OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA ASESMEN INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: STUDI LITERATUR DI ERA SOCIETY 5.0
DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.932Keywords:
Quizizz, Interactive Assessment, Islamic Religious Education, Society 5.0, GamificationAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media asesmen interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era Society 5.0. Menggunakan pendekatan studi literatur sistematis, penelitian ini menganalisis 18 artikel ilmiah terpilih yang membahas efektivitas, kelebihan, dan tantangan penggunaan Quizizz dalam konteks pembelajaran. Hasil kajian menunjukkan bahwa Quizizz mampu meningkatkan motivasi belajar, partisipasi aktif, serta efektivitas asesmen melalui fitur gamifikasi, umpan balik instan, dan analisis hasil otomatis. Namun, tantangan seperti ketergantungan pada jaringan internet dan potensi penyalahgunaan perangkat digital masih menjadi hambatan. Penelitian ini juga mengusulkan inovasi model asesmen reflektif berbasis nilai keislaman dalam Quizizz, guna memperluas fungsi aplikasi tidak hanya sebagai alat evaluasi kognitif, tetapi juga sebagai sarana pembentukan karakter Islami. Implikasi dari temuan ini menegaskan pentingnya inovasi berkelanjutan dalam desain media asesmen digital untuk pembelajaran PAI yang lebih adaptif di era teknologi.
This study aims to examine the optimization of Quizizz application usage as an interactive assessment tool in Islamic Religious Education (PAI) learning in the Society 5.0 era. Employing a systematic literature review approach, this research analyzes 18 selected scholarly articles discussing the effectiveness, advantages, and challenges of using Quizizz in educational contexts. The findings reveal that Quizizz enhances learning motivation, active participation, and assessment effectiveness through features such as gamification, instant feedback, and automatic result analysis. However, challenges such as dependence on stable internet connections and potential misuse of digital devices remain significant obstacles. This study also proposes an innovation in reflective assessment models based on Islamic values using Quizizz, aiming to expand its function beyond cognitive evaluation to serve as a means of Islamic character formation. The implications of these findings highlight the necessity of continuous innovation in digital assessment media design to foster a more adaptive Islamic Religious Education learning process in the technological era.
References
Ardi, H. (2022). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran dan asesmen pada materi Bahasa Inggris. Jurnal Abdi Humaniora, 3(1), 1–14.
Erwin. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap hasil belajar IPA siswa di sekolah dasar. Jurnal BasicEdu, 5(5), 3660–3667.
Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan aplikasi pembelajaran Quizizz di sekolah dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2).
Gikandi, J. W., Morrow, D., & Davis, N. E. (2011). Online formative assessment in higher education: A review of the literature. Computers & Education, 57(4), 2333–2351.
Henry, S. (2010). Cerdas dengan game. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Jumini, S. (2022). Penggunaan media pembelajaran interaktif dengan aplikasi Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran fisika. Kappa Jurnal, 6(2), 347–356.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Mukharomah, N. (2021). Penggunaan aplikasi Quizizz sebagai media penilaian berbasis daring di MI Al Muqorobiyah. Jurnal WANIAMNEY, 2(1), 13–20.
Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-6 SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7.
Panggabean, S. (2020). Studi penerapan media kuis interaktif Quizizz terhadap hasil belajar mahasiswa prodi pendidikan matematika. Journal of Mathematics and Science Education, 6(1), 78–83.
Purba, L. S. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizizz pada mata kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD).
Rohman, M. (2021). Revitalisasi asesmen dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di era digital. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 123–134.
Salsabila, U. H. (2020). Pemanfaatan aplikasi Quizizz sebagai media pembelajaran di tengah pandemi pada siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan, 4(2), 163–172.
Sari, D. D. (2020). Bimbingan teknis pembelajaran daring menggunakan aplikasi Quizizz bagi guru sekolah dasar pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(4).
Sarjono. (2008). Panduan penulisan skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam.
Susanti, N., & Wahyuni, S. (2022). Integrasi teknologi pendidikan di era Society 5.0: Peluang dan tantangan. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(1), 45–58.
Yunus, M. M., Hashim, H., Embi, M. A., & Lubis, M. A. (2021). The impact of digital quiz platforms in language classrooms: A case study of Quizizz. Computer Assisted Language Learning Electronic Journal, 22(1), 35–52.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad, Desy Sary Ayunda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
