Problematika Penerapan Metodologi Barat pada Pendidikan Dasar dalam Perspektif Islam

Authors

  •   Muhamad Parhan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,
  •   Adilla Tieky I. D Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,
  •   Ajeng Irma H. S Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,
  •   Arnis Susnita Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,
  •   Eva Fauziah K Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung  Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung,

DOI:

https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.8
 

Keywords:

problematics, western methodology, primary education

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan peneliti dalam mengkaji tentang masalah-masalah penerapan metodologi Barat pada pendidikan dasar di Indonesia dalam perspektif Islam. Upaya yang dilakukan dengan cara studi pustaka yang bertujuan untuk mendapatkan metode pendidikan yang tepat dan sesuai dengan tujuan pendidikan di Indonesia. Pendekatan penelitian ini merupakan kombinasi antara penelitian kuantitatif dan kualitatif (mix research) dengan teknik pengumpulan data berupa sebar kuesioner, studi pustaka, dan wawancara yang dilakukan kepada beberapa narasumber yang berbeda guna mendapatkan jawaban-jawaban untuk disimpulkan dengan benar. Penelitian ini dapat dilihat dari hasil kuesioner dan wawancara. Masalah-masalah penerapan metodologi Barat pada pendidikan dasar di Indonesia dapat diatasi dengan menerapkan beberapa cara mendidik anak yang dicontohkan oleh Rasulullah saw., yaitu didasarkan kepada Alquran dan Hadits, serta mengambil metodologi Barat dengan terlebih dahulu melakukan pemilihan konten yang tepat dan relevan dengan pendidikan Islam.

 

Kata Kunci: problematika, metodologi barat, pendidikan dasar

This research is an attempt by the researcher in examining the problems of applying Western methodology to basic education in Indonesia in an Islamic perspective. Efforts are made by means of literature study that aims to get the right educational methods and in accordance with the objectives of education in Indonesia. This research approach is a combination of quantitative and qualitative research (mix research) with data collection techniques in the form of questionnaires, literature studies, and interviews conducted to several different sources to get answers to be concluded correctly. This research can be seen from the results of the questionnaire and interview. The problems of applying Western methodology to basic education in Indonesia can be overcome by applying several ways of educating children as exemplified by the Messenger of Allah, which is based on the Qur'an and Hadith, and taking Western methodologies by first selecting the right content and relevant to Islamic education.

Published

2020-06-10

How to Cite

Parhan, M., Tieky I. D, A. ., Irma H. S, A. ., Susnita, A. ., & Fauziah K, E. . (2020). Problematika Penerapan Metodologi Barat pada Pendidikan Dasar dalam Perspektif Islam . AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 17-32. https://doi.org/10.35719/adabiyah.v1i1.8