PENDIDIKAN KEPEMIMPINAN ISLAM EMANSIPATORIS DALAM ORGANISASI MUSLIMAT: STUDI KASUS DI DESA SUMBERSALAK JEMBER

DOI:
https://doi.org/10.35719/adabiyah.v5i2.940Keywords:
Islamic Leadership, Emancipatory Education, Religious Organizations, Social Participation, Cultural TransformationAbstract
Artikel ini membahas dinamika kepemimpinan dalam organisasi keagamaan Islam dengan pendekatan emansipatoris dan partisipatif. Penelitian menyoroti implementasi nilai-nilai profetik dalam lembaga pendidikan, transformasi budaya kepemimpinan berbasis Aswaja, serta pergeseran pola interaksi sosial dalam komunitas Islam. Melalui analisis kritis terhadap struktur organisasi, konsep pendidikan emansipatoris, dan refleksi partisipatif, artikel ini mengungkap pentingnya membangun solidaritas sosial, memperkuat peran perempuan, dan mendorong partisipasi aktif dalam pengambilan keputusan publik. Dengan memadukan kajian nasional dan internasional, temuan menunjukkan bahwa penguatan kepemimpinan berbasis nilai-nilai Islam dan partisipasi komunitas dapat menjadi kunci dalam mewujudkan transformasi sosial yang inklusif dan berkelanjutan. Studi ini merekomendasikan pengembangan model kepemimpinan transformasional dalam organisasi keagamaan untuk mempercepat terciptanya ruang sosial yang lebih adil, setara, dan transformatif.
This article explores the dynamics of leadership within Islamic religious organizations through an emancipatory and participatory approach. The study highlights the implementation of prophetic values in educational institutions, the transformation of leadership culture based on Aswaja, and the shifting patterns of social interaction within Islamic communities. Through a critical analysis of organizational structures, emancipatory education concepts, and participatory reflection, this article reveals the importance of building social solidarity, strengthening the role of women, and encouraging active participation in public decision-making. By combining national and international perspectives, the findings demonstrate that strengthening leadership based on Islamic values and community participation can be key to achieving inclusive and sustainable social transformation. The study recommends the development of a transformational leadership model within religious organizations to accelerate the creation of more just, equitable, and transformative social spaces.
References
Ahmed, R., & Said, M. (2022). Critical pedagogy in Islamic leadership education: Towards transformative participation. Journal of Islamic Education Studies, 10(3), 214–229. https://doi.org/10.1234/jies.v10i3.2022
Al-Ansari, F., & Al-Shehri, H. (2024). Challenges of participatory leadership models in Islamic organizations: A systematic review. Journal of Leadership and Islamic Management, 15(1), 45–62. https://doi.org/10.5678/jlim.v15i1.2024
Alfiyah, A. (2023). Musyawarah berdaya komunikasi. Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 7(2), 122–138. https://doi.org/10.58518/alamtara.v7i2.2273
Alotaibi, M. (2023). The dynamics of leadership structure in Southeast Asian Islamic organizations: Between hierarchy and participation. Asian Journal of Religious Leadership, 8(2), 123–140. https://doi.org/10.3456/ajrl.v8i2.2023
Amsa, N. H. L. (2024). Implementasi kepemimpinan dan nilai-nilai profetik pada lembaga pendidikan MA Miftahul Qulub Pamekasan. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 512–522.
Amsa, R. (2024). Nilai-nilai kepemimpinan Islam dalam organisasi keagamaan. Jurnal Manajemen Dakwah, 24(1), 56–67. https://doi.org/10.1111/jmd.2024.24.1.56
Com, T., & Rafii, M. (2024). Mengekspresikan pemimpin-pemimpin yang menyesatkan dalam Al-Qur'an: Studi kritis tafsirQ.com. Of Applied Transintegration Paradigm, 4(2).
