIENSI: Jurnal Pendidikan dan Perkembangan Anak 3.1 (2024): 11-24. https://ejournal.uksw.edu/audiensi/article/view/13354

Aprillia, Elisa, Retno Wulandari, and Fahmi Fahmi. "Pengelolan pembelajaran seni rupa melalui kegiatan kolase untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini." HYPOTHESIS: Multidisciplinary Journal Of Social Sciences 2.01 (2023): 139-147. https://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/hypothesis/article/view/663

Asmara, Berda. "Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok A tk khadijah surabaya." Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini 6.1 (2020): 11-23. https://journal.um-surabaya.ac.id/Pedagogi/article/view/3624

Auliyah, Diva Dhiyaul, Sevia Rahayu Nur Habibah, and Faelasup Faelasup. "Analisis pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran." Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA) 2.3 (2024): 203-216. https://miftahul-ulum.or.id/ojs/index.php/jps/article/view/150

Dewi, Nurul Kemala, Hartono Hartono, and Muhammad Fazli Taib Bin Saearani. "Penggunaan limbah kemasan sebagai bahan untuk membuat kolase bagi guru sekolah dasar sebagai upaya pelestarian lingkungan." Jurnal Educatio FKIP UNMA 10.3 (2024). https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/8600

Diana, Ayu, and Ratna Sari. "Evaluasi Program Pendidikan." Jurnal Studi Islam Indonesia (JSII) 1.1 (2023): 157-166. https://ejournal.lapad.id/index.php/jsii/article/view/168

Etnawati, Susanti. "I Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini." Jurnal Pendidikan 22.2 (2021): 130-138. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JPN/article/view/3824

Faizah, A., Susanti, D. T., Amalia, R., & Apriansyah, A. H. (2024). Analisis Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik Kurikulum Merdeka di TK Keledang. Early Childhood Journal, 5(1), 18-27. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/ecj/article/view/4540

Fani, Noer Kholifah Moti. Strategi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Halus Melalui Media Daur Ulang Pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Ar Rahman Jakarta Selatan. BS thesis. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/83765

Fauziah, Nurul, and Devi Sintya Yuliastuty. "Peningkatan Karakter Peduli Lingkungan Terhadap Anak-Anak Kelurahan Tanjungrejo Melalui Edukasi Pemanfaatan Sampah Plastik dan Praktik Menanam." Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi 3.1 (2023): 110-116. https://jurnal.politap.ac.id/index.php/literasi/article/view/1336

Hanifah, Siti, and Euis Kurniati. "Eksplorasi Peran Lingkungan dalam Masa Transisi Pendidikan Anak Usia Dini ke Sekolah Dasar." Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 5.1 (2024): 130-142. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/kiddo/article/view/11576

Hasanah, Uswatun. "Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini." INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 23.2 (2018): 204-222. https://ejournal.uinsaizu.ac.id/index.php/insania/article/view/2291

Maryam, Siti. "Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase pada Anak Kelompok A RA Nurul Jadid." PROCEEDING: The Annual International Conference on Islamic Education. Vol. 3. No. 2. 2018. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/proceedings/article/view/289

Masdudi, Masdudi. "Konsep pembelajaran multiple intelligences bagi anak usia dini." AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 3.2 (2017): 1-27. https://www.syekhnurjati.ac.id/Jurnal/index.php/awlady/article/view/1362

Munisa, Munisa, Salma Rozana, and Wardah Syahira. "Efektivitas Media Origami Dalam Meningkatkan Motorik Halus Dan Kreativitas Anak Di TK Panca Budi Medan." Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) 7.2 (2024): 3548-3554. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jrpp/article/view/26553

Nugraha, Anggi Purwa, and Nono Mulyono. "PENGARUH PENGGUNAAN KOLASE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA SAFINATUNNAJAH BAREGBEG CIAMIS." Jurnal Intisabi 2.1 (2024): 133-145. https://journal.putragaluh.ac.id/index.php/itsb/article/view/56

