KONSEP KESEIMBANGAN DAN KEADILAN DALAM ASWAJA: RELEVANSI FILOSOFIS TERHADAP PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN AGAMA ISLAM

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i1.1175Keywords:
ASWAJA, Balance, Justice, Value integration, Mathematics educationAbstract
Penelitian ini merespons minimnya pemetaan operasional integrasi nilai Ahlussunnah wal Jama’ah (ASWAJA) dalam pembelajaran matematika di madrasah. Studi kualitatif berparadigma fenomenologi ini bertujuan merumuskan model integrasi konsep keseimbangan (tawazun) dan keadilan (iʿtidāl) pada Pendidikan Matematika dan Pendidikan Agama Islam (PAI). Data dikumpulkan melalui observasi kelas selama 18 jam pelajaran, wawancara mendalam terhadap 12 guru PAI dan matematika, serta analisis 24 RPP di tiga madrasah aliyah berbasis ASWAJA di Jawa Timur. Analisis tematik berbantuan NVivo menghasilkan tiga tema utama: (1) keseimbangan epistemik yang memandu pengajaran simetri dan geometri; (2) keadilan numerik yang menstrukturkan operasi pecahan dan studi kasus distribusi berbasis konteks sosial; dan (3) integrasi reflektif yang menghubungkan konsep matematika dengan hadis moderasi. Studi ini menawarkan “Model Integrasi Tawazun‑Iʿtidāl” sebagai kebaruan teoretis dengan menambahkan indikator keadilan numerik ke kerangka integrasi nilai. Implikasi praktisnya mencakup pengembangan modul tematik, pelatihan desain RPP berbasis nilai, dan evaluasi karakter moderasi siswa. Riset lanjutan direkomendasikan untuk menguji model pada jenjang MI/MTs guna menilai transferabilitasnya.
Empirical evidence on the operational integration of Ahlussunnah wal Jama’ah (ASWAJA) values into mathematics instruction is still limited. This qualitative phenomenological study aims to formulate an integration model of the ASWAJA concepts of balance (tawazun) and justice (iʿtidāl) within Mathematics Education and Islamic Religious Education (IRE). Data were obtained from 18 lesson‑hours of classroom observation, in‑depth interviews with 12 mathematics and IRE teachers, and document analysis of 24 lesson plans across three ASWAJA‑oriented Islamic senior high schools in East Java, Indonesia. NVivo‑assisted thematic analysis yielded three dominant themes: (1) epistemic balance framing the teaching of symmetry and geometry; (2) numeric justice structuring fraction operations and context‑based distribution problems; and (3) reflective integration linking mathematical concepts to prophetic traditions on moderation. The study proposes an “Integrated Tawazun‑Iʿtidāl Model” as its theoretical novelty by adding numeric‑justice indicators to existing value‑integration frameworks. Practical implications include thematic teaching modules, value‑driven lesson‑plan design training, and character‑moderation assessment tools. Future research should pilot the model at elementary and junior‑high levels to examine its transferability and wider applicability.
References
Andriani, S., & Putra, R. W. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika SMP/MTs Berintegrasi Nilai-Nilai Islam. … : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. https://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/1254
Choirunnisa, A., Nurhanurawati, N., Dahlan, S., Choirudin, C., & Anwar, M. S. (2022). Development of Islamic Value-Based Mathematics Teaching Materials to Improve Students’ Understanding of Mathematical Concepts. Jurnal Analisa, 8(1), 11–20. https://doi.org/10.15575/ja.v8i1.17073
Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Crismono, P. C. (2024). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Ptk, dan Penelitian Pengembangan.
Crismono, P. C., Hudi, S., Yanuardianto, E., & Ilyas, M. (2025). Research trends in Islamic-based mathematics education: Global studies and academic collaboration networks. International Journal of Current Science Research and Review, 08(03), 1091–1105. https://doi.org/10.47191/ijcsrr/V8-i3-12
Darsyah, S. (2023). Problematika dan solusi integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains di Madrasah. Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Penddikan, 19(2), 209–219.