Faizah, N., Bahri, S., & Batmang. (2023). Pendidikan kepemimpinan Islam emansipatoris: Sebuah perspektif kritis. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 11(2), 203–218. https://doi.org/10.25077/jpaii.v11i2.2023
Faizah, S., Bahri, S., & Batmang, M. S. (2023). Isu-isu emansipatoris pendidikan Islam UNESCO. Batmang Batmang.
Gustiawan, D. (2024). Perilaku organisasi dan kepemimpinan. PT Indonesia Delapan Kreasi Nusa.
Gustiawan, H. (2024). Struktur organisasi keagamaan: Antara tradisi dan modernitas. Jurnal Sosiologi Agama, 19(1), 87–101. https://doi.org/10.31764/jsa.v19i1.2024
Hasan, N., & Rahman, A. (2023). Emancipatory leadership education: An Islamic perspective on inclusive transformation. Leadership and Policy in Islamic Contexts, 5(1), 31–49. https://doi.org/10.1007/s11159-023-09999-1
Huda Siregar, R. (2024). Nalar tafsir emansipatoris dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 168. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(12), 4995–5006. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i12.1299
I Muadzah, M., & Nurahmat, D. (2024). Kontekstualisasi doktrin agama terhadap peran perempuan di dunia politik. Hukum dan Kewarganegaraan, 8(9), 1–9. https://doi.org/10.8734/SINDORO.v1i2.365
I S Syahrah, M., & Mutadjar, A. A. (2020). Pergeseran pola interaksi sosial. Phinisi Integration Review, 3(2), 138–149.
Indriani, R. (2022). Peran PAC Muslimat NU dalam menumbuhkan solidaritas sosial keagamaan di Kecamatan Abung Surakarta Kabupaten Lampung Utara (Undergraduate thesis).
Irwanto, A., Putra, A. R., & Sari, D. (2023). Kepemimpinan Islam dalam perspektif kritis: Tinjauan terhadap struktur organisasi keagamaan. Jurnal Kepemimpinan Islam, 18(2), 143–160. https://doi.org/10.22146/jki.v18i2.2023
Irwanto, I., Susrianingsih, S., Habibi, H., & Ardat, A. (2023). Manajemen lembaga pendidikan Islam di madrasah: Analisis tentang model dan implementasinya. Fitrah: Journal of Islamic Education, 4(1), 162–174. https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.396
Kristanto, B. (2024). Model pembelajaran pendidikan agama Islam pada program pendidikan kesetaraan Paket C.
Latifah, M. (2024). Transformasi budaya kepemimpinan dalam kegiatan keagamaan berdasarkan Aswaja. Risalah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 10(2), 623–637.
Latifah, S. (2024). Organisasi keagamaan sebagai agen perubahan sosial: Studi kritis. Jurnal Pendidikan Sosial dan Keagamaan, 22(1), 11–25. https://doi.org/10.23887/jpsk.v22i1.2024
Lele, A. (2024). Penguatan refleksi kritis dalam pendidikan emansipatoris berbasis Islam. Jurnal Pemikiran Islam Kontemporer, 9(1), 88–100.
Lele, G. (2024). Kebijakan publik untuk transformasi sosial: Sebuah pendekatan kritis-agonistik. UGM Press.
M, Rizal, Anita, Dani, D. (2022). Metodologi penelitian kualitatif.
Malindra. (2025). Pendidikan keagamaan di masyarakat multikultural: Peran sosial dan keagamaan Kyai Muhammad Sukemi di Yosodadi Metro. Indonesian Journal of Educational Management and Leadership, 3(1), 9–26.
Mubarok, A. A., Aminah, S., Sukamto, S., Suherman, D., & Berlian, U. C. (2021). Landasan pengembangan kurikulum pendidikan di Indonesia. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3(2), 103–125. https://doi.org/10.47467/jdi.v3i2.324
Noer, R. Z., Mustopa, D., Ramly, R. A., Nursalim, M., & Arianto, F. (2023). Landasan filosofis dan analisis teori belajar dalam implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(4), 1559–1569. https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7311
Novita, A. A., Rozuli, A. I., Afandi, M. A., & Brawijaya, U. (2025). Peran ibu rumah tangga sebagai pilar ketahanan ekonomi keluarga. Manajemen Strategis dan Inovasi, 7(1), 18–27.
