Peran Nahdatul Ulama dalam Mencegah Radikalisme Agama di Indonesia

Authors

  •   Ahmad Dhiyaa Ul Haqq IAIN Jember  IAIN Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.223
 

Keywords:

Nadhatul Ulama, Religious Radicalisme, Nationality

Abstract

Sejak awal kelahirannya, NU telah menyatakan diri sebagai organisasi sosial keagamaan yang memiliki visi untuk mengambil peran-peran strategis dalam rangka membela problem-problem sosial keumatan. NU adalah organisasi yang menjadikan agama, masyarakat dan negara sebagai titik pijak perjuangannya. Hal ini mendorong NU untuk memainkan berperan dalam mengawal keragaman dan keberagaman yang toleran serta menjaga persatuan diantara sesama saudara sebangsa dan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran NU dalam mencegah radikalisme agama. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan, di mana peneliti menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang menjadi objek peneliti. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa NU berperan dalam mencegah radikalisme agama dalam berbangsa dan bernegara, mengenai radikalisme bahwa paham radikal dilabelkan bagi mereka yang mengedepankan kebenaran kelompoknya sendiri. Dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi rujukan dalam merumuskan langka-langka strategis bagi semua pihak supaya selalu konsisten dalam menjaga pemahaman yang moderat, tasamuh, tawasuth dan tawazun.

Kata Kunci: Nahdlatul Ulama, Radikalisme Agama, Bangsa dan Negara

Abstract

Since its inception, NU has declared itself to be a socio-religious organization with a vision to take strategic roles in defense of social social problems. NU is an organization that makes religion, society and the state the foothold of its struggle. This encourages NU to play a role in guarding diversity and tolerant diversity and maintaining unity among fellow countrymen and countries. This study aims to determine the role of NU in preventing religious radicalism, this study uses a library method, in which researchers gather information relevant to the topic or problem that is the object of the researcher. The results of this study can be seen that NU plays a role in preventing religious radicalism in the nation and state, regarding radicalism that radicalism is labeled for those who prioritize the truth of their own groups. From this research it is expected to be a reference in formulating strategic rarities for all parties so that they are always consistent in maintaining a moderate understanding, tasamuh, tawasuth, and tawazun.

Published

2021-09-24

How to Cite

Ul Haqq, A. D. (2021). Peran Nahdatul Ulama dalam Mencegah Radikalisme Agama di Indonesia. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 104-117. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.223