Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Lectora Inspire terhadap Minat Belajar Fiqih

Authors

  •   Istaqul Kahfi UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Moh. Sutomo UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,
  •   Moh. Sahlan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.241
 

Keywords:

Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Minat Belajar, Fiqih

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan media pembelajaran Lectora Inspire terhadap minat belajar fiqih pada siswa kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang. Adapun pendekatan yang penulis gunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Kuesioner sebagai instrumen penelitian dilakukan untuk memperoleh data X dan Y dan kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi satu prediktor dengan skor deviasi. Sementara itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah36 siswa dan kemudian diambil 2 kelas sebagai sampel.Teknik analisis data menggunakan rumus ‘T-test’. Perhitungan yang digunakan adalah analisis perbandingan skor post test dari kelas kontrol dengan kelas eksprimen. Harga signifikansi perbandingan post test sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor post test kelas kontrol dengan dengan skor post test kelas eksperimen. bahwa penerapan media pembelajaran aplikasi Lectora Inspire berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar fiqih pada siswa kelas X di MA Nurus Sholah Yosowilangun.

Kata kunci: media pembelajaran,lectora inspire, minat belajar, Fiqih

 This research is motivated by the low interest in learning of students in participating in learning activities. The purpose of this study was to determine whether there was an effect of the application of the learning media Lectora Inspire on interest in learning fiqh in class X students at MA Nurus Sholah Yosowilangun, Lumajang. The approach that the author uses is a quantitative approach with the type of survey research. Data collection techniques used a questionnaire/questionnaire, observation, and documentation. Questionnaire as a research instrument was conducted to obtain X and Y data and then analyzed using one predictor regression analysis technique with a deviation score. Meanwhile, the method used in this research is experimental. The experiment used is Quasi Experimental Design. The population in this study were students of class X totaling 36 students and then 2 classes were taken as samples. The data analysis technique uses the 'T-test' formula. The calculation used is a comparative analysis of post-test scores from the control class with the experimental class. The significance value of the post-test comparison is 0.000 <0.05, which means that it indicates that there is a significant difference between the post-test scores of the control class and the post-test scores of the experimental class. that the application of the Lectora Inspire application learning media has a significant effect on interest in learning fiqh in class X students at MA Nurus Sholah Yosowilangun.

 Keywords: learning media, lectora inspire, interest in learning, Fiqh

References

Arsyad, Azhar. (2017). Media Pembelajaran, Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Basman, Tompo.(2017). Membuat Aplikasi Dan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Lectora Inspire 16. Yogyakarta: Ikatan Guru Indonesia.

Samani. (2014). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Mas'ud, Muhammad. (2012). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Sudiman, Arief S. (2012). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Depok: Raja Wali Pers.

Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Syafe’i, Rachmat. (2015). Ilmu Ushul Fiqih. Bandung: CV Pustaka Setia.

M. Noor, Syafri. (2015). Pengantar Fiqih Jenazah. Yogyakarta: PT Pustaka Setia.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Widiyanto, Joko. (2014). Evaluasi Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Published

2021-12-31

How to Cite

Kahfi, I., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2021). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Lectora Inspire terhadap Minat Belajar Fiqih. AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 160-168. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v2i2.241