Oktapiana, Rita. "Konsep Manajemen Penilaian Pendidikan Anak Usia Dini." https://www.academia.edu/128730290/Konsep_Manajemen_Penilaian_Pendidikan_Anak_Usia_Dini

Pitriani, Hani, Deni Faslah, and Imas Masitoh. "Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini." Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin 9.1 (2023): 33-38. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/Al-Muttaqin/article/view/2218

Puspiani, Dewi, Rini Purbayani, and Ani Herniawati. "Pengaruh kegiatan melipat kertas terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di RA Sabilissalam Baregbeg Ciamis." Jurnal Intisabi 2.1 (2024): 146-161. https://journal.putragaluh.ac.id/index.php/itsb/article/view/57

Putri, Saniyya, Debibik Nabilatul Fauziah, and Rina Syafrida. "Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Kolase." Early Childhood: Jurnal Pendidikan 5.2 (2021): 130-141. https://journal.umtas.ac.id/EARLYCHILDHOOD/article/view/1351

Rahayu, Citra Resmi. "Implementasi Projek Ecobrick Sebagai Pemanfaatan Sampah Plastik Di SDN Calengka." Journal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial 16.1 (2024): 66-73. https://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS/article/view/14326

Rezieka, Dara Gebrina, et al. "Memfungsikan jari jemari melalui kegiatan mozaik sebagai upaya peningkatan motorik halus anak usia dini." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.5 (2022): 4321-4334. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2501

Salsabila, Unik Hanifah. "Teori ekologi Bronfenbrenner sebagai sebuah pendekatan dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam." Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam 7.1 (2018): 139-158. https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/72

Shafwati, Siti Salwa. Upaya Guru Dalam Menanamkan Self-Esteem Anak TK Kelompok B Untuk Mencegah Perilaku Bullying di RA Darul Himmah. BS thesis. JAKARTA= FITK UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/85098

Subagia, Ni Komang Theda Febrina, Ni Made Ayu Suryaningsih, and Elizabeth Prima. "Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Gerak dan Lagu Berbasis Materi Alam." Aulad: Journal on Early Childhood 8.2 (2025): 597-514. https://www.aulad.org/aulad/article/view/920

Sukmawati, Ni Kadek, and I. Made Gede Anadhi. "Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif Media Bottle Ball dalam Menstimulasi Aspek Motorik Halus di Tk Tirta Kumara Kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar." JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 8.3 (2023): 2995-3004. https://jim.usk.ac.id/sejarah/article/view/26311

Thomas, John W. "A review of research on project-based learning." (2000).

Wakhidah, Kholifatul, and Wulan Adiarti. "Pengaruh penanaman nilai-nilai konservasi terhadap karakter peduli pada lingkungan anak usia dini." BELIA: Early Childhood Education Papers 3.2 (2014). https://journal.unnes.ac.id/sju/belia/article/view/3718

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: sebuah tinjauan teori & praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=lf7ADwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=Pendekatan+kualitatif+dipilih+karena+mampu+menggambarkan+fenomena+secara+mendalam+terkait+penerapan+kegiatan+bermain+kolase+dari+limbah+plastik+dan+dampaknya+terhadap+perkembangan+motorik+halus+anak&ots=CbRSP2SPbV&sig=TBiLOq2qg_f6TDJ-02gHe7LG2tQ&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Winarti, W., Saugi, W., Afrida, A., & Afandi, N. (2024). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kolase pada Anak RA Nurul Iman Bogor. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 115-124. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/SIPPG/article/view/9881

Downloads

Published

2024-12-28

How to Cite

Mufidah, E., & Anam, N. (2024). PENERAPAN KEGIATAN BERMAIN KOLASE DARI LIMBAH PLASTIK DALAM PENINGKATAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2), 223–237. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.1108