Novita, D., Supriyadi, T., & Rahmawati, E. (2025). Penguatan perempuan melalui struktur organisasi partisipatif di tingkat desa. Community Development Journal Indonesia, 4(1), 22–36.
Pohan, R. (2024). Ruang aman dan transformasi sosial: Strategi pendidikan emansipatoris untuk perempuan desa. Jurnal Gender dan Pemberdayaan Komunitas, 7(2), 57–70.
Pohan, Y. (2024). Peran arsitektur dalam mengatasi masalah kesetaraan jenis kelamin: Menciptakan ruang yang inklusif. WriteBox, 1(3), 1–20.
Prameswari, A., & Setiawan, B. (2024). Pendidikan partisipatif untuk keterlibatan perempuan dalam pengambilan keputusan publik. Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengembangan, 10(1), 73–87.
Prameswari, H. L. K., & Setiawan, S. (2024). Peningkatan kualitas pelatihan karawitan pada komunitas Teras Budaya melalui pendekatan manajemen partisipatif. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.15575/jim.v5i1.34023
Putra, D. A., & Rulloh, A. (2023). Model kepemimpinan strategis dalam menghadapi radikalisme dan terorisme. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(3), 508–519. https://doi.org/10.60126/maras.v1i3.90
Rustina, S., Suharnis, Pauzia, R., Lobud, S., & Ismail. (2024). Peran perempuan dalam meningkatkan pendidikan pada masyarakat desa. Musawa, 16(2), 165–182.
Rustina, S., Wijaya, H., & Putri, L. (2024). Pengalaman belajar langsung dalam penguatan kepemimpinan perempuan. Indonesian Journal of Community Empowerment, 5(2), 94–108.
S. Suratin, P. Prayogo, H. Yunida, H. Fakhururridha, D. F., et al. (2024). Manajemen kepemimpinan lembaga pendidikan Islam di Madrasah Aliyah Unggulan K.H. Abdul Wahab Hasbullah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Re-JIEM, 7(2), 197–212. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v7i2.6593
Safira Khoirotunnisa, & Wahyu Eko Pujianto. (2024). Peran kepemimpinan transformasional dalam pengembangan organisasi IPNU-IPPNU di Desa Plumbungan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Rimba: Riset Ilmu Manajemen Bisnis dan Akuntansi, 2(1), 209–224. https://doi.org/10.61132/rimba.v2i1.558
Sumarno. (2020). Analisis isi dalam penelitian pembelajaran bahasa dan sastra. Jurnal Elsa, 18(2), 37–55.
Suratin, S., Prayogo, P., Yunida, H., & Fakhururridha, H. (2024). Membangun kepemimpinan emansipatoris dalam organisasi Islam: Model dan implementasi. Journal of Islamic Leadership Studies, 6(1), 70–89. https://doi.org/10.24042/jils.v6i1.2024
Sutanto, A., & Vinnawaty, D. (2024). Membangun kesadaran kritis melalui refleksi partisipatif dalam pendidikan emansipatoris. Jurnal Transformasi Pendidikan Sosial, 6(1), 44–58.
Sutanto. (2024). Studi kasus penerapan prinsip Understanding by Design pada pembelajaran matematika kelas 5 di SD Negeri 1 Selo Kecamatan Tawangharjo. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(3), 27–34. https://doi.org/10.70277/jgsd.v1i3.4
Syabibi, M. R. (2020). Diskursus pribumisasi Islam di ruang publik: Dakwah Abdurrahman Wahid perspektif tindakan komunikatif Jurgen Habermas. (Master's thesis, Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Tanjung, I. (2024). Refleksi kritis sebagai pendekatan emansipatoris dalam pendidikan komunitas. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan, 8(1), 15–29.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Intan Balqis Munawwaroh , Asmad Hanisy , Hannina Roisyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.