Fitrah, M., & Kusnadi, D. (2022). Integrasi nilai-nilai islam dalam membelajarkan matematika sebagai bentuk penguatan karakter peserta didik. Jurnal Eduscience. https://jurnal.ulb.ac.id/index.php/eduscience/article/view/2550
Hakim, M. L., Hidayat, M. T., & Sifa, Mu. (2022). Implementasi Prinsip Prinsip Aswaja Dalam Pendidikan Untuk Memperkokoh Karakter Bangsa Dan Mewujudkan Entitas Nkri. Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 10–18. https://doi.org/10.32489/alfikr.v8i1.260
Hilliyani, H. (2021). Pelaksanaan Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Pembelajaran Matematika Di Stain Gajah Putih Takengon. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2, 1. https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3138
Hudi, S. (2016). Aswaja an-Nahdiyah Sebagai Modal Sosial Dalam Mengokohkan NKRI. Al-Ashr Jurnal Pendidikan Dan Pengembangan Dasar, 1(2), 174–187.
Hudi, S. (2023). Implementasi Koping Religius Islam Ahlussunah Wal Jama ’ Ah. Jurnal Consulenza:Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 6(2), 190–202.
Imamuddin, M. (2022). Merancang Model Pembelajaran Matematika Kontekstual Islami Berbasis Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i1.4132
Imamuddin, M., & Isnaniah, I. (n.d.). Peranan Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembelajaran Matematika. … : Integration and Interconnection Islam …. https://ejournal.uin-suka.ac.id/saintek/kaunia/article/view/3975
Imamuddin, M., Isnaniah, I., Zulmuqim, Z., & ... (2020). Integrasi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Islam (Menggagas Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah). … : Jurnal Pendidikan …. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JPD/article/view/1928
Maghfiroh, Q. H. (2023). Pengembangan Pendidikan Karakter Aswaja Sebagai Strategi Deradikalisasi. AnNahdhoh Jurnal Kajian Islam Aswaja, 3, 65–73.
Marfu’ah, Crismono, P. C., & Hudi, S. (2024). Integrasi Nilai Moderasi Beragama dalam Pendidikan Agama Islam untuk Pengelolaan Lahan Pertanian Berkelanjutan. 7, 152–163.
Mu’alimin, M. (2019). Application of classroom response systems (CRS): Study to measure student learning outcome. In International Journal of Emerging Technologies …. digilib.uinkhas.ac.id. http://digilib.uinkhas.ac.id/587/1/Jurnal inter ku 2 iJET Q2 2019.pdf
Nikmah, F. (2018). Implementasi Konsep At Tawasuth Ahlus- Sunnah Wal Jama’Ah Dalam Membangun Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar (Studi Analisis Khittah Nahdlatul Ulama). Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.720
Nurjanah, M. (2022). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Matematika Di Madrasah Ibtidaiyyah. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 13(2), 38–45. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v13i2.741
Sholikhah, K., Hidayah, U., & ... (2024). Analisis Nilai-Nilai Aswaja Dalam Konteks Moderasi Beragama: Studi Kasus Di Smp Nu Simo Karanggeneng. TA’LIM: Jurnal Studi …, 7(1), 60–73. http://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/5227%0Ahttp://www.e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/download/5227/2885
Supiarmo, M. G. (2024). Internalisasi Nilai-Nilai Islam Terhadap Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Terintegrasi Al- Qur ’ an. 6(2), 123–141.
Tahir, M. T. (2021). Integrasi agama dalam pembelajaran sains di Madrasah. Jurnal Al Muta’aliyah: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(01), 19–36. https://doi.org/10.51700/jie.v7i01.151
Wibowo, A. A., Nur, M. E., & Karim, M. A. (2018). INTERNALISASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER ASWAJA (Stusi Analisis Aktivasi Nilai-nilai Keaswajaan). Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 18(2), 4–20. https://doi.org/10.32699/mq.v18i2.937
Yanuardianto, E., Wibowo, D. R., & Crismono, P. C. (2024). Innovation in Islamic Religious Education in The Digital Era for Students’ Religious Tolerance Character Building in Elementary School: An Implementation of Beyond the Wall Learning Model. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 10(2), 49–61.
Yuliandari, R. N. (2017). Pembelajaran Matematika Sebagai Media Pendidikan Karakter. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 10(1), 35–46. https://doi.org/10.18860/madrasah.v10i1.5095
Zakiyah, S., & Nugraha, M. S. (2024). Tantangan dan Peluang dalam Menjembatani Sains dan Agama di dalam Konteks Pendidikan : Sebuah Perspektif Tambahan. Hamalatul Qur’an: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, 5(2), 641–646.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Winarni, Saman Hudi, Prima Cristi Crismono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.