PEMIKIRAN TOKOH PENDIDIKAN ISLAM TERHADAP TANTANGAN PESANTREN DI SEKITAR PERGURUAN TINGGI

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v4i1.688Keywords:
boarding house challenge, islamic education, islamic education figuresAbstract
Penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang pemikiran salah satu tokoh pendidikan islam yang menjadi akademisi dan pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswi Darul Arifin 2 yang berada sekitar UIN KHAS Jember. Beliau adalah Dr. Kiai Haji Abdullah Syamsul Arifin, M.HI. Beliau memiliki strategi yang luar biasa terkait pengembangan pesantren, baik dari fasilitas ataupun sistem pesantren sekitar kampus. Pemikiran tokoh pendidikan islam tersebut dapat menjadikan instansi pesantren memiliki daya tarik dalam menghadapi banyak tantangan, khususnya pada tantangan di era 5.0 di lingkungan perguruan tinggi. Hal tersebut menjadi kajian penting untuk dibahas. Adapun fokus penelitiannya ialah bagaimana pemikiran tokoh pendidikan islam terhadap tantangan pesantren di sekitar kampus? Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui pemikiran tokoh pendidikan islam terhadap tantangan pesantren di sekitar kampus. Metode peneliannya yakni kualitatif deskriptif dengan jenis library research dengan sumber primer yakni naskah dan pemikiran kiai saat kajian kitab. Adapun hasil yang ditemukan dalam tantangan pesantren mahasiswi yakni perlu menyesuaikan jadwal yang ada di kampus, memahami mahasantri dalam menyesuaikan kegiatan, dan memberi waktu mahasantri untuk organisasi kampus. Hal tersebut dapat memberi solusi alternative untuk pondok pesantren di sekitar kampus.
This research aims to describe the ideas of one of the Islamic education figures who is an academician and supervisor of Darul Arifin 2 Islamic Boarding School located around UIN KHAS Jember. He is Dr. Kiai Haji Abdullah Syamsul Arifin, M.HI. He has an outstanding strategy related to the development of boarding schools, both in terms of facilities and boarding school systems around the campus. The ideas of this Islamic education figure can make the boarding school institution have attractiveness in facing many challenges, especially in the challenges of the 5.0 era in the university environment. It becomes an important study to be discussed. The research focuses on how the ideas of Islamic education figures towards the challenges of boarding schools around the campus? While the purpose of this study is to find out the ideas of Islamic education figures towards the challenges of boarding schools around the campus. The research method used is descriptive qualitative with a library research type with primary sources being manuscripts and the ideas of Dr. Kiai Haji Abdullah Syamsul Arifin, M.HI. during religious studies. The results found in the challenges faced by the islamic boarding school for academic students include the importance of adjusting the existing schedule on campus, understand the students' condition in adapting the activities, and provide time for them to participate in campus organizations. These findings can also offer alternative solutions for islamic boarding schools around the campus.
References
Abidin, Zainal. 2019. Manajemen Pesantren Perspektif Public Relation, An-Nahdlah, 5, 2.
Achmad, Ghufran Hasyim.2021. Refleksi Pemikiran Pembaharuan Pendidikan Islam Kh. Ahmad Dahlan terhadap Problematika Pendidikan Islam. Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no.6
Aini, Ajibah Quroti. 2022. Sistem, Tantangan, dan Prospek Pendidikan Islam di Pondok PesantrenRibatul Muta’allimin KotaPekalongan, Jurnal Pendidikan Profesi Guru, vol. 01, no. 2
Alfinnas, Shulhan. Membangun Academic Self-Concept Mahasantri Pesantren Nawesea https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/article/view/59/42
Alimah, Zayyini Rusyda.2021. “Penguatan Pendidikan Karakter Santri Melalui Panca Jiwa Pondok Pesantren dalam Menangkal Paham Ekstremisme”, Jurnal Prosiding Nasional Pascasarjana IAIN Kediri 4
Aziz, Asep Abdul.2021. “Peran Pesantren dalam Membangun Generasi tafaqquh Fiddin”, Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 7, No.(2)
Fiqih. Muh Ainul.2022. Peran Pesantren dalam Menjaga Tradisi-Budaya dan Moral Bangsa
Giwansa, Sendi Fauzy.2018. “Pentingnya Pendidikan Moral Dalam Pendidikan Kewarganegaraan”, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, No. 1
Maulida, Ali.2019. Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Perspektif Mastuhu: Studi Analisis Perspektif Pemikiran Tokoh Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam, vol. 08, no. 2
Putra, Pristian Hadi.2019. “Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0”, 2502-7565, Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 19, No. 02
Rahmawati, Miya.2019. Mendidik Anak Usia Dini Dengan Berlandaskan Pemikiran Tokoh Islam Al-Ghazali, vol.2, no. 2
https//youtu.be/HZILOxX6-BY diakses pada 13 Desember 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 DURROTUN NAFISAH, Wardatul Fitriya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.