IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA QUR’AN METODE UMMI PADA SISWA DI SD LUKMAN HAKIM KABUPATEN JEMBER

Authors

  •   Ahmad Nur Mahfuda   Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i1.1158

  Keywords:

Implementation of Learning, Reading the Qur'an, Ummi Method

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembelajaran baca Al-Qur’an dengan metode Ummi pada siswa SD Lukman Hakim Kabupaten Jember. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan dasar yang menekankan pembelajaran baca-tulis Al-Qur’an, hafalan, serta dasar-dasar ajaran Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi metode Ummi berlangsung secara bertahap mulai dari Pra-Ummi hingga Pasca-Ummi, dan menunjukkan peningkatan kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur’an secara tartil. (2) Metode Ummi terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran yang terstruktur dan menumbuhkan motivasi internal siswa untuk mengamalkan ajaran Islam. (3) Anak-anak usia 11–13 tahun menunjukkan perkembangan signifikan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an seiring dengan pendekatan yang digunakan. Secara keseluruhan, penggunaan metode Ummi di SD Lukman Hakim berkontribusi positif terhadap mutu pembelajaran Al-Qur’an dan karakter religius siswa.

This study aims to analyze the implementation of Quran reading instruction using the Ummi method at SD Lukman Hakim, Jember Regency. The school emphasizes Quran literacy, memorization, and Islamic foundational teachings. A qualitative approach was employed through observation, interviews, and documentation. The findings show: (1) The Ummi method is implemented gradually, from Pre-Ummi to Post-Ummi stages, enhancing students’ tartil reading skills. (2) The method effectively structures the learning process and fosters students’ motivation to practice Islamic teachings. (3) Students aged 11–13 demonstrated significant progress in Quran reading ability due to the method’s structured approach. Overall, the Ummi method positively contributes to the quality of Quranic learning and students’ religious character.

References

Ahmad Munji Nasih, & Lilik Nur Kholidah. (2009). Metode dan teknik pembelajaran PAI. Bandung: Rifeka Aditama.

Ambadar, J. (2007). Mengelola merek. Jakarta: Yayasan Bina Karsa Mandiri.

Arissetyanto Nugroho, & Arijanto, A. (2015). Etika bisnis (Business ethics): Pemahaman teori secara komprehensif dan implementasinya. Bogor: IPB Press.

Arman, & Hermawan. (2018). Inovasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Bikard, M., & Stern, S. (2011). Review of The invention of enterprise: Entrepreneurship from ancient Mesopotamia to modern times. Journal of Economic Literature.

Channa, L. (2010). ‘Ulum al-Qur’an dan pembelajarannya. Surabaya: Kopertais IV Press.

Hamalik, O. (2007). Proses belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Irianto, J. (1996). Industri kecil dalam perspektif pembinaan dan pengembangan. Surabaya: Airlangga University Press.

Kurnaedi, A. Y. (2013). Tajwid lengkap Asy-Syafi’i. Jakarta: Pustaka Imam Syafi’i.

Maharjan, S. K., & Dangol, D. R. (2018). Agritourism education and research in Nepal. Agricultural Research & Technology: Open Access Journal, 14(5), 1–5.

Sadiah, M. R., & Wahidin, U. (2018). Implementasi model pembelajaran dalam memberantas buta huruf Al-Qur’an di Majelis Taklim Nurul Hikmah Kampung Situ Uncal Desa Purwasari Kecamatan Kabupaten Dramaga Bogor. Prosa PAI: Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 1(1).

Sarbini, M. (2014). Pendidikan robbani di masa Rasulullah. Bogor: Marwah Indo Media.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Mahfuda, A. N. (2024). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BACA QUR’AN METODE UMMI PADA SISWA DI SD LUKMAN HAKIM KABUPATEN JEMBER. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 36–45. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i1.1158