DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP AL-AZHAR KOTA BEKASI

Authors

  •   Yosse Amanda Pratama Yosse Universitas Islam 45 Bekasi  Universitas Islam 45 Bekasi,
  •   Valisa Nur Ajizah Universitas Islam 45 Bekasi  Universitas Islam 45 Bekasi,
  •   Uswatun Hasanah Universitas Islam 45 Bekasi  Universitas Islam 45 Bekasi,
  •   Muhammad Nur Ikhsan Universitas Islam 45 Bekasi  Universitas Islam 45 Bekasi,
  •   Rafika Rahmawati Universitas Islam 45 Bekasi  Universitas Islam 45 Bekasi,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.634
 

Keywords:

hasil belajar, minat belajar, penggunaan gadget

Abstract

Gadget merupakan alat elektronik yang digunakan sebagai media informasi, media belajar, dan sebagai hiburan. Manfaat gadget lainnya yaitu dapat tersambung dengan internet dan siswa sudah mengenal fungsi internet. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang menyalahgunakan penggunaan internet untuk hal negatif, sehingga siswa harus selalu dalam pengawasan orang tua. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penggunaan gadget dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif korelasional yang sifat datanya expost facto, yaitu suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian melihat ke belakang kejadian yang berlalu untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya kejadian tersebut Teknik yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket atau kuesioner untuk mendapat data dampak penggunaan gadget dan minat belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan subjek penelitian 20 orang siswa dan dibantu dengar guru SMP Al-Azhar Kota Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh Dampak Penggunaan Gadget dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar secara

Signifikan Hal ini dapat dibuktikan dengan kuat nilai Sig = 0,000 dan F hitung = 12,788 F tabel = 3,591, Maka hal ini dapat dikatakan nilai dan F hitung > F tabel dan Sig 0,000 > 0,05. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa dampak penggunaan gadget dan minat belajar terhadap hasil belajar berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa SMP AL-Azhar Kota Bekasi.

 

Gadgets are electronic devices that are used as information media, learning media, and as entertainment. Another benefit of the gadget is that it can connect to the internet and students are familiar with the functions of the internet. This has resulted in many students misusing the use of the internet for negative things, so students must always be under the supervision of their parents. The purpose of this study was to analyze the effect of gadget use and interest in learning on junior high school students' learning outcomes. The type of research used in this research is quantitative research with a correlational descriptive approach, the nature of the data is ex post facto, namely a research conducted to investigate events that have occurred and then look back at past events to find out the factors that could have caused these events to occur. . The technique used by researchers in this study was to use a questionnaire to obtain data on the impact of using gadgets and learning interest on learning outcomes. This research was carried out with 20 students as research subjects and assisted by listening to teachers at Al-Azhar Middle School, Bekasi City. The results showed that the use of gadgets did not significantly influence student learning outcomes. There is a significant influence of the use of gadgets and learning interest on learning outcomes. This can be proven by the strong value of Sig = 0.000 and F count = 12.788 F table = 3.591. So this can be said to be the value and F count > F table and Sig 0.000 > 0 ,05. Based on these results, it can be concluded that the impact of using gadgets and learning interest on learning outcomes has a significant effect on Student Learning Outcomes at SMP AL-Azhar Bekasi City.

References

Astin Nikmah. (2010). Dampak Penggunaan Hand Phone terhadap Prestasi Siswa. Ejurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 5, 1-9.

Akbar Ali. (2015). Menguasai Internet Plus Pembuatan Web. Bandung: M2S. 13.

Alo Liliweri. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna Jakarta: Prenada Media Group. 128.

Beauty Manumpil. (2015). Yudi Ismanto dan Onibala Franly. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di SMA Negeri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep), l3(2), 1-6.

Casdari. (2006). Peningkatan Minat Belajar Anak. Malang: Bayumedia. 5.

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60. https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3.

Derry Iswidharmanjaya & Beranda Agency. Bila Si Kecil Bermain Gadget. Jakarta: Bisakimia, 2014. 8-9.

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 79–84. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/78

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2001). Media Pengajaran Bandung: Sinar Baru. 39.

Rizky Septia Harahap, Rosma Elly, I. S. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH. PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH, 3(1), 119–126. http://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/8649

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. 167.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor- Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 121.

Syaiful Bahri Djamarah. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.2.

Syamsul Arifin. (2017). The Effect of Gadget Smartphone Utility and Learning Facility on Economics Learning Achievement,‛ Academic (Online). 1(3). 1-8.

Sherief Salbino. (2013). Buku Pintar Gadget Android Untuk Pemula. Lembar langit Indonesia. 47.

Widiawati. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Daya Kembang Anak‛, Skripsi. Jakarta: Universitas Budi Luhur.106.

Wiesma Novitasari, W. Dampak penggunaan gadget terhadap interaksi sosial anak Usia 5-6 tahun. Jurnal PAUD Teratai. 5(3). 182-186.

W. S. Winkel. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 30.

Published

2023-07-28

How to Cite

Yosse, Y. A. P., Ajizah, V. N. ., Hasanah, U., Ikhsan, M. N., & Rahmawati, R. (2023). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP AL-AZHAR KOTA BEKASI . AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 73-86. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.634